29.10.14

dear athifa

assalamualaikum teteh .. :)

alhamdulillah ketemu lagi ama tanggal 29 oktober, uda 3 taun teteh hari ini.

3 tahun juga ibu jadi ibu .. dan setiap tahunnya kalo kilas balik selalu merasa bersyukur sekali diberi kesempatan ini.
kesempatan untuk menjadi ibunya teteh :)

teteh..
makasih yaah.. sudah menempatkan diri dengan sangat luar biasa dengan sebutan ini. Bahkan kata pertama yang ade bisa ucapin aja "ceceh".. she adores you :') 

Makasih udah mau berbagi dengan ade ya teh.. ibu tau sulit sekali, tapi melihat teteh yang mau belajar .. ibu bersyukur sekali..Alhamdulillah.. Alloh memudahkan.

ibu sempat sedikit galau waktu tau hamil lagi di saat teteh bahkan belum satu tahun. Merasa bersalah sekali sama teteh. Khawatir teteh nanti merasa disingkirkan, takut teteh nanti merasa cemburu dan perasaan perasaan aneh lainnya. Sampai akhirnya waktu liat teteh pertama kali ketemu ade, dan semuanya berlangsung manis.. ibu pun mulai merasa optimis. kita pasti bisa melalui ini semua dengan baik.

alhamdulillah begitulah adanya. kalau ada yang nanya "thifa cemburu ga sama adiknya?" ibu spontan jawab "ga.. baik banget malah" .. ibu jujur, nak. Bahkan ibu ngerasa ada porsi cemburu itu baru sekarang, saat ade sudah hampir 1,5 taun dan sedang banyak kepintaran baru yang mencuri perhatian, suka bikin ibu abi ketawatawa. Tanpa sadar kayanya teteh jadi sedikit terabaikan saat itu. Maaf ya nak. Tapi cemburu ini pun hanya tersirat saja. Kami menyadarinya saat teteh sering berusaha melakukan hal yang sama dengan ade. Dan saat teteh bertanya tanya ketika kami gendong atau pangku.. "ko ipa digendong sih, kan uda gede" tapi sambil nyengir senang.. aah nak, kamu memang seorang kakak, tapi tetaplah batita. Maafin ibu abi sering lupa akan hal ini ya.

Makasih ya teh.. untuk semuanya.. untuk pengertiannya .. untuk kelapangan dadanya.. :)

Makasih .. uda mau sabar nunggu giliran dibikinin susu waktu ade lagi nen ke ibu

Makasih untuk setiap "assalamualaikum" dan ajakan baca doa setiap teteh melihat ade kebangun dari tidur dan ibu lagi sibuk di dapur :)

Makasih .. cepat belajar bahwa kalo mau ambil barang yang ade pegang itu harus dituker bukan direbut, meski kadang barang tukerannya kurang menarik, jadilah adenya geleng geleng kepala dan teteh merengek putus asa .. ibu turun tangan juga hahaha.

Makasih ya sayang.. atas nasihat - nasihat manisnya untuk ade .. "sabar ya de, ibu lagi solat" .. "ade ko nangis gitu sih.. jelek, itu jelek!" .. "ade nontonnya jangan deket-deket.. matanya nanti rusak" .. "ade makan nih.. dikit aja.. aa..aa!" "ade nennya bentar aja yaa.. ibunya mau main ama teteh" hahaha

sering kali teteh lah yang memberi ibu kekuatan, saat lelah mengurus dua anak hampir menemui batasnya.

Teteh ..

Alhamdulillah sekarang teteh yang pemalu, yang biasanya ngumpet di belakang badan ibu kalo ketemu orang baru, perlahan berubah. Sekarang sudah mau membalas sapaan para tetangga. Sudah berani menjawab kalo ada orang yang bertanya. Dan di tk dekat rumah, tempat kita main kalo sore hari, sudah berani main bareng bareng teman yang lain tanpa narik-narik baju ibu minta ditemenin :D

Perlahan tapi pasti ya teh insyaAlloh :)

