27.12.13

Tiga taun

26 desember 2010 - 26 desember 2013 - ....

3 years and still counting ...

Smoga bareng bareng terus dimana pun Allah (dan PLN) menempatkan kita di bumiNya

Smoga bareng bareng terus sampe ke surgaNya

Thank u for knowing me so well

Langsung ajak makan enak kalo bete lagi datang

Ga bosen bosen ngingetin kalo lagi bedegong

Makasih sudah menemani setiap anak anak kita lahir.. temenin lagi ya tar.. sekali lagi? Dua kali lagi? Xp

Makasih juga uda menemani dan mempukpuk ibu di satu malam galau ketika takut jadi contoh yg buruk buat thifa dan bia tiba tiba menghinggapi pikiran

Makasih juga ga pernah ngomong kalo masakan ibu ga enak.. tapi kalo enak langsung bilang. Berarti diem tuh tanda ga enak ya?? Hihi makasi tetep diabisin xp

Makasih selalu rajin cerita seru tiap abis pulang ngantor.. tiap ngedengernya bikin ibu tau dunia luar meski hampir seharian di rumah.

Oh Makasih juga uda mau dimintatolongin nransfer kalo ibu abis belanja online. Makasih uda mau mengerti kalo online shop itu bukan racun dunia tapi kemudahan bagi ibuibu dengan mobilitas terbatas.. hihihi xp

Makasih yaa.. uda jadi abi yang selalu dicari dan dikangenin ku barudak. A truly rich man is one whose children run into his arms when his hands are empty.

Thank u for being u :) tetep rajin bikin ketawa tiap hari yaa :D

22.12.13

IBU, cinta tanpa akhir


Kasih ibu tak terhingga sepanjang masa tuh emang bener adanya yaa. Mulai dari ketika si anak masih di dalem perut bahkan sampai ketika anaknya akhirnya jadi ibu juga.

Begitulah mamahku ...

Pas hamil dulu di semarang lewat telpon sempet bilang kepingin pepes ayam bikinan mamah, saya sendiri uda lupa.. eh begitu mudik bandung, nyampe rumah pepes ayam uda nangkring dengan manisnya di meja makan. Apa pun keinginan anaknya kayanya selalu tercatat rapih di memorinya.

Ketika anakanaknya (saya+teteh) dipulangkan ke bandung dalam rangka menanti lahiran, selalu mamah yg setia nemenin kontrol ke dokter ketika para suami sedang jauh. 

Dan hampir di setiap proses kelahiran cucunya beliau mendampingi di ruang bersalin, bergantian dengan para suami. Iya saya bilang hampir, karena pas kelahiran cucunya yang ketiga beliau hanya bisa menanti kabar di rumah. Ketika itu kakinya sedang sakit hingga kesulitan berjalan. Waktu itu sempat saya yang menemani teteh di ruang bersalin sampai akhirnya suaminya tiba. Mamah sempat menelpon .. nelpon ke saya tentu saja, si teteh uda susyeh ngobrol lagi nahan mules :p 

waktu itu mamah bilang, "punten gitu nya ka teteh, mamah ga bisa kesana, nemenin teteh" suaranya tercekat menahan tangis.

Saya baru tau setelahnya dari tante yang menemani mamah di rumah, ketika itu beliau memang menangis. Mamah yang jaraaaang banget netesin air mata, ketika itu menangis tersedu-sedu sembari memukul mukul kakinya, merasa bersalah kenapa harus sakit di kala anaknya sedang berjuang melahirkan cucunya. Aah mamah.. :')

Di jamannya mempunyai bayi akses mendapatkan informasi seputar dunia parenting belum semudah saat ini. Ketika anaknya menjadi ibu lalu menjejalinya dengan informasi tentang asi eksklusif, mpasi rumahan, metode blw, nursing while pregnant, beliau menerima dengan pikiran dan hati terbuka. Tak pernah ada debat kusir tentang pengasuhan anak. Hatur nuhun pisan ya mah :) Ini sungguh membuat si ibu baru yang cupu ini merasa sangaaat dihargai :)

Dan beliau lah nenek kesayangan para cucu. Yah kebaikan hatinya emang bikin anak kecil nempel kaya perangko.Selalu diekorin kesana kesini. Minta digendong kesana kemari. Minta ditemenin main, ga boleh masak. Maaf ya mah, masiiih aja mamah direpotin hal beginian, padahal kayanya uda kenyang dulu pas jaman masih ngasuh kami waktu kecil. 

Hari ini hari ibu katanya. Harinya mamah. Biarlah dunia tau ada satu mamah hebat juga disini diantara berjuta-juta lainnya.

Ada mamah yang begitu penyabar dan penyayang. Jagoan masak yang tak terkalahkan. Mamah yang pepes ayamnya juara. Nenek kesayangan kami semua.

Sejatinya harimu itu setiap hari.. karena sungguh pun cintamu memang tanpa akhir, ga ada liburnya.

we love u too, mom. we'll always do :)

sehat selalu yaa :)

 

19.12.13

Terhepi pangkat tiga

Minggu kemarin menang kuis lagi.. hihihi alhamdulillah :)

Jadi ceritanya mommies daily kan lagi ulang taun yang keempat. Terus jadi banyak ngadain kuis gitu buat perayaannya.

Dan emang kalo rejeki mah ga kemana yaa. Pas buka twitter, passs banget si @mommiesdaily nya lagi kasi petunjuk tata cara kuisnya.

Kan jadi gatel pingin ikutan :p tinggal ngupload foto pula. Jadilah milih foto, kutak ketik dikit, kirim.
Pemenangnya diumumin malem itu juga, tapi hapeku mati.. jadi telat tau. Bada subuh, ngcharge hape, liat ada yg mention di twitter, langsung teriak "yeeee".. dan si bayi pun kaget kebangun hahaha.

Terhepi emang yaa kalo dapet gratisan tuh. Seharian jadi senyum senyum terus deh *mureee..* :p

Hadiahnya sepatu buat neng tipong. Dua hari yang lalu sepatunya nyampe. Langsung kasih thifa buat dibuka.

"Sepatu baruuuu... buat ipa" nada bersemangat.

"Woooowww.. baru ibu baruuu?" Doi ikutan semangat.

"Iyaa.. buat tar dipake ke bandung yaa"

"Iyaa"

Langsung dibuka dusnya, dicoba dipake, difoto buat laporan paketnya uda keterima.. teruuuusss ga mau dilepas lah sepatunya ama si bocah hahaha xD

"Sepatu ipa iniii... kereeeen" .. dipake, dibuka, dipake lagi, dibuka lagi, jalan-jalan terus keliling rumah. Iiih nengnong.. meni siga tos mangtauntaun teu dipeserkeun sapatu kitu xp 

Terhepi kuadrat tapi yaa liat anak hepi itu. Ngalahin hepi pas menang kuisnya.

Okenya si sepatu gampang buat dipake sendiri ama bocahnya. Jadi ibunya cukup nontonin aja doi bereuforia punya sepatu baru :D

Sampai akhirnya ngantuk, mau juga dilepas sepatunya. Berdua, sambil masukin si sakadang sepatu ke dusnya kembali. Tiba-tiba si gadis kecil ngomong, "makaciih.. ibuuu" sambil senyum manis.

Aaaakkk inih terhepi pangkat tiga!!!
Mukaku memerah, hati langsung menghangat.

Sama-sama, nak :)
*brb.. nyari kuis lagi ahh* :p

17.12.13

Fried cauliflower

Ceritanya kemarin sudah berencana, hari ini mau masak sup pangsit. 

Udah beberapa hari ini ujan mulu. Kebayang nya teh mendung-mendung makan sup pangsit anget kayanya nikmat.

Dan lagi anak-anak 'tampaknya' sudah sehat sentosa.. jadi keknya bakal bisa sdikit berlamalama di dapur

Ehh tapi manusia memang hanya bisa berencana.. subuh-subuh si bayi nangis-nangis.. nen ga mau.. ternyata doi susah nafas, vilek sodara sodarih.. iya kayanya pingpong lagi si virus. Iih yg dipingpong mah bola aja atuuuh.. virus mah ga usah.

Akhirnya rencana ke pasar bersama teteh bataaal.. ade menyusu teu eureun-eureun. Kalo ga nyusu berarti mau digendong atau dipangku atau ditemenin ibu dengan ibu nya diem kaga usa kemanamana.. baiklah nak.

Masih berusaha mewujudkan rencana dengan minta tolong mba yg belanja ke pasar. Tapi kayanya emang semesta sedang tidak mendukung.. kulit pangsitnya habis. Oke deeeh.. enjing deuiiii.
Lah si nengnong makan siang pake apa atuh ya. Beli? Kesian dari kemaren beli muluu pingin ngmasakin ahh biar ada rasa bumbu cinta ibunya *hahaha gombal!!* telor dadar? Ih meni ga seru..

