19.9.12

busui tipes

siapa, siapa, siapa yang tipes??? *ngacung di pojokan hehehe*

Alhamdulillah, 2 mingguan kemaren dikasi rejeki sakit sama Allah. Yang mana kan (katanya) kalo dihadapi dengan sabar akan jadi penggugur dosa. Hayoooo uda sabar belom guuuun??? *nyengir* xp *semoga kaitung sabar, jadi dosa nu satumpuk ieu ngirangan, aamiin*

Ga tanggung-tanggung sakitnya, dikirain mplu biasa, eh taunya positif tipes aja sodara-sodara =D

Jadi pas hari rabunya itu masi sempet udar-ider beduaan neng thifa di sekitaran cimahi (iyess kami masi di cimahi dari sejak lebaran). Eh pas kamisnya tepaaarrr, demam tinggi, meriang, pilek, dan mual luar biasa. Sempet dicurigai hamil tea oleh beberapa orang rumah *bikin deg-degan aja kaaaan heuheu* udah mah ada bumil yg bilang "ih teteh juga pas kemaren tau hamil gini gun, ga enak badan dulu" dag dig dug der daiaaaa.. eh tapi pek teh belom waktunya hamil (lagi) =D

Demamnya naek turun, naeknya banyakan pas malem2. Jadi bikin geer pas lagi ga demam, kirain teh tos damang. Nah pas sabtunya suami dateng ke bandung, turunlah titah paduka, "hayu kita  ka dokter", melihat si sayah yang kayanya mah keliatan belom fit ajah =D Baiklah, nuruuut. Ngincitlah kami ka hermina, tentu saja neng tipong dibawa serta. Sengaja ke rs ibu dan anak biar gampang ngejelasin lagi menyusui pas diresepin obat. Eh pas disana ketemu banyak temen, ada yang lagi periksa kehamilan, ada yg periksain anaknya. Senang kan aku jadinya, merasa segar, eh ternyata pas diperiksa bu dokter, demam toh, 39 derajat aja, teu karasaaaaa hehehe. Langsung disuruh minum obat di tempat. Diresepin obat penurun panas, penghilang mual, dan obat untuk pileknya, serta perintah "kalo besok masi demam, cek lab ya bu, takut tipes" Fyuuuuh.. *menatap pada anak dan berdoa semoga bukan tipes*

Sampe rumah, makan, minum obat, istirahat, megang si jenong pas nyusuin doank, sambil bermasker ria yang mana skrg mah sulit bener nyusuin pake masker, mau diambil terus sama si orok, berasa mainan kalii, sisanya kalo ga nyusu atau ga tidur dipegang abi atau neneknya. Malam minggu  pun dilalui bertiga di kasur, alhamdulillah ga pake demam, anteng ngedengerin abi nyarita kisah nabi ibrahim sebelum bobo. Yang tampak sudah diatur oleh Allah, biar jadi bekal melalui sakit esok harinya.

Minggu pagi segar bugar, makan pun banyak. Orang-orang rumah berencana kongkow, tapi saya sadar diri kondisi badan tampaknya belum seoke itu buat jalan-jalan. Jadi memutuskan di rumah aja, betiga para cinta. Rumah cimahi pun sepi...krik krik. Tiba-tibaaaa.... *drama* bada duhur, saya nyusuin thifa yang muley ngantuk, eh entah kenapa tiba-tiba badan menggigil, demam datang lagi, nyebret abis, ampe lalinu tea badannya. Panik dalam hati, bilang ke suami, lalu kami inget pesen dokter, baiklah ,mari kita cek lab. Dan setelah itu drama pun dimulai. Tak sanggup saya megang neng tipong yang makin lincah aje bari demam tinggi begini sepanjang perjalanan ke rumah sakit. Suami pan nyetir, ga akan bisa ganti peran. Akhirnya diputuskan dititipin aja ke tante, adik mamah yang tinggal masi sekitaran situ juga. Sambil binguuung, ga ada asip, gimana ntar kalo dia haus, hanya mengandalkan air putih dan berharap semoga ga lama ke rs nya. Termewek 2012 deh itu sepanjang jalan inget si jenong, gimana kalo rewel, gimana kalo nyariin ibunya, gimana kalo aer putih ga cukup menghilangkan dahaganya, gimana kalo ngantuk terus pengen nen, serba gimana deh pokonya berseliweran di pikiran. Lebay? iya hehe. Pernah sih ninggalin, nitipin ke nenek nya, tapi paling cuma sejam lah, buat ke supermarket  terdekat beli diapers atau ke atm ambil duit. Selebihnya selalu ta'bawa kemanamana, apalagi kalo di semarang, mau titip siapeeeee. Jadilah kemaren banyak air mata karena ninggalin tanpa persiapan tea dan ga tau berapa lamanya.

Sampe hermina minggu siang mendekati sore, eh sepi beneeerr. Langsung lah menuju lab, kasi surat pengantar, lalu dijussss, dan tinggal menunggu hasilnya yang katanya satu jam sajah. Mulai tenang dan ga rieut mikirin thifa, bisi nanti malah rungsing juga si dia di sana, kasian yang dititipinnya. Beduaan pa suami nangkring di hermina, sambil ngemil si jagung pipil daily fresh itu loooh, asa romantis hehe. 

Waktu asar, suami ke musola untuk solat, saya ambil hasil lab. Berasa dunia runtuh begitu liat hasilnya *lebaaaaaay*.. positif ternyata tipes. Begitu baca, bingung... yang kepikiran pertama tentu saja si jenong. Emang bener yaa, mothers are not allowed to get sick.. eh ya tapi ibu-ibu juga kan manusiaaaa. Mari kita tawakal dan minta tolong ama Sang Pemberi Sakit dan tentu saja Sang Penyembuhnya pula. Langsung keingetan cerita nabi ibrahim-nya abi tadi malem, langsung keingetan doa beliau saat dibakar oleh kaum bani israil.. "Hasbunallah wa ni'mal wakil".. memang hanya Allah lah sebaik-baik penolong. Doa itu membantu Nabi Ibrahim selamat dari api saat beliau dibakar kaumnya, apalagi "hanya" sakit tipes yang insyaAllah sudah ada obatnya. Hehe emak-emak berpikir positif, jadi mari ngadoa.

Pertolongan pertama pun datang.. beres suami solat, menghadap dokter. "hoo iya bu positif ya tipes, tapi ga papa deh ga usah rawat inap, leukosit + trombositnya masi normal, rawat jalan aja yaa, kasian juga kan dedenya".. huwaa alhamdulillah =) Sang dokter pun mengerti kondisi busui, diresepin obat pun yang insyaAllah aman meski menyusui.

Pertolongan selanjutnya suami diijinkan oleh atasannya untuk ga masuk kantor dulu. Walau satu hari saja.,tapi pengaruhnya besar, bikin saya tenang =) dan kayanya bukan kebetulan juga pas sakit pas lagi di cimahi, banyak yang bisa gantiin ngasuh thifa =) Alhamdulillah (lagi).

Sampe rumah, eh yang ditinggal ternyata baek bener, ga rewel. Liat ibunya dateng pun adem ayem aja, kirain bakal heboh kangen gituh hehe. Cuma pas posisi uda mau nenin aja, dia ketawa-ketawa seneng hihihi, anak solehahkuuu :* Selama sakit pun alhamdulillah si anak sama sekali ga nyusahin, ngerti kayanya emaknya tak berdaya.

Pernah satu malem juga saat abis nyusuin, terjaga, sempet saya kesulitan nafas, pileknya parah benerrrr, bikin mangpet, udah mah demam pula, antara bingung dan rieut, berdoa lagi, dan entah lah seperti ada yang membimbing untuk narik nafas panjang, beberapa kali sampe akhirnya plong dan bisa bernafas lega kembali. Alhamdulillah, pertolongan Allah selalu dekat =)

Beberapa hari istirahat, minum obat, alhamdulillah sekarang sudah sehat kembali. Sudah makan nasi lagi.. horeee.. *dadah dadah ama bubur*. Udah bisa bermain lagi sama neng jenong, ga cuma meluk-melukin pas nyusuin doank. ooh sungguh sedikit heartbreaking yaa liat dia seharian lebih apet ama yg lain daripada emaknya *bisa ngomong gini kalo lagi sadar, begitu si anak teu daek cicing, ada yang mau gantiin ngasuh?? haha

Alhamdulillah diingatkan lagi untuk bersyukur akan nikmat sehat =) Betapa kalau sehat itu ga nyusahin banyak orang..=D

Dan jadinya saya ingin sedikit berbagi tips buat ibu menyusui yang mungkin suatu hari nanti terkena tipes *ahh tapi semoga tipsnya ga kepake yaa, berarti kan sehat selalu semuanya*

  1. Cari dokter yang bisa diajak berkomunikasi tentang pengobatan penyakit sambil tetap menyusui. InsyaAllah jika memang dibutuhkan, ada antibiotik yang aman ko untuk busui.
  2. Untuk mengatasi meriang, demam tinggi di luar, tapi di dalem badan berasa dingin menggigil, selain obat penurun panas, sarung juga sangat membantuuuu. Menghangatkan tapi ga bikin gerah. Apalagi kalo si sarungnya ada wangi2 suaminya gituh, hehe tambah angeeet xp
  3. Pakailah masker selama menyusui, apalagi kalo sakitnya dibarengi dengan pilek. Eungap sih awalnya tapi lama-lama jg biasa. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan yaa.
  4. Banyak minum, banyak makan, biar asi tetep lancar, meski ternyata diet org tipes itu ga enak yaa.. Mesti makanan lunak, ga boleh sayur dan buah2an yang mengandung banyak serat, jadinya ga banyak pilihan makanan. Selain bubur, buat alternatif bisa ganti nasi tim. Saya sih kemarin sempet rikues macaroni schotel juga ke mamah, eneeeg ama bubur hehe. Untuk cemilan bisa pilih buah pisang atau alpukat. Minum susu juga kalo bisa, lumayan kan menambah asupan =D
  5. Sebisa mungkin ada pengasuh lain yang megang si anak, kita mah nyusuin aja, dan fokus buat nyembuhin diri sendiri. Jika memungkinkan untuk mompa asi, lebih oke lagi =)
  6. Terakhir dan tentu saja yang paling utama, sabar dan tawakal, tak lupa berdoa ama Sang Maha Penyembuh =) dan tetap semangaaat!!

yah begitulah sedikit tips dari busui yang pernah tipes ini, semoga ga kepake hehe. Keep healthy and happy yaa, dear mommies =)