8.5.18

Delisha Almahira

Ga mau kalah ama kate middleton, masang foto abis lahiran. Meski yg di sana mah edisi 7 jam abis lahiran udah kece seperti biasanya, yg ini mah edisi 7 hari abis lahiran, dan .. yaaa gitu deh x) hahaha .. muka masi barengkak, gelambir perut hamdallah ketutup baju warna gelap, dan pake bergo andalanku biar tinggal slup aja karena sungguh nyiapin 3 bocah buat pergi (padahal ke rs doank itu) rem to the pong yaa pemirsa.

Tapi ga papa, bahagianya mah insyaalloh sama ama sang princess yg nggendong buah hati ke-3. Cantiknya terpancar dari hati kan? Hahahaha #wae

Tapi lagi ya meski penampilan ga paripurna, ku keukeuh waktu itu mau foto bersama bu dokter kesayangan buat kenang2an, dr. Leri Septiani, SpOG, Phd. namanya.

Dari pas awal hamil, udah banyak dapet rekomendasi tentang beliau. Tapi jam prakteknya yang di hari kerja dan siang hari bikin ragu buat jadi pasiennya karena ntar suami ga bisa ikutan kontrol donk. 

Sampai akhirnya seorang teman kasi ide, "yah kang herinya melipir bentar aja ke rs pas istirahat makan siang" .. eh betul juga.

Akhirnya ketemu beliau di bulan ke 5 kehamilan.. lalu ku jatuh cinta dan tak mau ke lain dokter.

Kalimat pertamanya waktu itu "duh maaf yaa nunggu agak lama, mulai prakteknya tadi telat karna ada tindakan dulu".. baru loh ku diminta-maafin begini karena dokternya telat. Ramah sekali orangnya. Dan emang setelah itu jadi hafal, beliau tepat waktu di jam prakteknya. Kalo telat berarti yaa ada tindakan dan biasanya diumumin di rs nya.

Terus pas mulai usg.. masyaalloh detiiiil sekali. Katup jantung aja beliau cek loh! Plasenta, ketuban, posisi bayi dkk mah ga usah ditanya.

Pas di akhir-akhir masa kehamilan dan saya bilang ada rencana lahiran ama bidan, beliau ngceknya lebih detil lagi. Kemudian ditutup "oke bu.. amaaan, insyaalloh bisa lahir sama siapa aja. Bidan juga boleh"

Qodarulloh, di usia kandungan 39w3d ternyata delisha lahir dibantu beliau di rsia grha bunda.

Jumat siang itu, masi nyetir sendiri, jemput 2 bocah ke sekolahnya, langsung cuss ke rs buat kontrol yg pengennya jadi kontrol terakhir ke dokter. Abi ga ikut, karena waktu itu mikirnya 'ah kontrol doank ini'.. hemat aja deh abi ijin ngantornya buat tar pas lahiran.

Sesungguhnya waktu itu teh udah ada kontraksi tapi belum teratur dan masi kuat dibawa dzikir mulesnya hehe. Jadi yaa pede aja nyetir sendiri juga. Udah wa an ama teh okke juga, bidan yg tadinya mah pgnnya ibu sih bantuin lahiran, dan berencana sorean mau ke bumi ambu, tempat prakteknya, kalo kontraksi makin teratur. Ini rencana ibu yaa.. ternyata rencana Alloh lain lagi.

Sampai di rs, awalnya kontrol biasa dulu ke budok. Hasil usg semua oke, alhamdulillah. Posisi bayi dan plasenta aman, air ketuban banyak, ga ada lilitan. Tapi karena uda mau 40 minggu dan uda ada kontraksi juga, disuruh rekam jantung dulu.

Eh ternyata pas rekam jantung, tiap ada kontraksi, denyut jantung ade malah turun sampai di bawah normal. Ampe diulang 2x untuk meyakinkan dan masih begitu juga.

Ampe akhirnya budok masuk ruangan. Dan langsung bilang "bu harus lahir hari ini juga, cek bukaan yaa kan uda ada kontraksinya."

Eng ing eng.. ternyata uda bukaan 3 mau ke 4. Budok tampak agak lega "udah lumayan gede, masuk kamar bersalin ya. Mudah mudahan cepet. Kita induksi. Kalo belum ada bukaan mah saya langsung sarankan operasi, karena kalo lama ini bahaya buat bayinya. Maaf yaa saya ga ngasih lahiran ke bidan"

Laluu.. ibu ngeperr denger kata operasi hahaha.

Cengo sesaat.. sampai akhirnya bilang "Dok.. telfon suami dulu yaa".. bingung juga kaaan ni dua bocah mau dikemanain hihi.

Alhamdulillah 20 menitan aja kayanya nunggu, paksu uda ada di sisi. 2 bocah dikasi cemilan banyak, titipin bentar ke bu satpam depan kamar bersalin hihi.. karena ake nene yg rencananya bakal nemenin mereka masih dalam perjalanan.

Kemudian.. perjuangan pun dimulai.

Masih bisa cungar cengir ngobrol santai sih meski deg2an.. nyiapin murottal abu usamah yg lagi jadi favorit, uda rikues minta birthing ball ke suster juga biar bukaan bisa cepet (meski akhirnya ga kepake.. ya kek mana perutnya pan dipakein peralatan nst buat mantau terus jantung si adek)

Sampai akhirnya jam 4 sore induksi dimulai. Mulesnya kumaha? Yah pokonya mah masih kebayang ampe sekarang dan bikin ku belum mau bahas soal anak ke empat hahahaha.

Alhamdulillah tapi pas jam 5 cek bukaan uda nambah .. 5 mau ke 6. Induksi pun di stop. Tapi mules tetep aduhai. Meski masih bisa tenang sih (kayanya hahaha.. minimal ga treak treak xp).. dibantu usapan suami dan mamah.

Budok dateng ngcek lagi sebelum magrib.. dan alhamdulillah uda bukaan 8. Suster mewanti wanti ke saya dan suami. Kalo uda kerasa mau ngeden kasi tau yaa.

Lepas magrib, mamah solat, suami masih menemani.. eh ini udahan mulesnya ko aneh yaa. "Bi..bi uda mau ngeden ini kayanya" kata saya sambil agak sedikit panik. Entah deh kenapa tiba tiba panik.. mungkin karna ngerasa bentar lagi inii bentar lagiii. "Abi panggil suster yaa".. "jangaaaan.. usapin duluuu" hahaha.

Pas dicek.. ternyata udah bukaan 9.. ga lama lengkap sudah bukaannya. Budok sudah siap sedia juga di ruangan.

Seperti 2 lahiran sebelumnya.. ku kalo ngeden lama.. beberapa kali kontraksi datang terus ngeden, si bayi belum keluar juga. Kerasa sih turunnya mah dan ada di bawah.

