Kalau Bisa Mudah, Kenapa Harus yang Susah

Awal Mulanya

Saya suka memasak, meski enggak jago-jago amat. Sejauh bisa mengingat, pengalaman pertama saya dalam memasak adalah ketika memberi hadiah ulang tahun berupa bekal makan siang hasil masakan sendiri untuk seorang teman jaman kuliah tingkat dua dulu. Bekalnya berisi nasi, ayam goreng, dan sayur asem. Lengkap sekali,  bukan? 

Padahal sejujurnya, memasak yang saya maksud kala itu adalah menggoreng ayam yang sebelumnya sudah diungkep oleh Mamah dan memasak sayur asem yang bumbunya pun sudah diulek oleh Mamah, hahaha. Meski saya sih tetap ngakunya masakan hasil sendiri, demi gengsi.

Mamah saya jago memasak. Beliau adalah lulusan SKKA (SMK pada jamannya) jurusan tata boga. Sayangnya, anak-anaknya jarang diajak terlibat dalam kegiatan di dapur. Setelah memiliki anak, saya bisa paham sih alasannya. Keonaran yang dihasilkan memang cukup lumayan ketika mengajak anak ikut memasak. 

Saya pun akhirnya baru benar-benar terjun ke dapur menjelang menikah. Alhamdulillah, teman yang dulu dihadiahi masakan tadi akhirnya menjadi teman hidup yang bisa saya masakin setiap hari. Alhamdulillah,  beliau juga tidak protes saat tahu sayur asem buatan saya ternyata tidak senikmat "masakan saya" dahulu. 😆

#dapuribuanggun

Iya,  motivasi memasak itu akhirnya terbit setelah menikah, ditambah suami pun meminta kesediaan saya untuk menjadi ibu rumah tangga saja.  Memasak menjadi salah satu aktivitas seru yang bisa saya lakukan sehari-hari.

Namun, keinginan memasak itu terbenam perlahan seiring munculnya rasa mual di trimester awal kehamilan. Mencium bau bawang rasanya ingin muntah.  Akhirnya, saya pun absen cukup lama dari urusan perdapuran.

Motivasi itu bangkit kembali ketika anak memasuki usia mengonsumsi MPASI. Berbagai resep, saya coba. Berbagai komunitas memasak, saya ikuti.

Saat itu, media sosial pun mulai ramai.  Buat saya yang ekstrovert, tinggal di rantau, dan berkegiatan di rumah saja,  media sosial ini bisa menemani dan mengisi hari-hari. Selain untuk mencari ide resep masakan,  media sosial pun saya manfaatkan untuk berbagi hasil kreasi saya di dapur. Sampai akhirnya dengan sedikit tak tahu malu,  saya pun membuat tagar #dapuribuanggun di instagram.

Kesannya seperti chef  profesional,  padahal amatiran. Biasanya saya hanya berbagi resep mudah. Ya, lagipula kalau sulit, niscaya saya pun malas membuatnya.

Beberapa hasil karya di #dapuribuanggun

Nah, dalam rangka menjawab Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini tentang life hack, saya pun ingin berbagi beberapa tips mudah di dapur dari #dapuribuanggun.

Para jagoan masak, mohon dimaklumi yaa, berikut ini bukanlah tips dapur keren, tapi hanyalah tips sang pemalas untuk kemudahan di dapur anda, hahaha. Ya kalau ada yang mudah, ngapain juga ngikutin yang susah.

Oh ya, akan ada beberapa tips yang menyebutkan merk dagang, percayalah saya tidak diendorse, eh tapi kalau ada yang berminat ngendorse, mangga diterima dengan senang hati, hahaha. 

Oke, kita mulai yaaa. 

1. Chili Oil in 5 Minutes

Pernah suatu kali saya rajin membeli dimsum dari tetangga. Dimsumnya enak, sayangnya sang tetangga tak menjual chili oilnya. 

Mau bikin chili oil sendiri, lihat tahapan membuatnya aja udah bikin saya ngantuk duluan. Lalu terinspirasi seorang teman, saya coba membuat chili oil versi kilat. 

- Panaskan sedikit minyak. 
- Siramkan minyak panas tersebut di atas Bon Cabe. Iya, si bubuk cabe berbumbu itu loh. 

Dan selesaiii! Chili oil, my laff, sudah siap dalam hitungan menit saja. Rasanya enaaak, persis chili oil sungguhan. Ya kan memang minyak dan cabai ya. Terbahagia karena bikinnya ga pakai lama dan ga banyak cucian piring setelahnya.


2. Jasuke Edisi Agak Mager

Jasuke alias jagung susu keju adalah salah satu cemilan andalan di rumah. Yang saya buat versi agak mager (malas gerak), karena bikinnya sagala digebruskeun. 

- Rebus jagung pipil bersama susu sampai empuk. 
- Tambahkan gula/skm sesuai selera. Tambahkan juga sedikit margarin/mentega dan parutan keju biar gurih. 
- Kentalkan dengan larutan maizena. 
- Selesai, tambahkan parutan keju deh di atasnya sebelum dimakan. 

Kenapa disebut agak mager?  Karena kalau mager beneran, ya beli aja sik, ga usah bikin 😂

3. Japanese Curry Versi Kearifan Lokal

Kare Jepang adalah salah satu menu favorit anak-anak. Awal mula memperkenalkan menu ini kepada mereka adalah karena saya tergiur belanja di mba jastip oleh-oleh Jepang. Alhamdulillah dapat bumbu kare yang berlogo halal. Lalu mereka doyaaan! 

Yah tapi jarang-jarang juga saya belanja di perjastipan ini,  pun harganya mayan ya. 
Mau bikin sendiri from scratch,  duh ngga deh makasih. 

Akhirnya si Ibu Anggun ini pun sok ngide, "pake bumbu instan kare lokal aja lah, kayanya ditambah tambahin bakal mirip deh"

Eksperimen pun dimulai.
Yang terpilih adalah bumbu instan kare racik indofood.
Kenapa?  Karena pengen aja, hahaha. 

Ngga denk,  karena yang uda pernah dicoba dan kebayang aja rasanya. 

- Langkah pertama adalah menumis bawang putih dan bawang bombay
- Lalu tambahkan wortel dan kentang potong dadu. Kalau mau pake protein juga bisa yaa tambah daging ayam/sapi sebelum sayuran. 
- Tambahkan air, masak sampe empuk.
- Masukkan bumbu instan kare, tambahkan saus tiram dan sedikit gula merah (kalau ga ada, gula putih pun tak apa). Iya, dua ini rahasianya. 
- Terakhir, kentalkan dengan larutan maizena. 

Suer,  hasilnya mirip deh! Hahaha

Tambah chicken katsu makin mantap kejepangannya. Itadakimasu


4. Batagor Tanpa Ikan

Awalnya bikin ini untuk mengobati kekecewaan pada mamang jualan di Indramayu yang batagornya kok ga ada yang mirip mirip acan ama batagor Bandung. Padahal sebagai anak rantau pada saat itu, aku rinduuuuu (batagor) kampung halaman. 

Lalu bikin sendiri, tapi malas pake ikan (coba ada berapa kata malas yang ada di postingan ini?)

Sebenarnya resepnya ala ala perkedel, begini cara membuatnya :

Bumbunya gimana bu? 
Issh jangan mempersulit diri, pake aja bumbu pecel instan, Sis! Tinggal seduh air panas. Beres. 

Setelah tinggal di Bandung lagi, apakah masih suka bikin batagor ala ala kaya gini? 

Oh tentu saja 

TIDAK! 

Kan ingat prinsip, kalau ada yang mudah, ngapain dibikin susah? Mari kita jajan aja 😂 Di Bandung mah mamang pinggir jalan aja batagornya udah mantaaaap tiada dua. 

Penutup

Yah, begitulah sedikit rahasia dapur dari #dapuribuanggun. Mohon maaf kalau retjeh. Yah bagaimana pun ini adalah usaha agar terlihat seperti wanita produktif, meski sebenernya malas sering melanda, eh gimana? 😂

Yah pokonya,
Semoga bermanfaat ya!  

Komentar

  1. Langsung ku-save Teh hack kari Jepang-nyaa😄 makasih ya Teeh

    BalasHapus
  2. Baru tahu kalau chili oil tu bisa begitu aja Anggun. Sepertinya memang perlu nyetok bon cabe ya. Banyak juga gunanya.

    BalasHapus
  3. Auto laper ...
    Udah mah baca ini masih terkurung di RS he3 ...
    Berasa itikaf ya Allah sabar ...

    BalasHapus
  4. Wkk mudah banget chilli oilnya. Bole dicoba banget nih

    BalasHapus
  5. Kare Jepang ala-alanya wajib coba nih. Makasih hack-nya, Teh Anggun.

    BalasHapus
  6. Wah Ibu Anggun, saya langsung terpana baca resep Japanese curry-nya, secara anak doyan banget Coco Ichibanya. Sayangnya lokasinya di Plaza Senayan, jauh dari rumah, jadi gak bisa tiap saat, pun harganya tidak bisa dibilang murah juga.
    Makasiiy banget sudah berbagi hack-nya ya Mamah Anggun ahahaha, jadi pengen cepetan nyari bumbu Indofood instan kare racik. :)

    Ahahaha, nah, ini mah setuju bingiit. "Kalau bisa mudah kenapa harus yang susah.." :D

    BalasHapus
  7. Pengen coba aah bikin kare jepang pake bumbu lokal.. penasaraaaannn

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject