27.1.12

Bersama, kita bisa!!

Hari ini thifa sakit, pilek, ampe meler-meler dan nafas nya sesenggrokan. Matanya ampe berair. Kasiaaan banget liat dia susah nafas kaya gitu. Yang biasanya anteng, ini uha ehe terus. Inginnya digendong, dipelukin. Pas nafasnya aga lega, diajak maen, ketawa2 bentar, meler lagi, ogo lagi. Huhu ga tegaa banget liatnya. Ahirnya ngerasain apa yang para ibu suka bilang, mending pindahin aja deh sakitnya ke sini *tunjuk diri sendiri*

Bukan karena repotnya ga mau anak sakit tuh, tapi lebih karena ga teganya. Meski ga bisa boong, kalo anaknya sakit itu, sang ibu emang kudu punya kekuatan super dua kali lipat dari biasanya.

Akhirnya sore2, curhat ama abinya thifa. Even heroes have the right to bleed kan yaa? Masa ibu-ibu juga kaga boleh curhat

Cerita thifa pilek dan ingin digendong terus. Yang intinya mah menggambarkan cape yah ternyata kalo anak sakit.
Lalu beliau jawab gini
"InsyaAlloh abi ngusahain cepet pulang. Ibu, punten, nenin thifanya aga banyak yaa, insyaAlloh asi obatnya.
Ibuu yg sabar yaaa.. Kita bantu thifa lawan virusnya"

Ahh aku terharuuu.. Ga semua lelaki (baca : para ayah) se-ngeh itu ama pentingnya asi. Dan se-ngeh itu kalo nyusuin itu ga mudah, jendral!!

Emang bisa keitung, dia baru gantiin popok thifa sekali seumur2, ga bisa gantiin nyusuin (yaiyalaaah), belum pernah ngmandiin, selalu kalah sama ngantuk pas tengah malem anaknya bangun. Ngeyongnya pun belum enakeun (keliatannya) (hehe maap ya bi, akeu mah jujur aja)

Tapi dia selalu hadir saat saya ngoceh tentang dunia parenting, tentang asi, tentang sufor, tentang imunisasi dan kawan2nya. Dan bahkan kadang2 dia cari dan baca2 sendiri, lalu tiba2 mengagetkan saya dengan pengetahuan barunya ttg bayi.

Memang ga banyak yang bisa dia lakuin dalam hal praktek merawat anak, tapi dia selalu ada buat nyemangatin. Dan satu pemahaman bersama suami dalam hal mengasuh dan merawat anak, akan memudahkan ibu menjalankan amanahnya.

Aah makasih ya abii, I'm nothing without u :)
Sing kompak terus yaaa ngasuh thifanya :D bersama, kita bisa!! (Slogan naon sih ieu?)

dan pas mau ngpost ini, dia nilipun dalam perjalanan jkt-bdgnya, nanya keadaan thifa, dan tak lupa nanya aku uda makan apa belom.. Iih u're really a family man deh suwami.. Cintaaa :*

2012

Membuka buka si buku catatan serbaguna yang isinya sagala rupa. Mulai dari resep masakan, catatan keuangan, daftar belanjaan, ampe sisasisa perutakatikan bikin nama anak. Eh ternyata oh ternyata, ada satu halaman yang judulnya resolusi 2011.

Kemudian dibaca dan direnungkan.. Heu, ternyata banyak yg bolay sodara-sodara!! :p

Hanya sukses dengan having a baby (eh yg kek ginian resolusi bukan? Haha) dan bikin rompi buat sang anak. Sisanyaa??

Hapalan quran ga sesuai target, bikin buku boro raah, bikin selimut pake crochet baru spertiga jalan, belom bisa bikin rawon, isi paspor belom nambah lagi, tabungan buat beli 'benda kecengan' baru sampe niat doank, dan bikin anggun's crochet corner pun baru di angan-angan.. jadi setaun itu guwe ngapain ajaaah??? ko jadi ngerasa ga guna gini yaah.

Taun 2012 ini ga akan bikin resolusiresolusian lagi ahh, bisi tar taun depan dibaca lagi dan ngerasa ga guna lagi hehehe. :p

Pokonya mah taun ini mau menikmati senikmatnikmatnya aja jadi ibunya thifa (jadi istrinya heri juga, bisi ngambek ga kesebut) :p

Semoga bisa jd istri dan ibu yang solehah, cekatan, dan pintar ( eh ini teh resolusi jg ya? Tapi kan ga terukur, jd kalo taun dpn dibaca jg, mau maksa suami bilang 'resolusinya terpenuhi' biar aku merasa berguna hihihi)

Smoga kalian bedua ga nyesel milih akeu yaa, I love u both, cup muah <3

19.1.12

hasidu di pagi hari

ckckck .. pagi pagi uda ngacapruk hehehehe

nb : hasidu itu singkatan kaya sd hehe.. HAyalan SI DUngu. Bahasanya suwami dan kengkawannya jaman bareto kalo lagi berkhayal  =D

9.1.12

si cantik

Di suatu sore, saat lagi beduaan ama thifa di kamar..

sang abi masuk lalu berkata.. "eh, si cantik.. lagi apa?"
saya.. diam sesaat.. lalu menjawab "thifa maksudnya?"