Sampai akhirnya budok sempet bilang "bu kalo ngeden abis ini, belum keluar juga, saya ijin bantu buka jalan lahirnya yaa".. diepis maksudnya. Ibu yg masi kebayang suara gunting pas epis lahiran kedua spontan bilang "ngga mauuu" wkwk.. akhirnya disemangatin "oke.. tapi ngeden yg kuat abis ini yaa".. tapi aku terharu deh, beliau minta ijin dulu sebelum nge-epis. Nuhun budok

Dan alhamdulillah setelah itu crowning. Kepala ade uda mulai kerasa di jalan keluar. "Ayo buu.. mules ga mules, harus ngeden yaa ini mah".. dan kemudian..

Pukul 18.39.. alhamdulillah lahirlah dia ke dunia. Ternyata kata budok, tali pusatnya pendek, mungkin itu yg bikin denyut jantungnya melemah kalo kontraksi. Alhamdulillah yaah de .. udah lahir sehat selamat sentausa. Ibu yg bau kesang abis berjuang di medan laga (hahaha) dihujani pelukan, ciuman dan doa dari suami setelahnya.

Tapi waktu itu ku kaya kebingungan mesti ngapain deh.. bilang makasih berulang kali ke dokter dan suster.. terus mikir eh ngeden lagi ga sih abis ini.. plasenta belum keluar kan.. eh si ade gimana yaa...ko ga nangis.. ih kenapa.. meski ga lama kedengeran juga suara tangisannya..  eh abis ini imd kan yaa.. pokonya kaya yg banyak mikir terus bingung gitu mesti gimana.. budok lalu nepuk kaki saya, senyum sambil bilang "udah bu.. tugas ibunya udah selesai" now her turn.. ngajait maksudnya hahaha.

Tapi udah itu saya pun lebih rileks.. apalagi pas si bayi akhirnya ada di dada.
Alhamdulillah.. :') the best feeling ever


Selamat datang, solehah.
Happy birthday, delisha almahira. Sang pembawa kebahagiaan seperti arti namanya. Selamat masuk geng #rinaldibersatoe. We love u.

6.2.18

Kencan nonton dilan

Pertama kali kenal karya pidi baiq itu tahun 2008 dari si teman (soalnya waktu itu mah "lagi putus" jadi sebut aja teman xp) yg promo terus2an ttg drunken monster.

Kalo ada yg lagi sedih disuruh baca. Nyapa di ym (enya usum keneh) kalimat pertamanya "uda baca drunken monster belum?" Jadi weh kan penasaran.

Akhirnya beli dgn mengancam dia "awas kalo ga rame!" Eh malah diancam balik katanya kalo rame saya kudu olahraga 2x 20 menit tiap minggu, soalnya waktu itu lg sering curhat soal kolesterol ke dia hahaha.

Pada akhirnya beres baca saya pun meminta keringanan 2x16 menit aja yaaa olahraganya.. yg alhamdulillah dikabulkan xD

Bertahun tahun kemudian tepatnya 2013 si teman masih jadi teman tapi jadi teman sekasur tepatnya hihihi. Pagi pagi ngirimin link blog surayah yg isinya cerita muda mudi tahun 90an, yg katanya lagi adalah kisah nyata. Lalu... aku pun tak kuasa menahan diri untuk terus baca seharian.. untung anak2 ampe ga lupa dimandiin dan dikasi makan waktu itu hahaha xp

Langsung "bogoh" ka si dilan.. akhirnya kami pun jadi kolektor 3 bukunya. Yg mana tiap beli parebut siapa yg baca duluan. Tentu saja akhirnya istri solehah mengalah heu.. padahal pedah doi bacanya lebih cepat dan ga keselang bocah yg apa apa maunya ama iboooo wkwkwk.

Kemudian beredar kabar mau ada filmnya, tentu saja akuh kepooo. Langsung follow akun2 ig nya yg bahas si film.

Gemas2 bingung gitu pas tau dilannya iqbal coboy junior.. (eh iqbaal.. kata ratih a-nya harus dua.. mad thobi'i) x)) .. ih ko iqbaal sih?? Kiyut amaaat buat jadi geng motor xp

kalo pas tau mileanya adalah vanesha adiknya milly aadc sih.. unggeuk unggeuk .. hoo boleh lah cantik. Meski komen pertama suami mah kurang arab dikit buat jadi milea. Hee? Emg milea arab???

Pas akhirnya filmnya launching, langsung semangat deh ngajakin suami. Tapi ternyataaaa.. doi ga tertarik cenah ama filmnya mah.. bzzzzt sebal! 

Masih usaha.. beberapa hari kemudian nanya lagi "yakin ga mau nonton dilan?" Cuma dibales ketawa dan jawaban kepaksa.. "sok atuh mau kapan".. yg mana ini teh pr lagi yaa kudu nyusun rencana gimana dgn bocah bocah. Heu.. ya sudahlah.. ibu pun mulai menghibur diri.. sabar weh engke ge aya di SCTV, lebaran tahun depan .. hahahaha.

Eh tapi setelah itu kebalik, malah si doi yg semangat ngajakin.. karna katanya review temen2nya yg uda nonton pada bilang bagus. 

Ngrencanain malem minggu buat kencan eh qodarulloh anak2 demam. Meski sebenernya ga yakin juga sih bumil kuat nahan tunduh kalo nontonnya malem..ayeuna mah bada isya langsung dug seuk ke alam mimpi wkwk.

Besoknya alhamdulillah anak anak pada baekan.. dan lagi ngumpul juga d rumah nenek. Pada seneng mau nyambut sepupu kecilnya yg akan datang dari bogor. Melihat kesempatan yg ada, ngajakin paksu yg waktu itu lg keluar rmh sendirian krn ada perlu.

"Nonton dilan yu".. "hayuuu" katanya. Semangat banget doi mau antriin tiket duluan. Akhirnya minta ijin jg ama nenek mau nitip anak2.. dibolehin... horee.. kasian cenah bisi ngidam engke orok ngacay hahahaha. Meski nenek sempet heran.. "nonton dilan?? Lainna jang budak sma eta teh?" .. haahahha. Atuh nenek kan nu di dieu ge sanajan budak mau tiga, jiwa mah tetap bermuda xp

mulailah disounding ibu abi mau pergi berdua aja yaa ke anak anak.. mereka sih iya2 aja, meski yg kecil sempat agak manyun.. tapi dibilangin tar dibawain oleh2 pulangnya mah akhirnya ngangguk juga hihi.. yesss!

Setelah drama antrian tiket di bioskop terdekat yakni btc bagai ular yang tak tau dimana ujungnya, akhirnya go tix to the rescue. Alhamdulillah dapet tiket di istana plaza jam 4 sore. Dan beda 15 rebu teh ngaruh nyaa pemirsa di indonesia mah.. IP mah antriannya normal da meski bioskopnya mah pinuh pas nonton. 

