Namanya, Athifa Muttaqiya

Satu bulan sudah.. jadi ibu =D ateul rasanya dari kemaren2 pengen nyarita di blog, mule dari proses lahiran ampe tiap hari yg dilewati sesudahnya, tapi meni suliit hehe.. akhirnya nyicil curi curi di saat neng kecil bobo, beres juga nyaritanya. siap-siap yaa para pembaca! (hadaaah =p)

Sebelumnya mau memperingati, tulisannya akan cukup panjaaaang. Mangga, sing wareg macana hehe =D oh iya, dan buat teman-temanku bumil atau calon bumil yang baca, semoga tak jadi sutres atau deg2an tak pararuguh ngebacanya yaa hehe, setiap kelahiran itu unik, semoga proses kelahiran anak kalian kelak dimudahkan yaa =D yakinlah, Allah sebaik baik penolong =)

baiklah, kita mulai!! Dari .. jumat 28 oktober 2011

saat kandungan memasuki usia 38 minggu sekian hari (poho berapa harinya mah =p)

Pagi itu membulatkan tekad untuk menunaikan janji bikin rajutan tuk utunnya atih. Soalnya keknya kalo dah lahiran, mana sempaaat. Alhamdulillah ternyata tekadnya terlaksana di hari itu =)

Pagi-pagi pun uda sms-an ama suwami, ditanya ada yg kerasa ga? Saya pun jadi ngararasa. Mulai ada linu yg sedikit berbeda sih. Tapi saya bilang ke suwami, kayanya belom tanda2 lahiran deh.

Jam 11 siang, saya masi asik nongkrong di rumah tante yang masi satu komplek dgn rumah, tapi ketika itu mulai ada sakit yg beneran berbeda dari biasanya. Nah loh nah loh.. Inikah yg namanya kontraksi?? Perut saya uda biasa tegang, sdikit linu, istilahnya braxton hicks (kontraksi palsu), tapi sakit yg ini bedaaa dan mulai rutin datang, sejam sampe setengah jam sekali.

Waktu itu masi ragu-ragu utk laporan ama orang-orang. Cuma bilang ke mamah "mah, mulai linu nih". Pasalnya, tengah malem nanti, papah dan adik2 bakal brangkat ke pangkal pinang utk ikutan family gathering kantornya beliau.. Main ke pantaiii gitu loh, kalo blm 9 bulan, uda pgn ngikut aja ksna huhu. Mamah dgn baiknya, sejak awal, memutuskan ga akan ikut, kalau2 trnyata nanti saya lahiran. Suda musyawarah mufakat, papa+adik2+keluarga teteh dr depok aja yg bakal ksana, toh suwami juga kalo wiken ada di bandung kalo ternyata ada apa-apa. Tapi keputusan ini berlaku kalo d jumat malem sblm kbrangkatan, utun kami ga menunjukkan tanda2 mau brojol.

Jujur aja, saya jd ga enak sendiri, kalo mereka batal pergi. Jadinya ragu2 mau bilang ada sesuatu yg kerasa teh.

Makin sore, sang kontraksi makin rutin datang. Mamah waktu itu cuma nyuruh, "coba dirarasa, diitung waktunya".. Dan suda hampir 10 menit sekali aja sodara sodara, hu ha hu ha!!

Jam stgh 5, ahirnya saya putuskan lapor suwami. Tampak dia uda ada feeling, langsung sigap, "oke, abi ke bandara skrg yaa". Dihadapkan pada kesigapannya, saya malah jadi bingung. 'waduh, ini beneran kontraksi ga yaa? ko jadi heboh begini' . tapi ya sudahlah, suwami sampai di bandung lebih cepat kan lebih baik  =) waktu saya tanya "kasi tau papa jangan?".. "Kasi tau aja, biar siaga juga"

Emang jadwalnya suwami pulang k bdg sih hari jumat itu. Tapi awalnya mau pake bis malem aja, biasa pergi dari semarang bada isya nyampe bandung bada subuh. Begitu saya telpon tadi, ngacir lah beliau ke bandara, nyari tiket dadakan. Sayangnya pesawat ke bandung tuh cuma ada yg jam 4 sore, kelewat kan. Jadilah nyari yg ke jakarta aja. Dapet! Tapi dri calo. Dag dig dug juga, beneran ga ya ini tiketnya. 