Oh soal TK ini.. ibu pernah merasa bersalaaah sekali sama teteh. sempet membuat teteh trauma untuk main perosotan. Awalnya sekitar setaun yang lalu waktu kita masih jadi warga baru dan mulai mengagendakan main di tk sebagai kegiatan sore hari, teteh pernah mau naik perosotan tapi ketika itu perosotannya lagi rusak. Ibu spontan bilang "naik yang lain aja teh, perosotannya rusak.. tuh ada bolongnya" .. teteh kayanya kaget. Dan semenjak itu.. "ga mauuu" tiap ditanya mau main perosotan atau ga :(. Ga cuma di tk dekat rumah, di tempat lain pun sama. Ibu sedih sekali. Terlebih seminggu setelah kejadian itu, perosotannya dibenerin dan jadi mainan favorit anak anak yang lain. Seringkali teteh sendirian, menatap saat yang lain tertawa riang antri meluncur di perosotan. Beberapa kali ibu ajak, ibu bilang perosotannya uda ga rusak lagi, ibu temenin dan pegangin tapi teteh menolak. Kadang saat di tk sepi ibu pergunakan buat ngajak teteh main, mungkin kalau rame udah mah teteh takut, teteh juga malu. Sukses.. teteh bisa naek dua anak tangga.. lalu turun lagi hihihi. Tapi segitu juga ibu uda merasa teteh sangat berusaha.

Tapi rupanya ade lah jalan untuk menyembuhkan trauma ini teh. Teteh kayanya termotivasi melihat ade yang jalannya aja baru lancar tapi uda berani naik tangga perosotan lalu meluncur dengan manisnya (tanpa mau dipegang x_x) ..

akhirnya naik tangga mulai nambah sampai tangga keempat ..

sampai suatu hari belum lama ini, akhirnya anak tangga terakhir dinaiki.. duduk manis teteh siap meluncur, tapi harus dipegangin sama ibu. here we go.. sruuut.. teteh ketawa, ibu pun bahagia :D alhamdulillah .. setelah setahun.. akhirnya :')

setelah itu beberapa kali dipegangin.. lalu ibu bilang ibu jagain aja ya ga usah dipegang.. dan teteh bisaa!!  akhirnya sahabatan lagi deh teteh ama perosotan.. lalu semakin susah diajak pulang hahahaha..

kalo uda kesel, ko susah amat, ibu suka inget-inget sedihnya waktu teteh ga mau naik perosotan.. akhirnya disabar2in lagi dan cari akal hehe.. alhamdulillah teteh mah penurut, sekali aja ngeyelnya dan pulang sambil nangis (karna masi mau main tapi bentar lagi magrib jadi ibu keukeuh pulang), sampai akhirnya saat teteh belum bisa move on juga, abi ajak teteh malem malem ke tk, merosot sekali udah gitu minta pulang, teteh pun akhirnya ngerti maen perosotan gelapgelapan ga enak ya nak? alhamdulillah setelah itu kita bikin perjanjian boleh main di tk, tapi nurut kalo hari uda semakin sore sebentar lagi gelap, uda waktunya pulang.. harus mau pulang. Teteh baik.. teteh solehah.. alhamdulillah ga pernah susah lagi kalo diajak pulang. kadang ada penawaran aja.. "sekali lagi ibu.. boleh?" ditanya manis gitu mana bisa ibu nolak nak :D

teteh..

alhamdulillah teteh dikasih memori yang kuat oleh Alloh. Banyak sekali kejadian kejadian yang sudah lama terlewati tapi teteh masih ingat dengan jelas. seperti waktu teteh lagi main masak2an dan nawarin ibu kopi, ibu heran ko tumben2an menunya kopi. "emang teteh pernah minum kopi?" .. "pernah ibu.. waktu di pantai. masi panas jadi tunggu dulu".. ibu pun mengerutkan kening, baru lah keingetan momen di pinggir pantai di lombok sana waktu ada yang salah denger, pesen mie dikasih kopi (jauh amat hahaha). jadilah kita minum kopi dan teteh icip sedikit. iiih kamuuu.. inget aja deh nak :D