"ibu doonk"

saya senyum-senyum sendiri dibilang cantik ama sang kekasih hati....

eh tapi ternyata ada lanjutannya

"soalnya kalo thifa mah, si cantik banget"

"........"

euu..euuu..baiklaaaaahh, kali ini aku lah si nomer dua (-_-)

bubur menado

Awalnya kabita dot com ngeliat foto yang diupload bu rida, mamahnya neng astrid, di fb. Gimana tak kabita, bubur menado + ikan asin + sambel pedes dimakan di pagi yang dingin, huwaaaaa pasti nikmat pisan. Saya coba tanya resepnya dan membulatkan tekad "mau bikin aaah"

Jaman masih tinggal di biak dulu, tiap ada event kantor papah, para ibu2nya sering banget bikin bubur menado. Setelah liat sang foto tersebut di atas, saya pun jd rindu dan makin tambah pengen bikin

Ini dia resepnya =)
Bahan bubur :
2 cangkir beras
7 cangkir air
Salam + serai
1 jagung, dipipil
1 ubi, potong kasar
1 ikat kangkung
Garam
2 potong ayam
Ikan asin ( bisa apa aja, tergantung selera, kalo kemarin sih saya pake ikan asin jingkreng *teu apal bhs indonesianya apa xp ikannya setelah dicuci tinggal digoreng aja yaa =) )

Bahan sambal :
1 tomat
1 cabe merah besar
10 cabe rawit
2 siung bwg merah
1/2 sdt terasi
Garam + gula merah secukupnya

Cara pembuatan :
  1. Rebus ayam, hingga air cukup berkaldu.
  2. Masukkan beras, bersama daun salam + serai.
  3. Tambahkan garam secukupnya, masukkan jagung, aduk rata
  4. Masak terus hingga matang, baru masukkan ubi. Setelah ubi lunak, masukkan kangkung.
  5. Masak kembali beberapa menit, hingga sayuran matang tapi tidak lembek. Angkat
Cara pembuatan sambal :
  1. Goreng semua bahan sambal (kecuali garam + gula)
  2. Haluskan, tambahkan garam + gula
 Tips & trik
  1. Kalo bikin bubur itu harus rajin diaduk kalo ngga nanti akan mengerak di bagian bawah panci dan jdinya suka berbau gosong
  2. Kalo ga terlalu suka bubur yg terlalu kuleud  kental, takaran airnya bisa ditambah biar lebih encer. Dikira2 aja yoo =D
Bubur menado siap dihidangkan basamo ikan asin goreng didampingi sambal terasi seuhah. Ihh sumpah deh kemaren itu nikmaaat banget makannya, udah mah emang lagi kepengen banget, dimakannya anget2 bareng keluarga di pagi yang adem, alhamdulillah..thank u Allah =)


5.1.12

Nasi tim ayam jamur

Mumpung awal tahun dan semangat masih membara, jadi lah saya papasakan *har teu nyambung xp. Yah, jadi 1 januari 2012 kemaren, karena kebetulan oos united sedang kumplit plit di cimahi semua, saya pun ateul ingin berkreasi di dapur untuk nyuguhan para sanak saudara inih.

Dulu pas awal2 nikah, saya sempet bikin sekali, dengan menyontek resep pada album foto "ibu rumah tangga dadakan"nya neneng intan =D Karena masakan yg satu ini termasuk andalan saya, secara gampang buatnya, dan cocok banget buat dipake sarapan basamo, ahirnya dibuatlah nasi tim ayam jamur =D

dan inilah resepnya kengkawan

( Oh iya karena si sayah mah suka bingung kalo ditanya takaran takaran, sangat mengandalkan feeling 'secukupnya', jadi mangga dikira2 weh nya hehehe)

Bahan :
  1. Ayam, rebus, sisihkan kaldunya untuk masak nasi + kuah tim
  2. Beras
  3. Jamur kancing (bisa jamur apa aja sebenernya, sesuai selera)
  4. Telur puyuh
  5. Bawang bombay
  6. Bawang putih
  7. Minyak goreng
  8. Minyak wijen
  9. Garam, gula, merica
  10. Sawi
  11. Bawang daun + seledri
  12. Kecap manis 
Cara pembuatan :
  1. Masak beras dengan menggunakan air kaldu ayam, tambahkan bawang putih geprek, sedikit minyak goreng, minyak wijen, dan garam secukupnya. Oh iya, airnya dilebihkan daripada masak nasi biasa yaa, biar aga lembek gituh.
  2. Potong ayam + jamur
  3. Tumis bawang bombay + bawang putih yang sudah dicincang
  4. Tambahkan kecap
  5. Masukkan ayam + jamur + telor puyuh, tambahkan sedikit air biar bumbu lebih meresap
  6. Beri garam dan merica secukupnya
  7. Aduk rata dan pastikan sudah tidak ada air lagi sebelum mematikan api
  8. Untuk kuahnya, tinggal tambahkan garam dan merica pada air kaldu ayam
Cara penyajian :

Sediakan mangkok kecil bulat, masukan tumisan ayam, taro sang telor puyuh di tengah2 dasar mangkok (biar indah xp). Masukkan nasi, padatkan, taro dipiring =)

Untuk kuahnya, masukkan sawi ke dalam kuah yg mendidih, sajikan kuah bersawi, purulukin seledri bawang daun =) tambah bawang goreng juga enak kayanya

Taraaaa, selesaiiiii :)

Alhamdulillah kemaren habis dalam sekejap, laris manis tanjung kimpul =D