Ahirnya disepakati ama OB yg anter beliau ke bandara "tunggu ampe saya boarding yaa, kalo tiketnya ga bs dipake, tangkep calonya, pukulin!!" hihi tapi alhamdulillah ga kejadian, beliau selamat sampe jakarta jam 8 malem =)

Bingung cari travel di bandara, menimbang nimbang enaknya pake apa yaa. Ahirnya milih pake travel door to door, dgn sebelumnya laporan ama sang supir "pa, istri saya mau lahiran, bs pegi skrg ga?"
Alhamdulillah sang supir bageur, dan orang-orang yg mau naik tuh travel pun bageur pula bersedia memprioritaskan nganter suwamiku duluan. Ga nunggu penuh, cuma 4 org kalo ga salah, langsung cacaw menuju bandung, demi nganter suwamikuuu sesegera mungkin sampai di samping istrinya =D. Tapi jadinya topik obrolan sepanjang perjalanan adalah tentang lahiran hehe =D Nah tapiii yg perlu diingat, hari itu hari jumat, maceeet, jd mau pergi cepet dr bandara juga tetep aja, jkt bdg ditempuh dlm waktu 5 jam sodara2, fyuuh!

Nah sementara itu d bandung, setelah papa pulang ke rumah dari kantor, dan saya laporan uda muley kontraksi (yg sbnernya saya masi aja ga yakin, duh gmn kalo bukan), papa jd banyak merenung #hadah. Mulai ragu-ragu untuk pergi fam-gath. Sementara saya mulai menikmati sang kontraksi yg mulai makin aduhai (kali ini mulai sedikit yakin,. iya, ini kontraksi mau lahiran). Setelah makan malam, yang ngabisinnya sambil cungar cengir nahan nyeri, ahirnya kami putuskan, cek dulu aja ke hermina, biar kita tau kondisinya, setelah itu baru kita liat nanti, akankah pangkal pinang jd dikunjungi.

Jam 9 malem sampe di hermina, langsung diantar ke ruang bersalin utk diperiksa. Masi inget tentang cerita preeklampsia saya? Nah malam itu, tindakan pertama perawat stelah baca riwayat kesehatan saya adalah mencek tekanan darah. Dan jeng jeng jeng 160/90 ajaaa gituuuh. Saya speechless waktu itu, tapi yah pasrah aja lah, yg harus terjadi terjadilah. Ahirnya saya pun dites urine lagih, tapi ternyata hasilnya negatif proteinnya, alhamdulillaaaah =) tapi tidak mengurangi ketegangan, ttp aja tensinya tinggi kali pun. Ahirnya dicek kondisi jantung si bayi, alhamdulillah baik. Dan mules2nya pun suda makin rutin, 5 menit sekali. Dan ternyata uda bukaan 1 ketika itu.

Masi kecil sih bukaannya tapi karena sang tensi yg tinggi, saya harus diobservasi d rs, ga boleh pulang lagi. kondisi jantung saya pun jadi diperiksa. Hapal alat yang kalo di sinetron2 suka ada gening, buat cek jantung (ekg kalo g salah namanya), yg ada layarnya memvisualisasikan detak jantung dgn garis2 bersambung siga rumput =D iya saya dipakein itu, beuuh jd lah rada tegang, uda mana setelah itu teh disinyalir memang d jantungnya ada sdkt ketdkberesan, jdilah saya dipakaikan oksigen. Dgn alat2 yg dipasangkan ini, saya jd ga bisa gerak bebas. Tadinya mah uda pgn jalan2 biar bukaannya ngagedean. Suami blm dtg ketika itu, masi ditemenin mama papa yg ahirnya mbatalkan diri ke pkl pinang.