Alhamdulillah karena ini juga teteh diberi kemudahan untuk menghafal. Sudah banyak doa dan surat pendek yang teteh bisa yaa.. alhamdulillah. semoga kita semua tetep semangat nak .. sungguh ibu pun jadi termotivasi buat rajin ngafalin.. apalagi pas keduluan teteh hafal doa buka puasa.. dzahabzh zoma'u wabtalatil uruuqu wa tsabatal ajru insyaa alloh.. hihi seneng denger logat teteh melafalkan doanya.. mirip sama yg di aplikasi kids dua :D tapi bener deh ibu malu tiap mau buka puasa masi noong contekan (entah kenapa susah amat ga hafal2.. iya teh ibu baru tau doa buka puasa yg shahih yg ini) .. sedangkan teteh denger beberapa kali aja langsung lancar jaya. Alhamdulillah sekarang mah udah hafal.. maenya teuing ramadhanna udah kemana teu hafal hafal mah hehe. ayo sekarang kita ngafalin yang lain yaa.. :)

ibu semangat nak.. karena tiap kali denger teteh yang tiba tiba melantunkan ayat suci atau doa saat lagi main beneran menyejukkan hati.

teteh yang pandai meniru.. terima kasih sudah mengingatkan abi dan ibu untuk selalu menjaga tingkah laku. untuk membiasakan diri dengan sunnah rasul.

Sungguh melihat teteh yang sebelum memulai mewarnai mengucap bismillah terlebih dahulu adalah hal yang sangat membuat hati terharu.

Apalagi mendengar teteh mengucap insyaAlloh saat berjanji tentang hal yang akan kita lakukan nanti.. mengucap allohuakbar saat di perjalanan menemui jalan menanjak dan subhanallah saat turunnya, selalu berusaha duduk saat makan dan minum, bilang "alhamdulillah..makasih Alloh" kalo dapet makanan enak, dan tiap mau masuk kamar mandi bertanya "ini kaki kiri bu?".

Tak ada yang lebih membuat ibu dan abi bangga selain itu semua.. saat teteh menjalankan sunnahnya dalam kehidupan sehari hari. Kelak saat sudah semakin mengerti, cintai Rasul nak.. dia lah suri tauladan terbaik.

Ibu dan abi jauh dari sempurna teh.. sering lasutnya. maaf kadang suka kebingungan mencari jawaban untuk setiap pertanyaan "kenapa" beruntunnya teteh, sering hilang sabar saat lelah sedang menghampiri diri, suka rungsing sendiri kalau teteh yang lagi toilet training telat bilang "mau pipis" dan sudah bikin kolam ompol di lantai, beberapa kali pula tak bisa menahan diri untuk tidak membentak saat teteh sedang kebingungan menata emosi dan keinginan.

Maaf atas segala khilaf ya nak.. maaf atas segala keterbatasan..

terima kasih 3 taun ini sudah membuat ibu dan abi banyak belajar, banyak bersyukur.. dan kadangkala banyak istigfar hehehe xp

semoga teteh selalu menjadi anak solehah, baik hatinya, cerdas akalnya .. semoga usia teteh penuh berkah .. semoga teteh selalu dijauhkan dari kezaliman , dikelilingi orang orang baik, semoga sehat terus , dimudahkan dalam segala hal.. dan semoga kelak bersuamikan seorang yang soleh ya nak.. :)

Ibu abi sayang sekali sama teteh .. meski mungkin nanti ada waktunya tak selalu di samping teteh, ingatlah ada Alloh sebaik baik penjaga :)

alhamdulillah kita berjodoh di dunia, semoga pun kelak di akhirat sana :)

we love you, athifa muttaqiya :*

8.10.14

say it with flowers

hampir 11 tahun kenal ama suami, dikasih bunga bisa dihitung sama jari.. jari tangan lagi, ga pake kaki, itu pun cuma sebelah hehehe.

doi bukan orang yang romantis, saya pun ga terlalu doyan diromantisin (ngakunya.. padahal tiap adegan dia ngasih bunga saya cukup inget detilnya, berarti suka kan yaa hehe ... kumaha siiih ongkoh ga doyan.. dasar wanitah!!)