Suami pun sudah menanti di bioskop.. eyke ng gocar olangan dari rumah nenek di cimahi. Bari degdegan asa jaman bareto pas masih bobogohan dan janjian ama doi mau nonton duaan... kencaaaaaan.. hihihi.

Akhirnya.. dilan milea kami datang!

Nah sekarang baru mau ngreview filmnya nih.. pengantarnya panjang amat yaa buuuu hahahaha

1. Surprisingly.. iqbaal dan vanesha actingnya bagus. Meski teuteup pas adegan dilan jadi panglima tempur mimpin geng motor di paling depan, iqbaal terlalu kiyut dan keliatan disangarsangarin (ceuk saya mah) .. tapi ujungnya kebantu juga sih ama kesangaran wajah2 anggota geng di belakangnya. Beneran xtc sigana eta mah nu di tukangna xD.
Tapi beneran, mereka (iqbaal vanesha) chemistrynya dapet banget deh.

2. Malahan acting aktor senior nya nu ceuk saya bariasa. Ganggu juga liat wignya happy salma ama ira wibowo (hahaha meni teu penting bu). Entah biar keliatan jadul apa gimana yaa.. tapi asa kararagok aja gitu liatnya wkwk.

3. Adegan milea ama bunda pas di mobil juga yg pake efek2 kaya mobil jalan gitu.. apa sih namanya.. ya itu lah.. mungkin maksudnya biar dapet suasana jalan bandung tempo dulu, tapi jadinya ga oke.

4. Kalo pemain lainnya.. Disa lucuu.. cantik. Nandan terlalu culun, padahal pan cenah idola, kurang gaya dikit lagi. Rani maniiss.. suka deh. Piyan bagus. Pa suripto piteke'eun. Anhar.. mmm gimana yaa anhar.. nu pasti pas adegan gelut mah oke.

5. Dan sesuai harapan, suasana nostalgia buat remako (remaja kolot) nya mah dapet. Suasana kelas, papan absen, foto presiden, materai, nyobek kertas dari halaman tengah buku, dianterin naek angkot, telepon koin lumayan bikin kasuat suat. Jadi kebayang bayang dulu jaman nungguin telpon malem2 dari yg lagi pdkt. Degdegan kalo uda kedengeran bunyi tut..tut.. tanda harus masukin koin lagi. Terus sedih kalo doi bilang koinnya mau habis hahaha. Lain waktu dia bilang rela ga ngeroko asal bisa ngumpulin koin banyak buat nelepon hahahaha.. alhamdulillah yaa, jalan hidayah meh teu ngebul wae (jaman bareto.. hamdallah nikah ama eyke mah uda bebas asap roko) xp

6. Satu yg disayangkan suami.. ga ada adegan romantis antara dilan dan bibinya milea.. padahal eta kocak pisan mun keur teteleponan di buku mah hahaha x)))) tapi ya durasi sih yess.. segini aja uda 1,5 jam.

7. Terngakak kemarin itu pas ngasi surat undangan buat dateng ke sekolah dari senin-sabtu dan nyuruh baca pake bahasa arab "iqro.. milea iqro!" X))))

Tergemas pas sengaja nyalah2in jawaban pas cerdas cermat. Hadoooh muka heureuynya meni pgn neke.

Ter so sweet tentunya pas dikasi tts yg uda diisi, dititipin coklat lewat tukang koran daaaaan... pas dikasi kerupuk!! setengah buat di makan bareng yamin, setengah lagi buat di rumah pas makan malem.. biar diinget.. aiih. Lebih manis ngasi kerupuk ternyata daripada sebuket bunga x)))

Eyke banyak pukul2 gemas suami sih akhirnya selama nonton hahahaha.. kalo baca kan gemasnya sendirian yaa x)))

Tapi emang kekuatan film dilan ini di kata kata sih. Kalo naskah nya bukan pidi baiq yg bikin, niscaya filmnya bakal rasa FTV xp hihihi..

Secara keseluruhan, di balik pro kontra yg ada, filmnya menghibur. Sukses bikin senyum senyum pas keluar bioskop sambil gandengan tangan ama si cinta hahaha.

Yah ambil aja yg baiknya, ga usah ikutin yg buruk pan yaa. Saya sendiri sih masih menikmati hiburan yg seperti ini hihihi xp..

Meski sigana tar yg dilan 1991 mah ku kurang berminat nonton. Terlalu baper baca bukunya doank juga.. gemas ama kondisi dan segala kesalahpahaman yg terjadi di ceritanya heuheu. 

Terima kasih yaa surayah untuk film dilannya..

Terima kasih jadi ada alesan kencan duaan ama suami lagi..

Pulang nonton kemarin pun ditutup dengan momotoran pulang duaan. Sambil sebelumnya nanya "Peluk jangan?" Hahahaha.. dan dilanjutkan sama suami..

"Sabar yaaa.. momotoran sekarang mah ga seindah taun 90an".. 

jalanan pinuh jendral ayeuna mah!!

Terima kasih juga pak suami yg kemaren semangat ngajakin kencan.. dan di akhir bilang "soalnya kalo udah ada bayi, ga tau kapan bisa lagi bu" ... hihihi.. i love youuuu.

5.1.18

2017 best nine



Seperti biasa, ga puas ama #bestnine yg dirangkum ig.. jadi inisiatif aja akeu mah, ngadamel nyalira πŸ˜‚ hahaha

Terus yaa jadi pengen ngocoblak nyarita.. tapi ternyata caption ig tak cukup menampung coblakan ibu.. jadi weh melipir blog.

Setelah scroll timeline dari awal taun. Jadi ada apa aja nih di 2017?

1. Ternyata diawali dgn workshop bareng @inggabiakids bikin diy tie dye t-shirt. Kemudian setelah itu timelineku pun dipenuhi dengan foto2 playdate lainnya. Sampai sempat mengklaim diri sendiri sbg jurig playdate hahaha. Salahkan buibu bandung yg pada semangat amat bikin acara bareng😝. Tapi memang klo playdate begini, bukan cuma bocah aja yg senang, emaknya jg girang ketemu teman2.

2. Masih seru2an bareng @balbalanfutsalbandung. Alhamdulillah sekarang uda ada di tiga lokasi. Awal taun 2018 insyaalloh nambah satu lagi. Semoga barokah dan bermanfaat untuk banyak keluarga.

3. Seneng dgn #ipabiaactivity edisi ramadhan 2017, alhamdulillah dimudahkan nyari ide kegiatan. Teteh thifa juga mulai puasa setengah hari ramadan kali ini, bia masih suka suka. Semoga 2018 lebih baik lagi ramadannya.

