8.3.13

ISPA sampai tandem nursing

Pulang dari jogja wiken lalu (iyess kita ke jogja looh, cerita menyusul yak =D), neng tipong bawa oleh-oleh sakit.. ihiks ='( Kamis malem sebelum pergi emang demam sih, tapi jumatnya reda dan tinggal pilek aja sikit. Sempet ragu-ragu mu dijadiin aja apa ngga kongkow luar kotanya, tapi liat doi masi lincah nian, emaknya gatel pingin ajak main jauh. Akhirnya pergi juga kita.. dan hari minggu di perjalanan pulang ternyata demam lagi huhuhu tambah batuk pula, kecapean juga kali yaa? maafkan mamak egois ini ya nak.

Thifa termasuk jarang sakit, makanya pas sakit begini rasanya hati teriris-iris, badan tercabik-cabik (lebaaay). Eh tapi emang lebih cape dari biasanya sih ibu'e. Soalnya ada yang nemplokplok, ga mau lepas, lagi bobo pun doi ngagantel. Plus jadi sensi-an.. dikit-dikit mewek hehehe. Yah jadilah ibu mau makan susah, mandi apalagi heuheu.. fyuuh. Tapi emang yang memudahkan itu Allah yaah.. ada satu sesi tidur siang doi bisa lepas, lalu ibunya secepat kilat makan+mandi, beres itu langsung doi bangun lagi.. hihihi.. baiklah siap jaga kembali =)

Karna demamnya turun naik dan terakhir ampe hampir 39 derajat ajah, plus udah 4 hari juga kan yaa dari kamis malem jadi kami bawa juga nengnong ke dokter.

Senin malem yang dikirain hermina bakal sepi, iih penuh aja donk pemirsa. Banyak anak-anak cilik lemas letih lesu di pangkuan emak-emaknya ..huhu kecian. Lagi musim sakit yaa ternyata (sakit ko musiman)

Periksa ama dokter yang ada aja dan yang ga terlalu penuh antriannya, kami pun memilih dr Bimo. Bismillah, sing cocok ...

Alhamdulillah, ga pake lama uda dipanggil .. daaan aku suka pa dok ini. kenapaaa? karna doi hobi berbagi ilmu =)

Begitu tau thifa demam, udah 4 hari. Dia nanya

"ibu ngukurnya pake termometer kan?"
"iya dok"
"di ketiak atau pantat"
"ketiak dok"
"kalo di ketiak tambah 0,5 ya bu" (weww baru tau eyke)
"oh gitu dok"
"iyaa.. sebenernya paling baik mengukur suhu tubuh itu di pantat, tapi kan ama anak kecil emang aga susah yaa, boleh di ketiak aja tapi tambah 0,5" (noted!)

Dan teringat terakhir ngukur si neng 38,7 .. berati aslinya 39,2 dooonk.. weww!!
Terus yahh diajarin aja lah eyke cara ngukur suhu tubuh di pantat, jadi anaknya digendong menemplok, tinggal masukin deh termometernya ke lubang pantat (ga usah dalem2 juga). enaknya pake termometer digital jadi ga terlalu lama, dan emang perlu dua orang pas ngukurnya.

Beres periksa, dokter mendiagnosis thifa kena ISPA (infeksi saluran pernafasan atas), terus jadilah dia mentutor ortunya tentang ISPA. jadi cirinya itu ada 3

1. Suhu tubuh di atas 39 derajat, seringkali menaik secara tiba-tiba.
Nah langkah pertama kalo anak terasa demam, ukurlah suhunya. Jadi termometer itu salah satu alat kesehatan yang wajib ada di rumah yaa. Ingat kalo diukur di ketiak, tambah 0,5. Jika suhu di atas 38,5 beri paracetamol. Jika masih di bawah itu cukup diberi banyak asupan cairan. Untuk meringankan demam bisa dikompres air hangat. Nah jika dalam satu jam setelah diberi paracetamol tidak ada perubahan, maka bawalah si anak segera ke rumah sakit terdekat.