Akhirnya ngenenin ade sambil mikir di kulkas ada apa aja dan bisa dibikin apa.. lalu taraaaa.. jadilah fried cauliflower a.k.a kembang kol goreng tepung hihi.. yang dimasak dengan rusuh mumpung ade lagi tidur.

Bahan :
- 1 buah kembang kol, potong per kuntum
- 50 gram tepung terigu
- 1 sdt garam
- 1 sdt garlic powder
- 1/2 sdt gula
- 1/2 sdt merica
- 1 buah telur
- air secukupnya
- tepung oat/tepung roti secukupnya

Cara membuat :
- aduk rata terigu, telur, garlic powder, gula, garam, merica.. jika terlalu kental bisa tambah air sedikit demi sedikit. Tekstur yg dipinginin antara cair dan kental, enak buat dicelup ajah hehe.
- celup kembang kol ke adonan, lalu gulingkan di tepung oat.
- goreng sampai kecoklatan.

Ini enaaak.. ibu sukaaa dan alhamdulillah neng thifa juga sukaaa. Pas makan sambil bilang "mm..nyam..nyam lejaaat" hahaha.. kaga tau sapa yg ngajarin.

Setelah dicemilin sambil nunggu ibu beres goreng semuanya. Lanjut dimakan pake nasi plus dicocol saos tomat.. meni segut sampe minta tambah. Bageur ih budak teh teu ngarerepot.. nuhun solehah :*
Masi nyisa dikit lagi, abis keknya ini dicemilin hihi.. tar buat malem makan apa donk yaa?? Heuuu engke deui mikirna.. bobo siang dulu ahhh mumpung ujan dan duo gadis lagi anteng di alam mimpi .. dadaah

15.12.13

What a week

Tersedih buat emak emak tuh emang kalo liat anaknya sakit yaa.. dan tentu saja terlelah juga, terkurang tidur, terpegel gendong mulu.. ter apalagi buibuuu??

Dan minggu ini tuh yaa... fuuuh fuuuhh *ngarenghap dulu* ..

Diawali dengan senin dimana bayi besarku ga masuk kerja karena demam, sakit tenggorokan, batuk plus sendi-sendi pada sakit. Jadilah hari itu rinaldi bersatoe jalan-jalan ke rs, mau langsung periksa dokter aje, biar cepet sembuh katanya, khawatir anak-anak ketularan.

Hari selasanya hamdalah juragan sudah segar tinggal batuknya doank dan tenggorokannya masi gatel. Uda masuk kerja lagi sambil dibekelin ku ibu, air jeruk pake madu.

Siangnya tetiba thifa demam. Entah ketularan atau gimana.. yah qadarallah harus ikutan sakit. Emang dari kemarinnya uda keliatan lemes dan ga selera makan sih.

Karna si anak satu ini aga susah minum obat jadilah ikhtiar pertama cuma dibalur bawang merah iris + minyak telon. Pada akhirnya Sempet dua kali dicekok sanmol karna demamnya uda nyampe 39 derajat. Yang pertama sakseus ga dikeluarin lagi.. pas dikasiin doi nangis nangis sambil bilang "udah ibu udaaah.. kenyaaang" nu sedih jadi hayang seuri deh hihi. Yang kedua kali sukses juga.. sukses dimuntahin :p akhirnya disiasati si sanmol dimasukin ke oatmeal paporitnya tambah madu. Alhamdulillah habis setengah mangkok, sisanya diabisin ibu biar hatinya ga ikutan "panas" hehe.

Dua hari neng tipong demam. Hari kedua uda mulai ngabisin wortelnya ade pas ade lagi makan hihihi. Alhamdulillah

Alhamdulillah juga pas si teteh sakit, ade kooperatif sekalii.. anteng nian maen sendiri.

Teteh uda mulai ngabalatakeun rumah lagi, ibu bernafas lega. Eeeh ga lama aja ternyata.. ko tetiba ade yang demam sekarang. Hiks hiks

Si bayi super anteng pun jadi bayi nemplok mulu deh. Ga mau digolerin, ga mau dtinggal bentar.

Dengan bayi yg nemplok dan bocah yg seperti biasa kalo abis sakit suka sensian.. harihari menjadi semakin 'seruuu' heuheuheu.