4. Sabia resmi jadi anak TK. Ibu pun punya me time lebih banyak. Jadi abis anter anak skolah bisa santai nonton korea bari ngaindomie #eh.. hahaha ga denk.. alhamdulillah jadi bisa ikutan kegiatan nambah ilmu dgn fokus tanpa diintilin. Seru punya PR lagi, punya target yg harus dihafalin, ada diskusi kelompok bahas materi (yg berujung nyontek pr yg ga bisa hahaha).. memang sesungguhnya belajar itu menyenangkan yaa (asal ga pake skripsi πŸ˜†)

5. Di tahun 2017 ini juga perdana #rinaldibersatoe kemping.. di acara dauroh keluarga di kampung santri. Meski sbnernya kemping2an sih. Da tuangeun tos disayogikeun, kamar mandi pun aman wkwk. Tapi seru, bobo di tenda, jalan2 ke peternakan, nambah ilmu ikut kajian dan alhamdulillah banyak ketemu keluarga yg menginspirasi di sana.

6. Foto ke 6 Ini harus masuk best moment banget nih. Yaitu foto perdana nyobain baso aci ceu imas di garut. Masyaalloh surga dunia. Mun ceuk @gigigiani mah baso terhits setatar sunda, nya ni nya?

7. Alhamdulillah teteh thifa mulai belajar baca tulis. Kepingin ibu bikin buku syukur a.k.a #gratitudejournal bareng teteh pun bisa terlaksana.

8. Nah ngomong2 soal bersyukur.. memang hidup itu intinya ttg syukur dan sabar ya. Ujian dan rejeki benar2 dipergilirkan. Sebnernya di 2015 dan 2016 pun bener2 kerasa. Setelah dikasih ujian lahir batin dikasih rejeki yg super membahagiakan, yg bahkan inginnya ada di hati terdalam, terlalu ragu untuk melafalkan dalam doa, tapi ternyata dikabulkan, pindah ke bandung!

Dan taun ini pun kontan dipergilirkannya, setelah seneng bgt liat teteh 2 hari latihan tau2 uda bisa sepeda roda 2, lalu dihadapkan pada kenyataan ternyata dia punya hernia dan harus dioperasi. Yg mana ketauannya karena kakinya sering nahan jaga keseimbangan pas latihan roda 2 tadi. Tapi Alhamdulillah operasi berjalan lancar.. teteh pun sudah sehat dan lincah kembali.

9. Sekali lagi tentang rejeki dan ujian. Alhamdulillah doa doa kami di bulan ramadan dikabulkanNya. Kehadiran utun 3.0 di perut ibu. Teteh2nya super senang pas tau. Tapi rupanya kabar gembira ini adalah pembuka ujian kesabaran buat ibu.. Kehamilan ke 3 ini berbeda dengan 2 sebelumnya. Baru kali ini ibu mual-mual sampe muntah-muntah. Yg mana sehari bisa banyak kali (muntahnya) heuheu. Ketika mual mulai menghilang memasuki bulan keempat, dan nafsu makan mulai membaik, datanglah sakit gigi. Fyuuuh.. persoalan gigi beres, dikasih ujian sariawan selangit-langit.. duh masyaAlloh.. sampai sempet disangka herpes. Tapi alhamdulillah ga lama membaik juga. Kemudian hadir si batuk kering hampir 3 minggu lamanya. Batuk beres, sakit punggung sudah hadir padahal baru trimester 2 hahaha.. alhamdulillah. Ga heran yaa jadinya memasuki trimester 3 ini ibu baru naik 4 kg aja padahal biasanya uda belasan hihi. Sungguh menguji kesabaran ibu (dan abi.. yg biasanya jadi sasaran keriweuhan ibu hahaha). Tapi alhamdulillah anak anak uda mulai mandiri dan mengerti. Kalo ibu uda gogoleran, suka ikut nemenin atau bahkan mijitin.

Alhamdulillah 2017 ini jadi taun yg menyenangkan karena selalu dilewati bersama 3 kesayangan.

Insyaalloh taun 2018 akan semakin seru dengan kehadiran anggota baru

Harapan di tahun 2018 sih banyaaak..

semoga sisa usia kehamilan ini berjalan lancar, sehat, less pain xp. Semoga bisa lahiran normal, cepat, sehat, dan selamat duaduanya. Semoga ibu masih fasih ngurus bayi (hehe). Semoga tidak ada kecemburuan sosial di antara 3 bersaudara hahaha. Semoga abi dimudahkan mencari rejeki melimpah dan barokah (anaknya mau tigaaaa.. apa kabar biaya sekolah dan diapers wkwkwk). Semoga abi masih penempatan di bandung. Semoga teteh betah di sd nya nanti (ibuabi mau punya anak sd.. yay!). Semoga semuanya sehat terus. Semoga kita selalu kumpul bersama dalam bahagia dan rahmatNya. Aamiin

And fyi.. insyaalloh ibu abi bakal punya tiga anak gadis nih hihihi..

biii.. mari nabuuung, urang insyaalloh bakal ngawinkeun tiluuu πŸ˜†πŸ˜†

30.12.17

7 tahun


Tanggal 26 kemarin diingetin FB pake foto ini. Sbenernya ga lupa juga sih, yah sesungguhnya pengennya mah ada yg inget juga selain si efbe. Tapi tampaknya.. ngga! Hahaha..

Ya sudahlah.. da teu dosa oge sih mun teu inget.

Ga pernah ngerayain juga. Tapi seneng aja tiap pas ketemu ama si 26 desember. Jadi pengingat udah sekian taun hidup bersama.

Alhamdulillah taun ini mah udah 7 taun ..
Kalau mengingat kembali yg udah dilaluin,  sungguh sangat bersyukur dengan segala kemudahan dan rejeki yg udah Alloh kasih.

TanpaNya.. sungguh kami (atau saya ya? heu) mungkin udah taluk dengan pahit getirnya kehidupan pernikahan.. hahahaha lebay.

Dan memasuki taun ke 8 ini..  insyaalloh dari 2 bakal jadi 5. Super deg degan sekaligus excited.

Bismillah..
Allohumma yassir wala tu assir..
Mudahkan selalu ya Alloh.. jangan sukarkan.


18.9.17

Hernia

Satu sore yang akan selalu ibu ingat..

Di ruang tunggu ruang radiologi rumah sakit borromeus

Ibu berjongkok di depan teteh yg duduk di atas bangku besi panjang. Perlahan berusaha menerangkan sesuatu..

"Teh.. ini hasilnya positif. Teteh bener hernia. Harus dioperasi biar nanti ga sakit dan ga ngejendol lagi."

"Operasi itu kaya yang korea tea?" ujar si anak yg pernah liat ibu nonton doctors pas lagi santay heuheu.

"Iyaa.. yg kaya gitu... nanti teteh disuntik dulu biar tidur. Bawah perutnya dibelah sedikit, 2centian" sambil nunjukin 2cm tuh segede gimana...
"tar yg hernianya, yg otot longgarnya diiket, dijait ama dokternya. Teteh ga akan ngerasa apa2 kan tidur. Ga papa ya?"