2. ISPA biasanya diikuti infeksi saluran telinga dalam.. yang biasanya akan diikuti muntah dan diare.
Alhamdulillah setelah diperiksa, saluran telinga thiifa ga infeksi, jadi amaaan. Pa dok juga bilang "ga usah saya kasih obat anti muntah ya bu".. okee

3. Di saluran pernafasan akan terdapat banyak lendir. respon tubuh terhadap banyaknya lendir ini adalah pilek dan batuk. Yang paling parah bisa sampe sesak nafas (jika sudah terdengar sesak, wajib bawa ke rs terdekat)
"anak ibu lendirnya banyak, tapi ga sesak, dipantau aja terus yaa. masih asi kan?"
"masih dok"
"banyak susuin aja ya.. banyak minum. Nanti lendirnya bisa mencair tertelan pindah ke saluran pencernaan dan keluar lewat pup atau muntah. Nah kalo muntah jangan panik, ya itu prosesnya ngeluarin dahak. Saya kasih pencair dahak yaa, breathy, cara ngasihnya jangan pake cotton bud atau tisu, tapi pake kapas. basahin sebasah-basahnya, masukin lubang hidung, bisa ya bu"
"oke dok"

Sebagian uda pernah saya tau dari baca-baca sih, tapi seneng deh dapet dokter yang menerangkan detil begini. Dan tau ga doi ngejelasinnya sambil ngegambar pake diagram gitu di kertas, luar biasa. Bayar jasa konsultasinya jadi ga berasa rugi kan yaaa? =)

Nah ngomong-ngomong soal asi, beliau sempet nanya

"masi banyak asinya bu" pertanyaan jleb, mengingat waktu itu belom kejadian ini.
"euu..sebenernya saya lagi hamil sih dok, tapi masih nyusuin. terus berasanya kaya dikit banget gitu asinya (berasa ga ada malah kadang.. hehehe xp tapi ga bilang gini sik). Sebenernya ngaruh ga sih dok karna hamil, terus kalo kualitasnya gimana?"
"kuantitas sih mungkin berkurang, tapi kualitas engga ko. Asi akan tetap bagus"

terus doi bilang gini
"kalo hamil deketan gini, emang kemungkinannya 3
1. Dihentikan langsung menyusui kakaknya
2. Self weaning .. sampai kakanya berhenti sendiri, atau kalau ga berhenti-berhenti yaa
3. Tandem nursing
Kalau di luar negeri sih banyak yaa yang tandem nursing"

"iya dok. karena rata-rata usia anaknya deketan yaa?"
"iyaa.. bagus juga buat ngatasin cemburu kakanya. Tapi ya harus tetap konsul dsog, kalo ada kontraksi kan ga bagus juga buat janin"

terus yang paling makjleb pas pa dokter bilang
"kalo mau disapih.. mesti siap, karna sebenernya yang disapih itu 2 orang.. anaknya ama ibunya"
huehuehueee.. nyess

kita lamaaa banget di ruangan pa dok. Seneng deh ngobrol2nya.. ahirnya pulang berbekal breathy + satu obat puyer yang pas saya tanya komposisinya antibiotik + pengencer dahak. Euu.. meski ragu kalo soal obat ini, saya tebus juga. Agak ditunda ngasihnya, tapi ngeliat anak belum baikan.. akhirnya kuberi juga si antibiotik 2 x sehari ituh.. bismillah, insyaAllah sehat ya nak. =)

Alhamdulillah, nengnongku sekarang sudah lincah kembali, sudah ngacak-ngacak rumah lagi, sudah nunjuk2 pintu ngajak main keluar mulu =)

Sehat terus anakkuuuu =* dan makasih ya pa dok bimo, semoga ilmumu selalu bermanfaat =)

6.3.13

the colostrum is coming

Tadi malem, nengnong suda tibra, suami lagi futsal, beres wudhu mau isya, tiba-tiba ngararasa.. ko kayanya ada yang berbeda yaa di payudaraku. Setelah 2 bulan trakhir ini males banget ngecek PD ada asinya apa ngga, soale tiap dipencet dikit buat ngecek, tak ada yang keluar setetes puuuun, aku nyeri hate.. dan tadi malem kucoba mengecek, pencet sikit.. daaaaaaaan cairan bening itu keluar... ga melimpah tapi adaaaa.

aaaahhh asiku kembaliiiiii... meneteslah air mata ini setitik.

Langsung sms pa suami
"abiiii.. kolostrumku keluar, asiku ada lagiiiiii..woohoo, alhamdulillah"

dan dibalas
"Waaaaah, abi ko balilihan yaa .. abi beli bakminya di rumah aja atuh yaa, pengen cepet pulang hehe"
*iyess die ketitipan ku bumil, beli bakmi jawa sepulang futsal*

Malem - malem, super senang.. merayakannya dengan bikin indomie goreng sepiring berdua dan minum susu *hehe tukang mie tektek kaga lewat lewat.. pukpuk utun-2, msg sikit ga papa ya nak xp*

Ahh alhamdulillah ya Allah, hatur nuhun.. 
thifaaa, mangga nyanggakeun ieu kanggo thifa, asina, tapi nanti berbagi ama adek ya naaak =')

suami perhatian vs suami iseng

Suami yang perhatian itu yang hafal banget kebiasaan istrinya, misalnya kebiasaan bangun tidur langsung liat jam. Baik jam dinding di kamar atau pun jam di henpun.

nah.. suami yang iseng itu yang udah hafal kebiasaan tersebut di atas laluuuu.. pas sang isteri ketiduran sambil ngelonin nengnong bobo siang, dirubahlah jam dinding di kamar. Yang harusnya jam setengah 12 jadi jam setengah 3 ajah! Dan ga tanggung-tanggung isengnya.. jam di henpun juga diubahnya.

begitu sang istri bangun, liat jam, ... wekdor!!!