Dengan banyaknya yang ditempel di badan, bikin saya sedikit tegang hehe. Sempet nangis, karena jadinya ga puguh rarasaan, tapi alhamdulillah ada papah mamah yg menenangkan. Selalu di samping kasur, ngusapan pas kontraksi kerasa.

Sabtu, 29 Oktober 2011
Jam 1 malem, suwami sampe di hermina. ahirnyaaa..

tampaknya beliau aga kaget pas nyampe kamar bersalin, liat peralatan yg dipasangkan ke saya. Sempet nanya ke mamah "emang normalnya kaya gini ya mah?".. berusaha bikin tenang, mamah cuman jawab "ga papa ko, ini mah cuma mau ngecek aja". Suwami berusaha tenang juga kayanya, biar saya ga tambah tegang. Dan sejak jam 1 itu, ga pernah beliau jauh jauh dari samping saya sampe saatnya lahiran tiba =)

Jam 2 malem, perawat mencek lagi bukaan jalan lahir, daaaaan.. masih bukaan 1 aja ternyata.. fyuuh
wajar sih, orang saya juga ga ngapa-ngapain sejak trakhir dicek. Sang perawat nyuruh saya tidur, biar besok bertenaga katanya. Beliau bilang, biasanya untuk lahiran anak pertama, dari bukaan 1 ampe bukaan lengkap, 10, sekitar 12 jam-an. Huwaa baru nyadar ketika ituuu, ga akan nyampe ngabisin sehari, insyaAllah bakal punya anak.. antara percaya ga percaya.

dan akhirnya malam itu, kami lewati dengan berusaha tidur. Tidurnya teuteup sambil cungar cengir tiap kontraksi kerasa hehe =D


Jam 6 pagi, dicek bukaan lagi, daaaaan masi bukaan 1 jugaaa TT__TT huuuaaaaa gimana dooonk ini
perawat ngecek lagi kondisi jantung bayi, alhamdulillah masi bagus, dan sang kontraksi pun suda oke katanya, suda 3 menit sekali. Saya berniat pengen jalan-jalan aja aah keluar kamar, biar bukaannya ngagedean, tapi rasanya suda ga kuat huhu (ooh iya semua peralatan di tubuh saya, pagi itu sudah mulai dicabut, alhamdulillah)

Akhirnya karena mules kontraksi yang suda oke, cuma bukaannya aja yg ga melebar, dokter memutuskan untuk memakai induksi balon. Jadi dimasukkan semacam balon2an ke jalan lahir rahim saya. Katanya nanti akan membantu proses pelebaran bukaan ketika kontraksi terasa. 

jam 06.30. balon dipasang, dan emang bener loh tiap kontraksi, kerasa kalo sang balon ngagedean. Induksi balon ini dijadwalkan selama 4 jam, jadi jam 10.30 nanti akan dicek lagi bukaannya (huaaa lamaaa keneeeh)


jam 09.30 . 3 jam sejak dipasang balon, saya uda makin ga puguh rasa. Nyerinya uda makin ajegile. Suwami yang ngerasa remesan tangan saya di tangannya makin kuat, berinisiatif untuk minta suster ngecek bukaannya sekarang aja. Alhamdulillah, perawatnya bersedia.. Dan eng ing eeeng, alhamdulillah bukaan 7!

Mulailah para tenaga medis itu hilir mudik, nyiapin peralatan tuk lahiran di sekitar saya. Dokter uda dikontak juga. Eh eh ini teh bentaran lagi yaa?