"Iya bu ga papa.. biar aku bisa main sepeda lagi" jawabnya mantap.

Mendengar motivasi sederhananya. Menatapnya yang ridho dan ga banyak mengeluh dengan takdir yg Alloh kasih, hati ibu ko rasanya teriris dan malu..
you should learn alot from this little girl, ibuuuu!

Dan gadis kecil lainnya mungkin berusaha menghibur tiba tiba berkata.. "iya teh gapapa, ga kerasa ko, kan teteh tidur" sambil mempukpuk si teteh di sebelahnya.. hihihi..

Dan sore itu.. sambil menikmati kacang pilus garuda (karena ibu lg galau, butuh mecin agak banyak xp) kami bertiga menikmati sore bersama di bangku besi panjang setelah lelah setengah hari an mondar mandir ke sana ke mari di rumah sakit.

Bismillah.. mudahkan Ya Allah

****

Iya, qodarulloh thifa ternyata punya hernia. Padahal katanya sih biasanya penyakit ini banyak diderita laki-laki. Perbandingannya bisa sampai 50 : 1. Yah ternyata yang 1 nya itu takdirnya thifa buat ngalamin.

Jadi gimana ketauannya?

Nah bulan agustus kemarin tuh thifa lagi semangat2nya pengen belajar sepeda roda dua. Pernah sekali dia pinjem sepeda temennya yg roda penyangganya uda dicopot. Karena abi belum sempet aja buat nyabut yg punya dia. Dan pas beres main, dia bilang "bu ga enakeun tadi pake sepeda itu" sambil megang perut bawahnya.

Ketika mandi akhirnya ibu cek, kemudian kaget ko ada benjolan di lipatan perut bawah atas vagina. Ibu tekan benjolannya balik lagi ke atas, ditanya sakit apa ngga, thifa bilang ngga. Berusaha tenang dan mikir apa karena sepedanya kekecilan yaa. Dan saya larang thifa buat pinjem lagi sepeda temennya, tar aja belajarnya pake sepeda sendiri. Ga lama, benjolannya pun ilang. Ibu sedikit lega.

Lalu pekan depannya, akhirnya thifa mulai beneran belajar sepeda roda dua pake sepedanya sendiri. Tekun banget anaknya berlatih, ampe cuma 2 hari aja doi udah bisa. Ibu abi bangga donk, tentu saja, alhamdulillah. Tapi kebanggaan itu luntur ketika lihat si benjolan datang lagi.. hiks. Berarti bukan karena sepedanya ya, memang fisik thifanya yg bermasalah. Tentu saja kecurigaan terbesar adalah hernia.

Akhirnya ibu foto benjolannya dan konsultasi pada dokter spesialis anak temen abi. Alhamdulillah kemudahan yg Alloh berikan punya banyak teman dan kenalan yg sekarang udah berprofesi hebat2. Sang dokter mencurigai hernia juga.. dan menyarankan untuk konsul langsung ke dokter bedah anak.

Peer lagi mencari rekomendasi dokter bedah anak di bandung yg oke. Sebagai mamak dumay heu.. ibu tanya2 di grup mamak2 di fb dan googling2 juga. Hasilnya banyak yang merekomendasikan dokter senior yg udah prof, tapi hampir semua yg direkomendasikan adalah dokter laki laki.

Terus galau (galau wae atuh ari ibuu).. karenaaaa.. anaknya minta dokternya perempuan aja.

"Aku malu bu, keliatan auratnya" karena si benjolan kan adanya di deket daerah sensitif ya. Tentu saja ibu abi sangat menghargai keinginan teteh ini (sekaligus terharu anaknya udah "ngeuh"perihal aurat). Pencarian dokter bedah anak perempuan pun berlanjut.

Alhamdulillah sekali lagi kemudahan dariNya, sobatnya wawa anggi ternyata sekarang udah jadi dokter bedah anak di Rs.borromeus. Namanya dr.Vita Indriasari, Sp.BA.

Cuss langsung kontrol ke sana. Alhamdulillah cocok banget ama budok yang telaten, detil, tapi santai ini. Menjelaskan diagnosis penyakit pun sangat jelas dan runut ampe digambar segala. Dan ga memaksa untuk proses penyembuhannya, sangat memberi keleluasaan buat orang tua menentukan.

Pemeriksaan secara klinis, thifa bener hernia. Kalo kata dokter, anak kecil yg terkena hernia biasanya karena bawaan lahir. Jadi yaa (kalo ibu ga salah inget penjelasan dokter ini yaa xp) bayi itu ketika lahir otot perut bawahnya memang belum kuat sempurna. Untuk bayi laki2 hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan buah zakar. Setelah hari ke 18 barulah ototnya menguat sendiri. Penguatan otot yg ga sempurna itu yg mendorong adanya hernia. 

Umumnya dari bayi udah kelihatan kalo memang ada hernia. Qodarulloh ya untuk thifa baru ketauan sekarang. Terpacu aktivitas. Kayanya karena selama latihan sepeda roda dua kemarin, anaknya sering nahan pake kaki untuk mencari keseimbangan yaa.

Jadi hernia ini adalah kelemahan pada otot perut, bisa dibagian sekitar pusar atau perut bawah. Biasanya kelemahan ini menyebabkan organ organ internal menonjol keluar. Kata dokter lagi, kalo perempuan yg menonjolnya bisa usus, lemak, atau bahkan ovarium.  Untuk thifa, tonjolannya masi bisa ditekan dan hilang. Paling bahaya jika organ tersebut sudah terjepit dan tidak bisa ditekan kembali ke tempat semula. Bisa berujung infeksi dan lain lain yg tidak diharapkan dan tentunya menyakitkan.

Dokter menyarankan tindakan operasi. Dengan sebelumnya usg dulu untuk memastikan diagnosis klinis, sekaligus mengecek apakah yg kanan juga ada kelemahan otot apa ngga (thifa yg ngejendolnya perut bagian kiri). Jika hasil usg positif, operasi dilakukan lebih cepat lebih baik karena kondisinya baru aja ketauan dan alhamdulillah belum ada yang terjepit. Operasinya termasuk operasi sedang, one day surgery tapi menggunakan bius total.

Sebelum kontrol ke dokter, saya dan suami sudah banyak berdiskusi. Tentunya dengan pedoman hasil obrolan bersama teman2 yg dokter dan mencari info sebanyak2nya tentang hernia. Kami sudah sepakat jika dokter memang menyarankan operasi, kami akan setuju.

Maka hari itu, meski abi ga bisa ikut kontrol ke dokter. Saya sudah sepakat sama dokter, jika hasil lanjutan pemeriksaan usg positif juga, akan dilakukan operasi sesegera mungkin.

Alhamdulillah banyak kemudahan yang Alloh berikan setelah itu. Pas jadwal dokter kosong, Abi juga dimudahkan untuk cuti. Thifa yang sangat tenang menjalani segala macam tes pra - operasi. Dan ade yang kooperatif, mau ditinggal di rumah nenek selama ibu abi nemenin teteh di rs.

Senin 21 Agustus 2017 pagi jadi jadwal thifa operasi. Kami masuk rs dari hari minggunya karna teteh harus menjalani beberapa tes pra-operasi. Siang sebelum ke rumah sakit, kami solat duhur dulu di mesjid salman. Beres wudhu ketika mau jalan ke tempat solat, anaknya tiba tiba bilang

"Ibu.. makasih yaa ga pernah ninggalin aku".. sambil menggenggam tangan ibu, terus ibu pengen mewek dooonk jadinya. 

Meski operasinya katanya ga besar, sungguh ibu deg2an deh beberapa hari itu. Anak demam aja ku galau, apalagi ini kan yaaa. Tapi berusaha banget ga nunjukkin depan thifa, ga mau dia ikutan stres dan malah jadi takut. Terus dia ngomong begitu.. huaaa kasuat suat sungguh hati ini. Beres solat dipelukin terus anaknya.

Dan anaknya sama sekali ga ngeluh, tenang banget di rontgen, cek darah, diperiksa dokter. Nginep di rs pun doi menikmati sekali.. tiap dianterin makanan ama suster girang nian hahaha.. si jago hatu. Tapi ga protes juga ketika harus puasa 6 jam sebelum operasi. Cuma ngelarang ibu abi makan di depan dia aja, "nanti aku pengen" cenah hahaha.

Sampai akhirnya senin pagi tiba.. kami bertiga jalan bergandengan ke ruang operasi. Baru ketika masuk "lobi" ruang operasi itu thifa keliatan tegang, matanya sedikit berair. Mungkin karena ac nya yg dingin banget plus para tenaga medis udah pada berkostum operasi lengkap tea. Bikin suasana agak2 mencekam. 

"Teteh takut?".. "hehe iyaa" katanya sambil senyum.. "berdoa yaa.. zikir. Insyaalloh ga apa apa" dan ketika itu matanya sedikit berair. Ibu cuma bisa melukin si bocah sambil duduk memangkunya. Dan nahan air mata sebisa mungkin.

Akhirnya tiba waktunya thifa masuk ruang operasi. Satu orang tua boleh menemani sampe tindakan bius selesai. Thifa milih abi. Huhuhu.. sempet sedih, ko ga milih guweee xp. Tapi sekali lagi Alloh gerakkan hati thifa milih abi karenaaa.. ternyataa.. ibu salah sounding!! Duuuh..

Jadi yaa dengan sotoynya ibu kira proses anestesinya tuh disuntik atau dimasukin infus gitu. Udah sering dibilangin ke thifa nanti sebelum operasi dimulai akan berurusan dengan jarum buat dibius, biar dia mempersiapkan diri. Pas dokter anestesi visit ke kamar pun ibu malah nanya2 yg lain, bukan gmana proses anestesinya.. berasa uda tau tea. Keminter iiih ibuuu. Ndilalah ternyataaaa.. biusnya itu pake masker!! Thifanya disuruh menghirup obat yg dikeluarkan dari masker. Dan itu bauu. Anaknya kaget, lalu nangis dan berontak huhuhu :( abi sampai harus menahan badannya sekuat tenaga. Meski sebentar karena habis itu tentu saja anaknya langsung terkapar tak berdaya karena obat. Tangisan pertama thifa selama proses penyembuhan ini .. maafkan ibu ya naaak. Kebayang kan makin galau ajee kalo emaknya yg nemenin di dalem.

Tapi alhamdulillah operasinya berjalan lancar selama kurang lebih 45 menit. Pas dibawa keluar dari ruang operasi anaknya masih tidur. Ibu temenin sampai dia bangun. Pas buka mata, sambil sedikit berurai air mata dia bilang 
"ibu.. maskernya bauuu"... huhuhu 
"iyaaa maaf yaa ibu ga tau ternyata dibiusnya pake masker"... 
"ini udah selesai?".. 
"udah teh, bener kan teteh ga kebangun kan yaa pas operasi.. alhamdulillah udah selesai" (ini yg pernah dia khawatirkan, gimana kalo aku bangun pas lagi dioperasi katanya hihi)

Setelah cukup sadar, thifa dipindahkan lagi ke ruang rawat inap. Anaknya segeran setelah akhirnya boleh buka puasa. Makanannya ludesss tak bersisa.. hehe.. laper neeeng?. Alhamdulillah sorenya kami udah boleh pulang.

Tinggal pemulihan di rumah dan beberapa kali kontrol untuk cek jahitan. Seminggu alhamdulillah jahitannya udah kering dan boleh buka perban. Dokter juga udah ngijinin sih buat beraktivitas kaya biasa, termasuk main sepeda. Tapi ibunya belom ngasih wkwkwk. Masi degdegan bo tiap liat garis bekas jaitan operasinya. Sebulan lah yaa teh yaa.

Alhamdulillah anaknya nuruuut. Di sekolah padahal ada sepeda jg dan kalo dia maen pun ibunya ga akan tau pan yaa.. tapi ngga loooh.. doi nurut, ga pernah main sepeda. Pas minggu pertama sekolah pun temen2nya lari2an maen, dia nontonin aja di pinggir sambil senyum2. Minggu depannya mah ama ibu uda diijinin maen lari2an, langsung girang anaknya hahaha.

Ampe akhirnya senin yg ditunggu2 tiba. Senin minggu ke-4 pasca operasi. Senin yg ibu janjikan, teteh boleh maen sepeda lagi. Dari sabtu, uda ngomong terus "teteh uda ga sabar pengen cepet2 senin. Mau maen sepeda lagiiii" .. mun kaset mah nepi ka kusut pitana sigana, da diulang2 tea wkwkwk.

Dan senyumnya ketika akhirnya megang sepeda lagi sungguh melelehkan hatikuuuu. Wilujeng teteh!

Alhamdulillah kesabaran teteh berbuah manis yaaa.. sekarang uda bisa main sepeda lagi, tanpa ibu juga khawatir. Nuhun solehah, udah nurut, udah bageur pisan selama proses penyembuhan.


Sing sehat teras nya nak! Ibu nyaah pisan ka teteh. :*

19.7.17

Drama anak sekolah

Bismillah..

Mari jadikan momen anak kembali ke sekolah ini berbarengan dengan momen ibu kembali ngblog :D

Karna ngetik panjang2 di instagram itu kasian yg baca captionnya.. dan cape jg yg ngetiknya hahaha.. mesti ngakalin biar muat di satu caption, disingkat2 lah, cari kata yg lebih efektif lah. Aaah ibuuu rumit amat hidup kau, caption ig aja dipusingin yaa hahaha. Balada emak emak hobi nyarita di dunia maya xp. Jadi mari ngblog lagi aja. Biar puassss ngocoblaknya xp

Jadi apa kabar pemirsa? Yg saya yakin banyak ibu ibu sih yg mampir sini mah.. semoga pada baik baik aja dan berbahagia selalu yes.

Udah anter anak sekolah bu? Saya sih udah.. ini ngblognya me time, karna anakanakku duaduanya uda resmi jadi anak TK. Horeeee.

Alhamdulillah anak anaknya pada semangat sekolah. Jadi ibu ga mesti galau, homeschooling apa ngga wkwkwk.

Tapi yaaah namanya kehidupan, tak seindah feed instagram. Selalu saja ada drama yaa.

Pun begitu di balik semangatnya anak anakku bersekolah.

Taun lalu, teteh pertama sekolah langsung berani ditinggal. Bahkan pas ibu masih nongkrong di sekolah, dia nanya kenapa ibu ga pulang aja. Padahal eta mah pedah adenya yg ga mau pulang hahaha. Masih pengen nontonin kakak kakak bersekolah.

Sebulan pertama bahagia lah pokonya liat thifa sekolah, aktif dan berani. Namun kemudian si ibu yg mungkin terlalu jumawa ini disentil. Qodarulloh thifa sakit, sedih banget dia ga bisa sekolah. Ampe nangis nangis. Absen dari kegiatan sekolah beberapa hari. Sampe akhirnya uda mulai baikan, mulai sekolah lagi.

Tapi rupanya hari itu sebetulnya dia belum fit betul. Ibu emang berencana masi nungguin di sekolah sih karena emang khawatir ama kondisinya dia, meski secara fisik mah uda gapapa. Feeling ibu tea sok bener nya. Thifa muntah di sekolah hari itu, ditemenin ibu.

Dan rupanya setelah itu dia trauma. Sebelumnya emang pernah ada juga kejadian muntah di sekolah, tapi bukan karena sakit. Ceritanya di sini. Mungkin dia takut ada apa apa lagi di sekolah dan ibu ga ada. Bingung rek ngumaha ka saha. Jadilah keukeuh pengen sekolah tapi keukeuh juga ibu ga boleh pulang, harus nemenin (di luar kelas jg gpp, tapi ibu harus ada). Dan sekolahnya teh dari jam 8 - stgh 1 pemirsa. 1-2 hari mah masih dijabanin. Lama lama ga bagus jg kan ya. Ibu jadi ga produktif, thifa juga ga mandiri, imah pabalatak da ga sempet beberes tea ngilu sakola xp.

Kalo dijanjiin ditemenin bentar, drama anaknya. Nangis2. Berusaha cari solusi dengan diskusi ama gurunya. Berusaha menumbuhkan kepercayaan di anaknya bahwa guru itu pengganti ortu di sekolah. Kalau ada perlu apa apa tinggal bilang.

Dicariin temen deket juga, biar dia lebih nyaman. Sounding "thifa berani ko, dulu juga berani" tak henti henti dilakukan. Dan tentunya dari semua proses ini berusaha untuk ga bohong, klo emang nantinya ditinggal pas dia sekolah, saya bilang. Karna dibohongin itu sakiiiit, jendral. Jadi berusaha buat jujur. Ada tangisan tentunya, tapi gurunya bersedia merepehkan, saya disuruh pulang aja. Yo wis. Pas jemput pulang sekolah, liat anaknya, dia baik baik aja, meski emang lebih kalem sih ga seheboh sebelumnya kalo lg cerita ngapain aja di sekolah. Dan besoknya tetep drama lagi berulang. Fyuuh.

Dan keadaan kaya gini berlangsung hampir 2 pekan. Ga sehat jg ya? Engke nambah trauma kumahaaa. Lalu ketika itu saya baru inget belum mengkhususkan doa untuk masalah ini. Akhirnya sepenuh hati setelah itu minta tolong kepadaNya, Sang Maha Pembolakbalik hati. Minta thifa disembuhkan traumanya dan kembali menikmati sekolah.

Ajaib.. keesokan harinya, ga ada drama sama sekali. Ketika saya ijin pulang, dia diam sebentar, tapi ga melarang. Pulang sekolah ceria lagiii. Baceo dengan penuh semangat. MasyaAlloh... naha teu ngadoa ti kamari atuh ibuuuuu. Terlalu sombong pasti bisa selesai problematika parenting ini pake ilmu dunia '-_-

Sekali lagi ditunjukkan Alloh lah sebaik baik Penolong.

Alhamdulillah sampai saat ini thifa selalu semangat sekolah. Menolak bolos. Bahkan perjalanan cimahi-arcamanik pun dijabanin, kalo lg nginep d rumah nenek nya dan besoknya sekolah. Semoga semangat terus yes.

Nah kalo drama ade lain lagi..

Seperti sudah diceritakan sebelumnya, tiap anter teteh sekolah, ade ogah pulang. Pengennya nontonin para kakak bersekolah. Tapi diajakin gabung ga mau. Ditawarin ikut kelas pg aja, menolak juga. "Nanti aja dede mah kaya nara (sepupunya), sekolahnya langsung tk A abis lebaran".. well baiklah, jadilah tiap ditanya kapan ade sekolah dijawab abis lebaran. Bener de mau sekolah nanti? Iya cenah. Ampe dia merancang mau tas dan tempat minum kaya gimana tar pas dia sekolah haha.

Jadilah selama teteh sekolah, ade ini semacem anak di cerita2 pejuang pendidikan yg ga mampu bayar tea, cuma bisa ngintipin dari luar tapi ilmu2 yg diajarkan di sekolah didapatnya. Hafalan quran bisa mengikuti teteh, tepuktepukan khatam dihafal, yelyel dan bahkan nama temen2 teteh pun doi hafal hihihi. Ga pernah sampe udahan sih ngintipinnya, jam9-10an biasanya kami udah pulang.

Nah pas akhirnya si sekolah buka pendaftaran lagi untuk tahun ajaran baru dan masih harga promo tea, tentu saja ibu langsung semangat daftar.

Tapi kemudian setelah daftar, si bocah berubah pikiran. "Ga aah.. dede mah ga mau sekolah"... ditawarin ditemenin dulu nanti ama ibu.. ogah, tas baru.. nehi. Istiqomah ga mau!  harrrr ari dedeeee... eta duit sakola apa kabar dunia?????? Geus dibayarkeuuun. Terus si ibu malah galau ku duit lain ku kahayang budak hahahaa.

Karna yakin ini sbnernya karna "hobi" si anak beranjak 4 taun aja yg lagi seneng melakukan kebalikan dari apa yg dikasi tau orang tuanya. Jadi yaaa sudahlah masih ada waktu ampe abis lebaran.