pertama kali dikasi bunga jaman dia pedekate. waktu itu kami kuliah tingkat 1. Di suatu malam minggu, saya sama temen temen ng-danus buat acara wisudaan himpunan. Ceritanya jualan bunga di seputaran dago. awalnya males sih buat ikutan, udah mah malem, rumah di ujung dunia belok kanan pula, alhamdulillah ada temen yg berbaik hati mau nganterin pulang katanya.. jadi ikutlah si saya jualan. Si doi yg tau saya mau berkegiatan malem itu lgsg nawarin ama dia aja dianterin pulangnya .. ya eyke lebih milih sama dia laaah hahaha (mulai bogoh ceritanya) xp katanya dia nunggu d rmh temennya tar kabari  aja posisi kalo uda selesai. Tapi di tgh2 jualan, tiba tiba dia sms nanya saya dimana. saya bilang di tambud, eh disusulin kesana.. pake motor, jaket himpunan (asana mah), sambil nyengir dia ngasi setangkai mawar merah.... hihi geliii xp .. tapi dodol ga siiiih, wong saya lagi jualan bunga malah dikasih bunga, kalo mau lebih getek tapi so sweet mah padahal beli aja ke saya yaaah.. jadi kan jualanna cepet abis hahaha x))))

bunga selanjutnya dikasih pas kami monthversary-an.. entah yg keberapa. iih ajegile kita abg banget ga siiih?? ngasi kado di tanggal jadian hihihi

waktu itu dia dateng ke rumah dan nyodorin mawar sepohonpohonnya hahaha.. iyes pake pot, mawarnya uda ada yg mekar sebiji. manis ya? hihi.. aku suka. Tapi dasar ga telaten, pohonnya tak terawat dan berujung kering kerontang. untung cinta kami mah tetep tumbuh subur ..bZzzzt xp

setelah itu lamaaa ga ada bungabungaan, sampai akhirnya nikah.. masih teuteuup ga ada bunga.. eh ada ketang bunga bank xp

sampai suatu hari ketika hamil kedua, saya lagi tertarik ama gentlebirth2an.. dan waktu itu galenia ngadain seminarnya , pas saya ada rencana ke bandung pula. Jadilah daftar buat ikutan. waktu itu dalam rangka hari ibu juga. Di tengah tengah seminar tiba tiba ada anak kicik rungsing, ahirnya kami sepakat mau udahan aja keluar. Eh lalu ada panitia yg ngajakin para bapak buat ambil konsumsi katanya.. karna kayanya si anak inih laper juga, saya blg ya udah bi ambil dulu aja. Tapi kok yaa yg ambil konsumsi lama amaaaaaat. Ampe si seminarnya mau udahan aja lah. Si anak uda dibebenjokeun dengan segala cara.. nen, mainan, liat ikan.. doi belom dateng juga.

lalu Tiba tiba semua peserta ibuibu diajak ke taman belakang, dan di lantai atas nangkring lah para bapak pake kaos bertuliskan "cinta kami untukmu bunda" (kalo ga salah :p) sambil bawa balon dan setangkai bunga... aiiiih lucu amat. Mereka pun turun dan ngasih bawaannya ke istri masing masing (ya masa istri orang). Di balonnya ada kartu ucapannya gitu, oonnya ga sempet saya foto buat kenangkenangan, lupa juga dia nulis apa, pokonya ada kata2.. banyak anak nya aja, bo waktu itu anak keduanya aja belon lahir.. visioner amat heuheu. Terus saya tanya

"kamu pasti getek ya disuruh beginian?"

dia ketawa "hahaha.. iyaa.. tadi bingung mau nulis apa"

lalu sang balon pun diterbangkan. jadi asa upacara penerimaan siswa baru :p

abis adegan itu.. ga ada bunga bungaan lagi sampai akhirnya beberapa bulan lalu, setelah ada sedikit badai... ada yang berusaha menjadi manis hihi.

pulang kerja doi bawa bunga dan chocolate cheesecake masing-masing tiga biji!! tentu saja untuk tiga cewek di rumah ...

kami dikasih hiji ewang .. dan semuanya... lebih tertarik ama cheesecakenyaa!! hahahaha.. eh si bocah yang kecil suka denk ama bunganya ampe dijilatin :p

saya bilang "ko tumben?" .. dia nyengir "tadi lewat rumah coklat ya udah beli.. terus asa kagok sekalian aja ama bunga" katanya

bunganya ditaro di ember (ga punya vas hehehe) dan dikasi air. Besoknya ditinggal mudik ke bandung.. lupa ga diamankan dulu. Lalu berujung dibuang ama mbak -__-"

maaf ya abii.. tapi insyaalloh kenangannya membekas di hati kami. Kalaupun nanti ternyata anak anak ga inget, semoga kelak mereka baca tulisan ini dan jadi tau.. bahwa lelaki manis pertama yang ngasi mereka coklat dan bunga adalah abinya. u must be their first love :)

2.10.14

mendadak lombok


dulu pernah nulis kan yaa.. ga tau seruan mana antara jalan jalan di batu atau maen pasir di lombok.. sekarang uda bisa jawab! sama serunyaaa... hahaha

Jadi ceritanya baru pulang mudik kan. Hari senin, tanggal 5 agustus. Siang-siang abi bilang, "ada dines ke lombok bu". Saya mau solat zuhur waktu itu, tiba tiba kepikiran.. semoga dinesnya kamis jumat kan bisa ngintil, terus wikenan di sana.

eeeeh beres solat, doi bilang, "rapatnya kamis jumat".. aaakkk. Terus tiba-tiba uda liat-liat harga tiket aja.. iih murce (dibanding biasanya.. ketauan uda beberapa kali browsing, tapi teu indit indit haha) .. terus eyke kan ge-er mau diajak gitu yaa jadinya.

Tapi karena satu dan lain hal, perginya ga bisa bareng. Ditawarin, "nyusul aja gimana?" .. euu euu.. demi lombok, aku relaaaa.. hahaha.

ini yang namanya kalo rejeki itu ga kemana yaa. Tiba tiba dines, intip tabungan masih ada, harga tiket terjangkau. alhamdulillah.. mantaiii kitaaaa.

pas hari H degdegan ajegile. Dulu terbang berdua aja ama bocahnya kan ga jadi ya. Eeeh sekarang malah bawa bocah dua biji xD

Dari beberapa hari sebelumnya uda sounding kita mau ke pantai, ampe googling gambar segala nih pantai tuh kaya gini nih.. mereka asik asik aja. H-1 pas ke pasar, ibu beliin masing masing 1 balon pesawat. ceritanya pengondisian, besok kita mau naek pesawat loooh, bertiga aja, yang anteng yaa. Eh taunya blunder.. pas liat balon, mbak ngomong gini "lah beli balon teh, ditinggal ke pantai, kempes itu" .. kirain anaknya ga nyimak, eh taunya pagi pagi hari H bangun tidur ngdadak bilang "ipa ga mau ke pantai ibuuu.. balonnya nanti kempes".. wekdooor! gimana ini mak!

akhirnya segala bujuk rayu dikeluarkan.. mulai dari mau ketemu abi, nanti maen pasir di pantai sampe nanti insyaalloh di lombok cari balon. hamdallah luluh juga.. meski ada sedikit tangisan hihihi.

Kami pergi jumat sore, pesawat jam 4. Naksi bertiga dari rumah, yang bikin degdegan juga karena bocah gede mulai nguap nguap. kekmana nanti eyke bawanya kalo doi bobo. Teruuus aja diajak ngobrol, biar melek. Alhamdulillah aman :D
oh iya koper uda dibawa duluan ama abi ke lombok. Jadi saya cuma bawa alat tempur, tas selempang isi barangbarang keperluan bocils selama perjalanan. Ini ngebantu banget nih, eyke ga pusing ama bagasi jadinya.

beberapa tips buat terbang bawa 2 toddler tanpa helper :
- jangan rempong dengan bawaan. Tiket, ktp, hp taruh di tempat yang mudah dijangkau. Kalo ternyata emang kondisinya ada bagasi, jangan sungkan untuk minta bantuan yaa.
- alat tempur anak2 di tas saya : baju ganti, minyak telon, tisu kering, tisu basah, diaper, hand sanitizer, kantong keresek, sabun, air minum, sisanya cemilaaaan (senjata anteng anakanak saya) :D oh iya hindari cemilan berkrim , riweuh makannya dan biasanya jadi rempong bersihin nodanya. Ga bawa mainan, sejam doaaank gitu terbangnya hehehe
- pastikan anak anak memakai baju yg nyaman ya
- jangan biarkan anak anak tidur selama di perjalanan ke bandara, kalo tidur sareupna gitu dibangunin pas nyampe kan suka cranky jadinya. ini untuk anak yang gede sih, kalo yg kecil kan tinggal gendong
- biarkan mereka main di terminal sambil nunggu boarding, biar cape, energi tersalurkan. Di pesawat bisa istirahat.
- sounding sounding sounding! ini mah wajib yaa dari sebelum pergi.. kemaren neng tipong jadinya beberapa kali ngomong sendiri di perjalanan ke bandara"ipa anteng tar di pesawat, kalo sakit telinganya, minum"

mmmm apalagi yaa.. sisanya sih banyak berdoa aja.. semoga dimudahkan.. anak anak anteng dan ga puppy, biar ga harus repot ke kamar mandi hihihi. lebih lengkapnya baca blognya bu riana dehhh yang pengalaman 36 jam terbang bersama dua bocah, uwow pokonya :D

Alhamdulillah perjalanan kemaren dua bocil anteng dari mulai naksi ampe mau boarding. Pas di pesawat, alhamdulillah duduk di sebelah ibu berkerudung berwajah ramah jadi ga kagok kalo mau nyusuin. Dan pas ada yg sedikit rungsing mengantuk pun ibunya mengerti.

setelah ngemil banyak, sok sokan baca majalah, ngobrol kaditukadieu, ga puguh dikit karena ngantuk, tengah perjalanan sampe mendarat, duaduanya tidur. Pas bingung pas mau turun, kekmana ini bawa dua bocah merem. kepaksa yang gede dibangunin biar jalan. alhamdulillah bageur, meski sempet merem melek, anaknya mau jalan sendiri. :D

karena liburannya sedikit dadakan, jadi persiapannya saayaaya. Karena waktunya terbatas juga akhirnya ga berencana ke banyak tempat. Bermodalkan hasil googling dan nanya ke temen yang tinggal di sana, kami pun berencana sabtu pagi maen di daerah lombok selatan.. kuta dan sekitarnya. Siang nyebrang ke gili trawangan. ampe minggu siang di sana. sore pulang. udah! :D .. kuliner, seketemunya aja.

urusan penginepan, abi yang nyari pas nyampe sana. Karena lagi peak season, agak susah nyarinya, di internet hampir semua full booked. Dan budget terbatas juga yaaa hehee.. jadi agak pulah pilih. Akhirnya setelah sedikit keliling, untuk malem sabtu kami dapet kamar di matahari inn. Hotelnya bagus sebetulnya, kolam renangnya asik, viewnya bagus, kamar luas. Sayangnya kurang terawat. Harganya murah, 350rebu aja semalem. Tapi pelayanan cukup oke. Kami dapet pinjeman motor juga, 60 ribu sehari.

Sabtu pagi, karena anakanak kan jam tidurnya masi wib, jadi bangun agak siang.. dadah deh ama sunrise. Begitu pada on, langsung ajak sarapan, lalu momotoran liat pantai.

Pemberhentian pertama di tanjung aan. Sepiii.. asik main pasir deh di sana. Ga banyak anjing juga (iya di lombok anjingnya pabalatak). tapi jalan ke sana agak jelek.. pake motor lumayan gigijlekan tapi masih asik asik aja sih. konon kata detiktravel, sunset di tj.aan bagus.. kami sih ga liat, maenya teuing sapoe jeput di dinya xp.

Ini pengalaman pertama duo gadis ke pantai. Masih agak takut main air. Tapi mereka seneng bangeeet main pasir. Dan karena ga punya peralatan maen pasir, ibu bekelnya mainan papasakan, panci dkk .. masak masakan deh kita (pake pasir xp).
Udah bosen.. lanjut jalan jalan mampir ke pantai seger, di sini sih cuma nongkrong makan pop mie hehe. lalu pulang ke hotel dan maen aer di kolam renang.