Digempur asi, balur bawang, kompres air anget, dua kali dikasi sanmol.. alhamdulillah demam ade turun juga.

Tanda badannya uda enak uda mau gulang guling di kasur lagi.. horee.

Kirain udah selesai estafet sakitnya... ehh si teteh meler parah plus batuk batuk setelah itu.. ampe mata+idungnya meraaah banget. Pening kayanya, jadinya doi bobo mulu. Badannya anget. Bersyukur sih sebenernya meler bginih berarti demamnya kemarin karna flu yaa bukan dbd, tipes, campak dan semacamnya.

Berusaha bikin si teteh ga deket deket ade biar ga nular, tapi susah ya bo.. adenya dicariin mulu. Ya sudahlah.. banyak ngadoa aja jadinya. Ga pingpong lagi virusnya, sehat sehat semuanya. Aamiin

Alhamdulillah sekarang dua nengnong + abi uda segeran. Prnya tinggal batuk teteh dikit lagi plus ngembaliin lagi nafsu makannya ama nglatih ade makan lagi soale pas demam sempet libur :D

Akhirnya agenda wiken ini maen aer ke lamongan dibataliiin. Di rumah aja deh kita yaa.. istirohat.

Eh Tapi kan selalu ada hikmah dari setiap kejadian yaa. Dan kali ini gegara pada sakit ibu ga bisa masak jadi tau ternyata warung nasi deket rumah yang jual masakan rumahan gitu, masakannya enaaaak. Tempatnya bersih pula. Sayur asem + pepes tahunya nikmat. Sate ususnya terenak sepanjang sejarah persateususan yg pernah saya makan. Bumbunya kek bumbu ayam bakar padang gitu loooh. Iiih seneng deh.

Tapi mending sehat sehat aja deh ya kalian.. sate usus enak emang bikin hepi, tapi teteuuup yang terhepi itu liat kalian betiga sehat sentosa, pecicilan, ketawa ketiwi.. bahkan ibu rela deh kalian berkomplot buat ngelikitikin ibu kek biasanya.. ga akan (purapura) ngambek lagi.

Sehat yaa!!

Ya Allah.. Makasih udah nyembuhin ksayangan kesayanganku.. semoga kami semua sehat selalu

Aamiin

14.12.13

Sabia 6 bulan

Perasaan belom lama deh memandang hasil testpack kehamilan kedua.. eh ko sekarang si bayinya uda setengah taun ajaaa. Cepat sekali ya pemirsah.. :D

Alhamdulillah, 6 bulan ini lancar menyusui si gadis kedua. Smoga lancar terus sampe nanti siap disapih yaa.. inget ya neng, no gigit gigit kalo nanti uda bergigi!! Xp

Tiap yang liat bia, mau di foto atau penampakan asli pasti pada bilang 'gede yaa'.. yah begitulah, alhamdulillah .. nabung iniiih sbelum makin gede biasanya makin irit si bb naek. Sekarang doi uda 7,8 kilo (bener kaaan timbangan si posyandu pas bia 4 bulan harkooos.. belom 8 kilo kooo!!) Tapi dasar emak emak yaa.. pas usia 5 bulan doi dtimbang dan 'cuma' naek 6 ons dari berat 2 bulan sebelumnya langsung harap harap cemas..

"doook ini ko 2 bulan naiknya cuma 6 ons.. brati sebulan dia naek 3 ons doank"

  si dokter menjawab dengan lempeng "buu.. naek segitu aja anaknya gede beginih. Ga papa, normalnya usia sgini 2 kali berat lahir. Udah kan?"

"Hehe..lebih dok" :p

Baiklah.. bersyukur..bersyukuuurr gun!!

Berbadan besar gini sempet bikin sedikit galau. Perkembangan motoriknya aga lambat. Karna anak kedua jadinya kan ada pembanding dulu pengalaman kakanya ya. Bukan maksud hati mbandingkan, tapi biasanya saya jadiin acuan harusnya usia sgini uda bisa apa aja sih.

Nah pas bia 4 bulan, uda bisa tengkurep tapi jaraaang banget. Sigana mah berat ku bujur. Padahal tetehnya usia segitu uda mulai rajin gulang-guling. Ooh kan tiap anak beda beda yaa. Ditungguinlah ama si ibu sambil rajin dilatih, dipersering tummy time nya, dikurangin duduk di bouncernya.

Masuk 5 bulan masih malesmalesan aja doi. Ibu mulai curhat ke abi terus berniat konsul ke entah siapa yang punya anak berbadan gede jg. Gayung bersambut, ujugujug whatsappan ama temen yg ternyata anak pertamanya nduuut jg. Terus katanya anak dia malah baru bisa tengkurep pas 5,5 bulan. Tapi normal ko pada akhirnya. Setiap tahapan tumbang anak terlewati. Baiklaaaah ibu pun bernafas lega.

Bodornya, besoknya tuh ya si anak tetiba rajin tengkurep dan bahkan uda bisa ngbalik telentang lagi haha. Dua hari kemudian uda jago aja gulang guling di kasur seakanakan mau bilang "kalem bu, eike uda bisa ko, ga mau pamer aja" hihihi.

Jadi yah buibuuu.. bener deh tiap anak tuh emang unik ya. Punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Ga usah galau liat anak orang lebih oke yaa *note to self* :p

Kembali ke bia si bayi 6 bulan. Doi mulai makan juga.. resmi mpasi sekarang hihi. Blwan lagi insyaallah karena tampaknya dia enjoy. Uda bisa ambil, pegang, jilat, gigit, lepeh sekarang.. alhamdulillah. Tapi dua hari kemaren sempet libur makan soale demam.. nemplok teyuuuus :D

Sehat sehat ya anakku.. ga usah sakit lagi. Sing pinter sing bageur.. cup muah :*

7.12.13

Laporan kegiatan pra-mpasi sabia

Nama kegiatan : pra-MPAsi sabia

Waktu dan tempat : waru, sabtu 7 desember 2013, pukul 09.25.

Menu mpasi : labu siam rebus. Kenapa? Karena labu siam rasanya manis cenderung hambar, ga terlalu mengagetkan gituuuh. Plusnya.. empuk jadi mudah digigit dan ga terlalu lembek juga jadi ga mudah hancur ketika dipegang.

Latar belakang :
Makanan pendamping asi a.k.a mpasi diberikan setelah bayi menginjak usia 6 bulan, setelah sebelumnya hanya minum asi saja. 

Kegiatan ini disebut pra-mpasi karena sang pelaku yang bernama sabia izzatunnisa belum genap 6 bulan. Masih 3 hari lagi menuju tanggal 10. Dipercepat karena sang abi ingin ikut menyaksikan momen pertama anaknya berkenalan dengan makanan (Kalo weekday kan kerja). Ibu yang baik hati pun akhirnya setuju :D

Metode mpasi yang dipilih adalah metode baby led weaning (blw). Karena kami sudah merasakan banyak manfaat dari metode ini setelah diterapkan pada sang teteh. Semua makanan dia suka dan usia 2 tahun sudah rapih makan sendiri.. alhamdulillah.

Meski kata iklan 'buat anak ko coba-coba' kalo kata kami 'kalo ga dicoba kan ga akan tau'. Jadi metode blw ini pun kami coba berikan pada sang adik. Kalau cocok, alhamdulillah..lanjutkan!! *bukan kampanye*. Kalo ngga, yaah kami tentukan kemudian. :D

Laporan kegiatan :
- pertama kali si labu disuguhkan hanya ditatap dengan cengo.. sampai sampai air liur pun ikut menetes.. baseuh deh.

- akhirnya si labu dicoba disodorkan ke tangannya.. cuma disentuh sedikit, pegang bentar, dilepas lagi.. euuuuu.

-karena si ibu ga sabaran (jangan dicontoh!!) Akhirnya si labu disodorin ke mulut bayi. Dilamotan daaan.. digigit!! Bayi terlihat hepi. Labu dijauhkan.. dia pun menangis. Euuu.. kegagalan no 1 (kalo blw biarkan anak yg ambil dan nyuap sendiri.. ini mengurangi resiko tersedak juga) maafkan ibu, nak!!

-karena labu siam ini termasuk salah satu sayur favorit si teteh, maka ibu pun merebus untuk dua porsi. Satu teteh, satu ade. Tapi eh tapi ko ya jatah teteh habis dalam sekejap saja. Liat punya adenya masi ada.. doi kabita. Minta de.. mintaaa -_-'

- akhirnya sebagian jatah ade diabisin teteh.. setelah abis mulai ikutan rempong ngajarin ade megang labu siam.