"aaarghhh ko uda jam seginih lagi siiiih? masa tidurnya ampe 4 jam, perasaan baru bentar. Belom solat duhuuur" 

paniik, paniiiiik!! Liat hape ternyata bener uda mau sore ajah.. "huuua huaaa aku kebluk sekaliiii"

Keluar kamar, masi setengah panik, masi ga percaya, liat jam lagi ... LOH KO??

Masi jam setengah 12 aja donk, adzan duhur pun belom ini mah!! bingung sesaat, lalu ngeh ... "eeeuuh aya nu euweuh gawe ieu mah pasti"

Balik kamar .. lagi ada yang nyengir lalu ketawa ngakak sengakak ngakaknyaa!! 
si duduuuuuuuullllllllll x_x  *ciwit abiiiii*

lesson learned : sedia banyak jam di rumah yaa, biar kalo anda punya kebiasaan yang sama ama saya terus yang iseng lagi kumat, at least dia harus ngumpulin niat banyak2 dulu kalo mau rubah semua jam di rumah.

5.3.13

konsisten

si anak sudah 16 bulan sekarang. Semakin lincah dan hobi ngeberantakin rumah. Tapi doi ngobrolnya masih bahasa planet (entah planet apa) hehe. Belum banyak kosakatanya, meski baceonya sih juara. Walau begitu sudah bisa diajak berkomunikasi dan dia mengerti. Udah bisa dimintain tolong ngambil barang, udah bisa nunjuk kalo dia kepengen sesuatu, udah ngerti kalo ibu bilang mau beli sayur keluar rumah dia ambil arah kiri, kalo mau ke mbah yo (yg suka jual masakan) doi ambil kanan, dan udah bisa mengangguk dan menggeleng juga buat bilang iya dan tidak =D

jadilah ceritanya si ibu mau mulai sounding perihal berbagi nenen dengan adik (masi ga tau mau tandem atau disapih sih, pokonya mau ngasi tau aja ke doi kalo akan hadir satu makhluk kecil yang perlu asi ibu juga). Seringnya sih diajak ngobrolnya kalo doi lagi nen mau bobo.. tapi saat maen pun kadang-kadang saya ajak ngobrol soal ini. berikut beberapa obrolan soal berbagi nen ama neng tipong

"thifa mana thifa??"
"niiih" *nunjuk dadanya sendiri*
"kalo ade bayi mana ade bayi??"
"niih" *sambil nunjuk perut ibu*

"thifa udah besar yaa?"
*ngangguk*
"kalo udah besar makannya banyaaak.. minumnya juga banyak, susu dot, susu kotak, aer putih"
*ngangguk*
"ga nen lagi yaa?"
*diem*

"Kalo ade bayi masih kecil, belom bisa mamam, nenennya buat ade bayi yaa?"
"eeuuh"*sambil geleng-geleng*

"Thifa baik yaa??"
*ngangguk*
"nennya nanti berbagi ama ade bayi yaa?"
"eeeuuh" *geleng-geleng*

"Sayang adebayinya disayang"
*elus perut ibu*
ade bayinya boleh minta nen, nanti?
*geleng-geleng*

"sun adenya sun"
"emmmah" *sambil cium perut ibu*
sayang ade yaaa, ade juga nanti sayang teteh thifa
*nyengir*
"nanti nennya berdua ama ade bayi yaa"
"euuuh" *geleng-geleng*

KONSISTEN!! mau diganti kalimatnya, ganti suasana, dipancing dulu dengan pertanyaan yang bikin dia ngangguk, teuteuuup kalo udah soal dede bayi minta nen, dia geleng-geleng.. hihi =D

Apakah artinya gagal sounding?? masih langkah awal kakaa.. mari kita sayang-sayangin nengnong sambil terus menyiapkan doi menjadi seorang teteh yang mau berbagi dengan adiknya.

mmm.. berbagi ama ade??? thifa pikir-pikir dulu ya buuu
bismillah.. mudahkan ya Allah