Kita berdoa lagi sama Sang Pembolakbalik hati, semoga si anak kecil berubah pikiran.

Lalu qodarulloh, tak lama datanglah satu hari ketika ibu mesti ikut kegiatan di sekolah seharian. Ade sang buntut ibu tentu saja ikutan. Ini kali pertama ade ikut semua kegiatan bareng bareng di kelas teteh, dari awal sampe akhir, ga pake ngintip dari luar hihihi.

Daaaaan besoknya doi minta sekolah lagi hahahaha.. alhamdulillah. Tapi ga mau tar abis lebaran, mau sekarang (waktu itu sebelum ramadhan) hahaha. Coba nanya ke sekolah boleh ga kalo jadi anak bawang.karena toh udah mau akhir tahun ajaran jg. Kalo perlu bayar spp pun kami ga masalah. Alhamdulillah pihak sekolah mengijinkan. Yeaaay.. ade jadi anak tk (gadungan) xp

Alhamdulillah (lagi).. ga pake ditunggu2 segala. Karna ada tetehnya, hari pertama pun doi udah nyaman dan berani ditinggal. Hikmah punya anak umurnya deketan. (padahal baheula mah ceurik pas apal hamil deui, sementara si bocah pertama baru aja bisa jalan heuheu)..

sekali lagi Alloh berikan jalan yaa, alhamdulillah

Dan sekarang udah mulai tahun ajaran baru, ade sudah resmi jadi anak tk. Drama baru pun dimulai.. doi mau jadi anak tk B aja, kan tk A nya udah kemaren sebulan hahahahahaah... aya aya wae sih!

Uda tiga hari sekolah masih asik2 aja sih anaknya, karna kegiatannya kan masi bareng-bareng, da orientasi tea. Kita lihat yaa minggu depan pas dua bocah uda pisah kelas.. semoga sang adik legowo menerima kenyataan hahaha. Ibu rek ngadoa heula xp

Yah jadi begitulah sekelumit drama anak sekolah di #rinaldibersatoe . Doakan yaa semoga drama apa pun yg terjadi setelah ini selalu berujung bahagia. Karena sejatinya dunia ini panggung sandiwara, ada aja dramanya hahaha. Doakan juga yaa.. Semoga thifa bia selalu semangat dalam menuntut ilmu (pun ibu bapaknya) :D

Aamiin!

30.12.16

Bismillah sebelum makan

Salah satu hal yg sangat saya syukuri di tahun 2016 adalah kemudahan menemukan sekolah untuk thifa.

Alhamdulillah jaraknya dekat sekali, 5 menit aja jalan kaki dari rumah. Biayanya terjangkau. Sekolah yg baru terbentuk juga tahun 2016, jadi thifa dan teman2nya adalah angkatan pertama. Tapi guru2nya sudah berpengalaman mengajar di sekolah2 favorit sebelumnya.

Dan yang paling penting, sekolah ini satu visi dengan keluarga kami. Thifanya pun betah dan senang sekolah di sana.

Tapi memang layaknya jodoh, tak ada sekolah yg sempurna. Kadang ada saja perbedaan, apa apa yg diajarkan di rumah dengan yg di sekolah.
Kekurangan yg ada, bagian orang tua yg menambalnya.

Buat kami, salah satu perbedaannya adalah doa ketika mau makan.

Sebelum mengajarkan anak anak tentang doa sehari hari, biasanya saya dan suami menelaah dulu mana yg menjadi sunnah rosululloh.

Dan untuk doa sebelum makan kami memilih mengajarkan dengan cukup membaca bismillah saja. Berdasarkan hadits shahih :

Dari ‘Umar bin Abi Salamah, ia berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tanganku berseliweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

Wahai Ghulam, bacalah “bismillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu.
(HR. Bukhari Muslim)

Sedangkan di sekolah, doa yg diajarkan adalah doa makan yg umumnya dibaca oleh banyak org "allohumma baariklana...."

Menanggapi perbedaan ini, kami berdiskusi dengan thifa. Dia pun berkata :

"Gapapa bu.. kalo yg lain baca doanya, aku diem aja. Nanti baca bismillah sendiri"

Lalu kami pun merasa terharu. Si bocah kecil ini bisa istiqomah dan berpegang teguh pada apa yg orangtuanya ajarkan. Masya Alloh teteh :')

"Iya teh.. yg itu juga sebetulnya arti doanya baik, tapi yg paling baik itu mengamalkan apa yg diajarkan sama rosul"

Kami pun akhirnya sepakat dengan sikap yg diambil thifa. Bukan kapasitasnya untuk menjelaskan dan berdakwah tentang hal ini. Kami pun menghargai materi ajar pilihan sekolah.

Sampai suatu hari, anaknya curhat..

"Bu sekarang aku juga baca doa yg panjang kalo mau makan.. soalnya kalo ga baca bareng2, nanti ga boleh makan"

Tentu saja ini maksudnya sekolah untuk membiasakan anak2 agar membaca doa yaa

"Ooh gitu teh... teteh mau ibu bilang ke ustadzah biar teteh bisa baca bismillah aja kalo sebelum makan?"

Awalnya anaknya galau tapi akhirnya dia bilang "iya bu.. mau"

Ibu pun akhirnya memulai diskusi dengan ustadz dan ustadzah thifa di sekolah. Alhamdulillah meski sudah berpengalaman mengajar dengan waktu cukup lama, mereka tetap open minded dan mau berdiskusi. Ibu sampaikan kebingungannya thifa dan meminta kebijakan dari pihak sekolah. Mereka berkata akan mendiskusikannya terlebih dahulu.

Sampai akhirnya beberapa hari kemudian..

Sepulang sekolah thifa sambil senyum berkata..

"Bu.. bu.. tau ga. Sekarang di sekolah juga kalo mau makan bacanya jadi bismillah aja. Sama kaya di rumah.. terus doa yg abis makannya juga samaaa kaya yg abi ajarin."

Si anak bercerita dengan antusias.
Dan entah kenapa saat itu.. ibu rasanya ingin menangis.

Bersyukuuuur sekali dengan adanya sekolah yg mau menerima masukan dan berani meluruskan.
Dan terharu juga, thifa jadi jalan bagi org lain untuk mengamalkan sunnah.

Alhamdulillah.

***

Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah (sunnah/petunjuk)ku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Ali ‘Imran:31).

***

Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

"Barangsiapa yang menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun“

HR Ibnu Majah (no. 209), pada sanadnya ada kelemahan, akan tetapi hadits ini dikuatkan dengan riwayat-riwayat lain yang semakna, oleh karena itu syaikh al-Albani menshahihkannya dalam kitab “Shahih Ibnu Majah” (no. 173).

Bismillah.. belajar pelan pelan.. pelan pelan belajar