- akhirnya si ade mulai tertarik buat nyomot labu.. tapi masi kesulitan dan karena ga dapetdapet ahirnya doi bosen dan jamedud menuju mewek heuheu..

- kegiatan pun diakhiri dan labu sisa ade diabisin teteh (lagi!) Alhamdulillah ga mubazir hihihi
Sekian dan terimakasih. 

Smangat ade.. nanti kita latihan lagi!! :D

3.12.13

Miracle in cell no.7

Beberapa waktu lalu, ade saya tiba-tiba ngbbm

"Mbuu.. harus nonton film korea sekali tamat 'miracle in cell no.7'. Rameeeee bgt. Aku sesenggukan ga beresberes ampe filmnya udahan.. komo mbu nya? Heuheuu"

Iih u know me so well banget sik ngok hihi... tau aja lanceukna cengeng.. eh mudah terharu denk :p
Terus bakat ku panasaran, bilang lah saya ke pa suami soal si film. Si doi yang tampang preman tapi film korea mah doyan langsung berniat buat nyari dvdnya. Nanya lah ke temennya yang doyan korea juga... dan gayung bersambut, ada! Horee..

Dan kemarin dikasi rejeki sama Allah, anak-anak uda tidur dari bada adzan isya. Suami pulang kerja liat duo gadis uda bobo langsung nyengir sambil nunjukin dvd yang dia bawa.. yayyyy 'our time' .. nongton bioskop.. bioskop rumah hihi.

Hujan di luar, beres makan malam, minum teh, kami nonton berdua. Saya mah sambil ngulenin adonan kukis juga buat thifa *teteuuup ya booo.. multitasking selagi bisa hihi*

Filmnya bercerita tentang perjuangan seorang ayah yang memiliki keterbelakangan mental dan ingin ngebeliin tas sailormoon untuk anaknya yang berujung pada kecelakaan hingga sang ayah masuk penjara.

Sedih?? Pisuuuun
Mewek?? Ooh tentu saja, cengeng is my middle name.
*kalem bi.. ga akan bilang abi juga balilihan da.. ehhh ini mah kepencet nulisnya.. ga sengaja xp*

Tapiiii yah.. nasib emak emak... pas lagi klimaks klimaksnya tuh.. udah mulai sesenggukan parah dan nyingsring-nyingsring, tibatibaaaa... ada yang nangis ngagoak dari dalem kamar, mau nen. Hahhaha.. flow langsung turun pemirsah. Saya ngenenan dulu deh sambil usap usap air mata :p *nuhun abi.. sudah turut bersimpati dengan me-mause dulu si film hihi*

Meski kepotong sebentar, pas dilanjutin.. teuteup aja mewek lagi dooonk!! Haha
A must watch movie deh pokonya.. sangat menyentuh.. dan bikin pingin nyentil orangorang yang menyalahgunakan kekuasaan.
Dan betapa orang tua tuh rela ngorbanin apa aja yaa untuk anaknya.. apa aja.
Iih jadi ingin nangis lagi kan.. :')

Ya buat yang lagi nyari film rame buat ditonton.. boleh nih si 'miracle in cell no.7' ini buat jadi pilihan. Anak kecilnya lucuuu.. hihi selalu suka deh film yang ada anak kecilnya.
Oh jangan lupa.. sedia tisu sebelum air mata berurai yaa xD

2.12.13

Pempek perjuangan

Nama : anggun | hobi baru : masak.

Hihihiiii.. gaya bener yaa :p tapi emang bener lagi senengsenengnya berkreasi di dapur. Meski hasilnya.. yaaa kadang menggembirakan, ludes seketika .. kadang juga harus dihabiskan dengan terpaksa, daripada mubazir hehehe :D

Awal 'serius' terjun ke dapur pas jaman sudah bersuami dan tinggal di rantau. Tapi waktu itu belom cinta-cinta banget *ama dunia memasaknya.. kalau ama suaminya mah udah hahaha*

Makin seneng papasakan setelah thifa mulai mpasi. Iiih ternyata lebih seru ngasi makan anak kecil daripada anak gede yaa xp Apalagi pas doi uda setaun dan uda mulai bisa makan makanan keluarga. Tiap hari mikir 'masak apa yaa hari ini'.

Jadilah saya rajin googling resep masakan. Paling seneng kalo nemu resep yang mudah tapi makanannya seru. Seneng juga kalo di sosmed nemu orang yang suka bagibagi resep. Terinspirasi dari sana jadilah ikutikutan. Kalau uda beres masak, dipotoin, terus ditulis resepnya, upload ke sosmed. Dan ternyataaaa... terhepi deh kalo ada yang nyoba resepnya terus doyan. Alhamdulillah meski nongkrong di rumah masih bisa ngasih manfaat buat orang :D

Suatu hari.. saya dibeliin chopper ama pa suami biar bisa giling daging sendiri. Awalnya karena doi baca artikel tentang kurang baiknya mengonsumsi nugget hasil pabrik. *maksudnya istrinya disuruh bikin sendiri aja gituuuuh*. Saya sih seneng-seneng aja, kan jadi ada alesan buat beli chopper yaa hihihi xp

Euforia chopper baru tea, jadilah sagalaaa digiling. Alhamdulillah uda sakseus bikin beef burger steak, nugget tempe, bakso, dan terakhir pempek.

Iyaa.. pempeeek!!! Masih jauh sih miripnya ama yang asli palembang tapi lebih enak daripada yang dijual ama mamang yang suka nangkring depan sekolahan hahaha.. bahagia!!

Maksud hati nulis di sini teh mau nulis resep pempek da tapi pengantarnya panjang benerrr ini haha. Pingin bikin blog baru khusus posting hasil masakan tapi engke deuiiii.. rariweuh hihi.

Saya namain pempeknya, pempek perjuangan. Kenapa? Susahkah bikinnya, cari bahan-bahannya? Nggaaaa.. bikinnya relatif mudah, bahanbahannya juga di pasar atau supermarket insyaallah ada semua.

Tapi kemaren bikin si pempek ini saya ngabisin waktu hampir 5 jam dari mulai dari nyincang ikan sampai prung bisa dimakan *pukpuk suami kelaperan xp*.. kaselang ku nyusuan, ngelonan, nemenin yang anjang-anjangan dan kegiatan peremakemakan lainnya. 

Tapi alhamdulillah.. liat suami doyan, lelah terbayar lunas :D

Berikut bahan-bahan untuk membuat pempek.
1. 250 gram ikan tenggiri (bisa juga pake ikan gabus)
2. 4 sdm tepung sagu
3. 150 ml air dingin
4. Garam secukupnya, kirakira sendiri aja.
5. Penyedap rasa (kalau suka.. saya karna ga pernah nyetok ini di rumah jadi kemaren ga pake)
6. 1 telur dikocok untuk isian pempek kapal selam

Bahan kuah :
1. 2 gelas air
2. 1 sdm asam jawa
3. 3 gundu kecil gula merah
4. 1 bawang putih
5. 2 sdm ebi kering
6. 4 cabe rawit
7. Garam secukupnya

Cara pembuatan :
1. Giling ikan
2. Aduk rata ikan dengan garam dan air dingin (airnya sdikit dulu aja.. kalo dirasa kurang baru ditambahin) tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga kalis.. (hati hati tepung sagunya kebanyakan yaa.. tar rasa ikannya ketutup)
3. Mulai cetak adonan .. untuk membentuk adonan biar mudah taburi dulu tangan dengan tepung sagu. Bentuknya bisa bulet macam baso. Bisa memanjang judulnya pempek lenjeran. Kalau mau bikin kapal selam, ambil 2 sdm adonan, buat bulatan di tangan, tekan tengahnya dengan jempol, kaya mau bikin mangkok. Lebih oke bikin mangkok yang dalam daripada lebar, biar lebih mudah menutupnya. Isi 'mangkok' tadi dengan telur kocok, rapatkan pinggiran mangkok.
4. Rebus adonan pempek dalam air mendidih. Setelah mengambang, angkat. Kalau kapal selam aga lama aja direbusnya, memastikan telur di dalamnya matang.
5. Udah deh pempek siap digoreng :D

Cara membuat kuah :
1. Rebus air bersama asam jawa dan gula merah.
2. Haluskan bawang putih, ebi, dan cabe rawit (saya cabe diulek terpisah, dimasukin trakhir setelah nyisihin dulu sebagian kuah buat si bocah)
3. Masukkan bumbu halus, tambah garam, masak sampai air mendidih.

Pempek siap disajikan bisa dilengkapi mie + irisan timun.

Aaahhh mimpi apa ini bisa bikin pempek sendiriiii hihihi.. alhamdulillah.
Dan mari teruskan berkarya... masak apalagi kitaaaa??? *menatap neng chopper* :D