Huwaaa saya uda mulai ga sabar (ga sabar pgn udahan sakitnya hehehe). Sakitnya bikin ayat kursi + dzikir2  uda mulai susah dilafalkan. Cuma sanggup ngeremes tangan suwami sekenceng-kencengnya (untung sebelumnya suda siap-siap potong kuku, hehhe jaga-jaga siapa tau sakitnya bikin saya lupa daratan, nyakar nyakar beliau =p)

Perawat bilang : jangan ngeden dulu ya bu, nanti bengkak, bukaannya ga nambah2!
Ngomong doank sih gampang, tapi kenyataannya suliiiiit!! waktu rasanya berjalan lamaaa banget ketika itu.

Entah jam berapa tepatnya, saya lupa, dokter anna datang, lalu mulai cek ricek kondisi saya. Kami cinta banget deh ama dokter yg satu ini, beliau pinter membawa suasana. Lahiran jadi berasa belajar di TK hehehe. Pembawaan beliau santeeey banget, meski tetep ga bikin sakit kontraksi jadi santey.

Ketika akhirnya bukaan lengkap dan waktu ngeden sebenarnya tiba, beliau ngomandoin saya buat ngeden. "okeh siap-siaap, gun!"

kontraksi kerasa, "ya, dorong!"..
"aaaaargggh" (berusaha sekuat tenaga ngeden, eh lupa malah sambil merem)..
"jangan merem gun, dagunya nempel di dada, liat perutnya!"..
komando komando dokter anna berseliweran terdengar. Suwami ikutan ngulang di deket telinga saya.

saya? sedikit ga peduli sebenernya hahaha. uda boro boro bisa inget deh do's and don'ts pas persalinan. Yang ada maunya teriaaak, ngedeen, dan sang orok brojol.. tapi lagi lagi ternyata ga semudah itu yaaa.. =p

Tiap kontraksi udahan, sambil nunggu kontraksi selanjutnya datang, dokter dan para perawat malah asik ngbrol.. kayanya biar saya rileks juga. Di waktu 'istirahat' itu. saya cuma bisa menghela nafas, merasa lega sesaat, beneran sesaat. Lalu kontraksi lagi, dan ngeden lagi. Kontraksi lagi dan ngeden lagi.

Sekian kali kontraksi, sang utun belom keluar juga, sampe saya ngerasa, ini yang saya lakuin udah bener ga sih, ko dia ga keluar-keluar aja. Dan entah akhirnya kontraksi ke berapa, dokter menginstruksikan ada seorang bidan yang duduk di belakang saya, saya nyender di pangkuannya, saat kontraksi datang, waktunya ngeden tiba, sang bidan bantu mendorong perut saya.

Dan akhirnya kerasa! ada yang mau keluar.. saya ngeden lagi sekuat tenaga, kali ini alhamdulillah inget, ga pake merem dan suara ngegerem di leher. Dokter dan bidan heboh nyemangatin "ayo udah keliatan tuuuh kepalanya". Suami makin kenceng megang tangan saya.

Huwaaaaa ayo gun ayo gun bisaaaa, ngeden lagiiii, lalu 'krek krek' kerasa ada yg digunting. Setelah itu, ngeden lagiii... "eeeuuurrrggghhh" lalu ada sedikit air memuncrat ke badan saya, sebelum akhirnya terlihat sang bayi diangkat oleh dokter.

Ga lama, tangisannya terdengar.

Alhamdulillaaaah, utunkuuuuuu =')

Suami yang sedari tadi tangannya ga pernah lepas dari genggaman tangan saya, mencium kening, ga henti-hentinya bilang makasih dan alhamdulillah di telinga. Dan sang mules seketika hilang, bener-bener ajaib.