Liburan kali ini tuh yaa.. alhamdulillah dimudahkan sekaliii.. tadinya kan kami berencana mau rental mobil aja. eh tapi ada temen seangkatan pln abi yang mana adalah suami anak tetangga dekat kami di cimahi yg tinggal di lombok. terus didaulat buat pake mobilnya plus dikasi supir pula. alhamdulillah.. :)

Jadilah perjalanan ke pelabuhan bangsal buat nyebrang ke gili trawangan aman sentosa. bonusnya bisa kuliner.. tinggal minta arahan ke pak supir. akhirnya bisa icip sate rembiga yang disaranin yanda.. enyaaaaak, maranggi kalah ah kalo kata saya :D diajak nyicip sate tanjung (sate ikan tenggiri gitu) ama nasi balap puyung juga... hoho hepiii *pukpuk perut*

buat nyebrang k gili ada dua transportasi umum yg disediain. Yg pertama disebutnya publik, macem kapal nelayan gitu, dengan tempat duduk kaya angkot hehe.. bisa ngangkut sekitar 30 orang. Tiketnya 13ribu aja per orang. Anak kicik gratis. Lama perjalanan 30-45 menit. Naek ini rasanya aduhai.. emak mabok dah hahaha. 
Ombaknya kerasa sekalee sodara pemirsa. Anak anak sih tawa tiwi aja nyengir sambil bilang "naek perahuuu" xD fyuuh fyuuuh..

Dengan konsep bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian, pas balik kami milih pake fast boat ajaaah xp 15 menit nyampe, tapi 75 rebu seorang hahaha.. memang ada harga ada rupa. Tapi kan jadi nyobain duaduanya yaa, ga penasaran :D

Oh iya dari 3 Gili kami milih ke trawangan, karena... yang kata orang paling bagus. hehe.. manut aja kami. Di Gili trawangan ini ada sedikit blunder heuuu.. kan pas pergi belom punya tempat nginep yaa. Nelpon sih ke beberapa tempat di sana, pinuh kabeh fyuuuh.. eh ada yang kosong tapi kriteria kamar ga sesuai yg kami pengenin. Nekat tar nyari dadakan aja. Budget agak digedein jadinya, toh di kuta dapet yang murah.

 Nyampe sono.. nongkrong manis makan es krim dulu hehe lalu nyewa cidomo (kaya delman gitu, salah dua alat transportasi di gili trawangan, satunya sepeda) buat nyari hotel. Alhamdulillah ketemu pak kusir yang mau bantu. Itu berapa kali naek turun deh nanya ada yg kosong apa ngga (abi, cewe2 sih nongkrong manis bersama kuda hehe).. dan hampir semuaaa.. penuuuh.. kemping aja gitu ini teeeeh. Kami sengaja ambil ke arah selatan gili, nyari yang sepi, akhirnya hampir di ujung .. ih nemu bungalow yang manis banget. langsung madep laut pula.. dan pantainya sepiii. Sayangnya penuh lagi -_-". Jalan ke sebelahnya.. adaaa!! alhamdulillah :) .. dapet juga dan sukaaaa ama tempatnya. 

Namanya casa bonita. pelayanan okeee bgt.. bungalownya nyaman, madep pantai, peralatan snorkling dan sepeda gratis (tapi ga ada boncengan anaknya, akhirnya dibantuin nyari rentalan yang ada.. tinggal duduk manis, tau di depan mata hehe), eh kami mah dpt bonus dikasih extra bed gratis pula. recommended deh pokonya.

Di gili trawangan acaranya bobo manis ajah xp. subuh-subuh bobogohan liat sunrise sambil ngadoa anakanak jangan bangun dulu xp, paginya keliling sepedaan (ampe gempor.. karena ada yang ga mau udahan hahaha), maen aer bentar.. terus pulang.  ih ko pulang?? ga ada snorkling, diving atau apaan gituuu??? ya mana bisyaaa, namanya juga liburan bawa bocah cilik hehe. nanti gedean dikit insya Alloh snorkling bareng yaaa anak anaaak (aamiinnn)

yah meski waktunya sebentar banget dan sebenernya ga banyak yang dikunjungin.. tapi seneeeng akhirnya bisa mampir lombok. Kan gaya kalo ditanya uda pernah liburan ke lombok belom? udah doooonk.. ga penting di sananya ngapain aja mah hahaha.

okee.. jadi pantai udah niiih, selanjutnya maen salju ya (insya Alloh)!! ... ga di eropa, korea boleh deh hihihi .. xD . semoga ada rejekinya Ya Alloh (aamiin).. tapi sebelumnya .. terima kasih, alhamdulillah .. untuk liburan dadakan nan menyenangkan ini. waktunya pas banget .. ya U always know the right time :') semoga bisa menjadi hamba yang semakin pandai bersyukur.