9.1.12

bubur menado

Awalnya kabita dot com ngeliat foto yang diupload bu rida, mamahnya neng astrid, di fb. Gimana tak kabita, bubur menado + ikan asin + sambel pedes dimakan di pagi yang dingin, huwaaaaa pasti nikmat pisan. Saya coba tanya resepnya dan membulatkan tekad "mau bikin aaah"

Jaman masih tinggal di biak dulu, tiap ada event kantor papah, para ibu2nya sering banget bikin bubur menado. Setelah liat sang foto tersebut di atas, saya pun jd rindu dan makin tambah pengen bikin

Ini dia resepnya =)
Bahan bubur :
2 cangkir beras
7 cangkir air
Salam + serai
1 jagung, dipipil
1 ubi, potong kasar
1 ikat kangkung
Garam
2 potong ayam
Ikan asin ( bisa apa aja, tergantung selera, kalo kemarin sih saya pake ikan asin jingkreng *teu apal bhs indonesianya apa xp ikannya setelah dicuci tinggal digoreng aja yaa =) )

Bahan sambal :
1 tomat
1 cabe merah besar
10 cabe rawit
2 siung bwg merah
1/2 sdt terasi
Garam + gula merah secukupnya

Cara pembuatan :
  1. Rebus ayam, hingga air cukup berkaldu.
  2. Masukkan beras, bersama daun salam + serai.
  3. Tambahkan garam secukupnya, masukkan jagung, aduk rata
  4. Masak terus hingga matang, baru masukkan ubi. Setelah ubi lunak, masukkan kangkung.
  5. Masak kembali beberapa menit, hingga sayuran matang tapi tidak lembek. Angkat
Cara pembuatan sambal :
  1. Goreng semua bahan sambal (kecuali garam + gula)
  2. Haluskan, tambahkan garam + gula
 Tips & trik
  1. Kalo bikin bubur itu harus rajin diaduk kalo ngga nanti akan mengerak di bagian bawah panci dan jdinya suka berbau gosong
  2. Kalo ga terlalu suka bubur yg terlalu kuleud  kental, takaran airnya bisa ditambah biar lebih encer. Dikira2 aja yoo =D
Bubur menado siap dihidangkan basamo ikan asin goreng didampingi sambal terasi seuhah. Ihh sumpah deh kemaren itu nikmaaat banget makannya, udah mah emang lagi kepengen banget, dimakannya anget2 bareng keluarga di pagi yang adem, alhamdulillah..thank u Allah =)


0 comments:

Posting Komentar