Akhirnya lahir juga dia ke dunia, jam 11.38,  perempuan, 3025 g, 48 cm. Sehat, mungil nan cantik, alhamdullillah =')

Beres tindakan pasca persalinan pada bayi, IMD dimulai, sambil sang dokter 'asyik' ngejait =p. Anak kami diselimuti, disimpan di dada saya. It's an amazing moment. Melihat dia dari dekat, menatap matanya, hidungnya, mulutnya, merasakan badannya di dada saya, skin to skin, sekarang dia nyata, ada, aah rasanya ga percaya dia udah hadir di dunia. subhanallah. Suami pun speechless, ada saat dia memilih sdikit menjauh, diem di pojokan, dan menatap kami berdua dari sana. Kayanya ga percaya, uda jadi bapa  =D

Alhamdulillah sempet ngerasain IMD, sebagai langkah awal memasuki dunia parenting, meski sang orok nyasar bukan ke puting malah ke tai lalat saya hehehe dan berakhir dengan dia tibra di dada.  

Ahh Allah emang Maha Baik yaa.. satu doa saya terkabul lagi, alhamdulillah bisa lahiran dengan normal, meski tensi tetap tinggi. Alhamdulillah, prosesnya pun terbilang lancar. Kami pun sehat dan selamat =)

dan kami beri nama ia, Athifa Muttaqiya
Athifa berarti lemah lembut. Dan Muttaqiya kami ambil dari muttaqin, yaitu orang yang bertakwa =)
Semoga jadi manusia yang sebaik arti namanya =)


ibu dan abi sayang thifa <3 Semoga kami pun bisa menjadi sebaik-baik orang tua untukmu ya nak =)

Komentar

  1. glek! bacanya kok sy jd terharu ya gun... ikutan ngerasa tegang dan lega juga haduuh berasa menyaksikan lgsg ini mah... selamat yaaa salam ketjup buat Thifa.

    *eh itu teh bener beratnya 3025kg ? :D *

    BalasHapus
  2. teh anggun,,celumudhhhh,,bagian mengharukan adalah waktu kampung ben: ga henti-hentinya bilang makasih dan alhamdulillah di telinga,,,uuuuu,,so swit abis,,,aku tak bisa membayangkan :3

    BalasHapus
  3. terharu bacanya,, serasa berada di TKP..

    BalasHapus
  4. neng, mewekkkkkkkkkkkkkkkkk.. :'(

    iya betul, serasa di tkp, ikut tegang ikut seneng ikut alhamdulillah.. :)

    kiss2 buat thifa yahh.. :*
    skr di bdg brati?? ih blun nengokk.. :p

    BalasHapus
  5. perdana komen di blognya anggun..
    selamat yah anggun buat kelahiran putrinya..
    semua cerita tentang melahirkan selalu bikin idung panas dan gak sadar ikutan nangis terharu.. keren yah ibu2 teh..heheheh

    BalasHapus
  6. anggun, selamat yaaa buat heri juga :) anaknya meuni cantik gitu, senyum terus kayanya hihi
    makasih juga ceritanya, sungguh bikin semangat dan sangat menguatkan :D
    ayo yang sudah jadi ibu, pada di share ceritanya untuk membuat semangat para yang mau jadi ibu :)

    BalasHapus
  7. teteeeh..tegangg banget bacanya, sampe ikut ngegenggam meja komputer kuat2.heu

    Alhamdulillah tapi lancar yaa:) iiih seneeeng. alhamdulillah2. trus udahnya jadi terharu, berkaca2.hehe..
    semoga dede thifa jadi anak shalehah yg jadi cahaya orangtuanya selaluu:* aamiin

    BalasHapus
  8. aku nangiiis baca iniiii,,dan jadi tegang,haha..
    wilujeng deui ah t'Gun..*speechless

    BalasHapus
  9. 151 kisses 4 luvly Thifa :*

    Guna memanga paling hebaaaaaaaaaaaat!! Aku padamu :D

    BalasHapus
  10. ikutan mules, ikutan pegang2 perut, ikutan tegang, dan saya pun mewek di kantor laaaaaaah >_<

    salam kecup sayang buat kaka thifa dari tante tiffa ya :* semoga yg kecil ini mah betulan jadi wanita lemah lembut krn yg gede ini mah sigana gagal :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject