26.12.14

tahun keempat


the hardest year but we passed it ... alhamdulillah

semakin menyadari bahwa menikah itu bukan cuma tentang tinggal bersama, tak hanya tentang pacaran halal saja...

tapi juga tentang angsuran rumah, tagihan listrik, sampai cicilan tupperware yang harus dibayar.. #ehhh xp

menikah itu ternyata tentang merubah prioritas dan menahan egoisme diri.

Ga ikut lomba badminton demi bisa gantian ama istri jaga anak.
Ga ikut kumpul genggong biar bisa ngunjungin mertua.

Siap siaga mengasuh dua bocil sendirian, nyuapin, nyebokin.. dan membiarkan sang istri ber me-time ria ke salon, potong rambut dan krimbat.

Mengikhlaskan hati ngelonin dua anak tidur, sendirian, padahal badan uda remuk redam dan membiarkan si dia futsal, karna tau.. itu penyegaran setelah penat dengan setumpuk kerjaan.

Menikah itu tentang berpura pura.

pura pura ga cape pulang kerja, langsung siap jaga ngasuh bocah.
pura pura ga lelah seharian di rumah, nyambut suami pake senyum dan berusaha cerah ceria.
pura pura ga bete saat si dia ngelembur.. ya kek mana duitnya buat kita juga xp
pura pura ga kesel saat si dia malah sibuk sama gadgetnya.. ah pasti itu untuk hiburan setelah penat seharian.
pura pura masakan yang dibikin istri enak, padahal keasinan.
berpura pura karena tak mau menyakiti.

dan menikah itu ternyata tentang menerima kekurangan dan memaafkan kesalahan.

Tetap mencinta meski ada yang tidurna bari calangap dan suara kentutnya membahana.

Bersabar dengan kebiasaan pasangan yang agak "unik" .. seperti ritual mandi yang lamaaa nian sampe kalo ditungguan bisa ketiduran x))))

Bersabar menghadapi pasangan yang kalo lagi bete, judesnya ngalahin meriam bellina.

Bersabar saat pasangan khilaf, karena dia juga manusia.. bukan Sang Maha Sempurna. 

dan ternyata menikah..
bukan tentang siapa yang paling banyak berkorban, tapi tentang saling memberi untuk saling membahagiakan.

pernah ada yang bilang
anak kesayangan iblis itu bertugas menghancurkan ikatan pernikahan. maka sebenar benar juara adalah pasangan suami istri yang bisa bahagia bersama sehidup dan sesurga.

semoga kita bisa jadi juara ya bi :)

selamat datang tahun kelima ..
bismillah..

17.12.14

bebi

beberapa bulan yang lalu, setiap wiken kami hobi sekali mampir ke toko sepeda.. mampir doank, beli kaga hahaha x)))

tiap ke sana, liat liat, pegang pegang, tanya tanya, patataptatap lalu pulang hihihi...

jadi ceritanya paksu kepingin punya quality time bareng anakanak sambil berolahraga.. macem sepedahan keliling komplek bonceng si anak anak kicik gitu deh.

nah tapi.. dasar seleranya .. euu... unik??? sepedahnya pun ga mau yg biasa (ceilaah.. emang yg ga biasa itu yang gimanaaa?) .. sepeda kecengan pun awis nian, belom ditambah boncengan anak yang ternyata ga murah juga. Jadilah maju mundur mulu rencana beli sepeda ini.

sampai akhirnya suatu hari beliau berkata "beli sepeda mahal mahal, yang dibonceng cuma satu, mending becak sekalian yaa, keangkut semua"

saya sih iya iya aja deh dengernya.

eh ternyata pikirannya ini ga dibagi ama saya doank, tapi ama bapak penggowes becak yang suka nongkrong di komplek juga.

ceuk cenah mah kan kalo jodoh ga kemana .. suatu hari sang bapak berkata "mas.. ada yang jual becak tuh, masi bagus, murah, cuma 700, ayo saya anterin ke sana buat liat"

sang bapak semangat 45 nyuruh beli.. pas di waktu janjian pak su bilang tar aja lagi soalnya kakinya baru keseleo abis futsal, susah jalan, ga bisa naek motor .. dia dgn semangatnya bilang "saya jemput mas, pake becak saya.. ini sayang ini keburu dibeli orang" x)))

liat si bapak semangat, jadi ikutan semangat hahaha. anakanakan liat abinya dijemput becak, mau ikut laaah. Jadilah kami berempat ahirnya bertemu dengan bapak (yang lain) sang penjual becak... lalu

"gimana bu?"

"teu langkung abi weh" (eiiissh istri solehah.. hihi.. aamiin) xp

dan akhirnya.. bismillah.. deal!

anak anak lalu takjub ada becak parkir di teras rumah hahaha..

"ini becak ipa?"

"becak semua!"

"waaa.. becak semuaaa"

3 minggu selanjutnya diwarnai dengan agenda ngampelas becak tiap pagi sebelum abi ngantor, beli cat ke toko besi, browsing toko online yg jual kaen lucu (eaaa.. beli kaen aja online.. pangedulan xp) lalu ngecat becak bersama sama dan diakhiri cari tukang jait sol sepatu yang kata bapak becak yang suka nongkrong di komplek bisa bantu jait tudung becak... seru!!

nenek nyaranin pake speaker segala becaknya tar muterin lagu anak anak.. terus dihias hias katanya .. tapi ga mauuuu.. tar kaya odong odong hahaha x)))

dan akhirnya hari yang dinanti tiba.. perdana kita naek becak sama samaaa.. dengan tujuan pertama : pasar di lapang komplek hihihi..

kirain sang penggowes ga akan kuat (heuheu... diragukan kemampuannya) tapi ternyata lancar. meski sempet pas ada tanjakan sambil belok para penumpang turun dulu xp

sampai saat ini selain keliling komplek, sang becak uda dipake ke indomaret, sarapan ke labbaik, ama ke tk tempat nongkrong kalo sore.. ke giant aja yang belum soalnya masi bingung parkir dimana hahaha xp

alhamdulillah anak anak seneng.. apalagi yang dicari selain ini toh?

kami (eh ibu) namain becaknya bebi.. papanjangna bebas..bisa becak biru atau becak bintang.. suka suka xp

semoga awet.. semoga berkah.. semoga bermanfaat 
aamiin

jalan jalan perdana
mamang becak ikut eksis
wefie xp
becak nganterin ipa ke indomaret
belanja perdana pake uang hasil nabung di celengan

29.10.14

dear athifa

assalamualaikum teteh .. :)

alhamdulillah ketemu lagi ama tanggal 29 oktober, uda 3 taun teteh hari ini.

3 tahun juga ibu jadi ibu .. dan setiap tahunnya kalo kilas balik selalu merasa bersyukur sekali diberi kesempatan ini.
kesempatan untuk menjadi ibunya teteh :)

teteh..
makasih yaah.. sudah menempatkan diri dengan sangat luar biasa dengan sebutan ini. Bahkan kata pertama yang ade bisa ucapin aja "ceceh".. she adores you :') 

Makasih udah mau berbagi dengan ade ya teh.. ibu tau sulit sekali, tapi melihat teteh yang mau belajar .. ibu bersyukur sekali..Alhamdulillah.. Alloh memudahkan.

ibu sempat sedikit galau waktu tau hamil lagi di saat teteh bahkan belum satu tahun. Merasa bersalah sekali sama teteh. Khawatir teteh nanti merasa disingkirkan, takut teteh nanti merasa cemburu dan perasaan perasaan aneh lainnya. Sampai akhirnya waktu liat teteh pertama kali ketemu ade, dan semuanya berlangsung manis.. ibu pun mulai merasa optimis. kita pasti bisa melalui ini semua dengan baik.

alhamdulillah begitulah adanya. kalau ada yang nanya "thifa cemburu ga sama adiknya?" ibu spontan jawab "ga.. baik banget malah" .. ibu jujur, nak. Bahkan ibu ngerasa ada porsi cemburu itu baru sekarang, saat ade sudah hampir 1,5 taun dan sedang banyak kepintaran baru yang mencuri perhatian, suka bikin ibu abi ketawatawa. Tanpa sadar kayanya teteh jadi sedikit terabaikan saat itu. Maaf ya nak. Tapi cemburu ini pun hanya tersirat saja. Kami menyadarinya saat teteh sering berusaha melakukan hal yang sama dengan ade. Dan saat teteh bertanya tanya ketika kami gendong atau pangku.. "ko ipa digendong sih, kan uda gede" tapi sambil nyengir senang.. aah nak, kamu memang seorang kakak, tapi tetaplah batita. Maafin ibu abi sering lupa akan hal ini ya.

Makasih ya teh.. untuk semuanya.. untuk pengertiannya .. untuk kelapangan dadanya.. :)

Makasih .. uda mau sabar nunggu giliran dibikinin susu waktu ade lagi nen ke ibu

Makasih untuk setiap "assalamualaikum" dan ajakan baca doa setiap teteh melihat ade kebangun dari tidur dan ibu lagi sibuk di dapur :)

Makasih .. cepat belajar bahwa kalo mau ambil barang yang ade pegang itu harus dituker bukan direbut, meski kadang barang tukerannya kurang menarik, jadilah adenya geleng geleng kepala dan teteh merengek putus asa .. ibu turun tangan juga hahaha.

Makasih ya sayang.. atas nasihat - nasihat manisnya untuk ade .. "sabar ya de, ibu lagi solat" .. "ade ko nangis gitu sih.. jelek, itu jelek!" .. "ade nontonnya jangan deket-deket.. matanya nanti rusak" .. "ade makan nih.. dikit aja.. aa..aa!" "ade nennya bentar aja yaa.. ibunya mau main ama teteh" hahaha

sering kali teteh lah yang memberi ibu kekuatan, saat lelah mengurus dua anak hampir menemui batasnya.

Teteh ..

Alhamdulillah sekarang teteh yang pemalu, yang biasanya ngumpet di belakang badan ibu kalo ketemu orang baru, perlahan berubah. Sekarang sudah mau membalas sapaan para tetangga. Sudah berani menjawab kalo ada orang yang bertanya. Dan di tk dekat rumah, tempat kita main kalo sore hari, sudah berani main bareng bareng teman yang lain tanpa narik-narik baju ibu minta ditemenin :D

Perlahan tapi pasti ya teh insyaAlloh :)

Oh soal TK ini.. ibu pernah merasa bersalaaah sekali sama teteh. sempet membuat teteh trauma untuk main perosotan. Awalnya sekitar setaun yang lalu waktu kita masih jadi warga baru dan mulai mengagendakan main di tk sebagai kegiatan sore hari, teteh pernah mau naik perosotan tapi ketika itu perosotannya lagi rusak. Ibu spontan bilang "naik yang lain aja teh, perosotannya rusak.. tuh ada bolongnya" .. teteh kayanya kaget. Dan semenjak itu.. "ga mauuu" tiap ditanya mau main perosotan atau ga :(. Ga cuma di tk dekat rumah, di tempat lain pun sama. Ibu sedih sekali. Terlebih seminggu setelah kejadian itu, perosotannya dibenerin dan jadi mainan favorit anak anak yang lain. Seringkali teteh sendirian, menatap saat yang lain tertawa riang antri meluncur di perosotan. Beberapa kali ibu ajak, ibu bilang perosotannya uda ga rusak lagi, ibu temenin dan pegangin tapi teteh menolak. Kadang saat di tk sepi ibu pergunakan buat ngajak teteh main, mungkin kalau rame udah mah teteh takut, teteh juga malu. Sukses.. teteh bisa naek dua anak tangga.. lalu turun lagi hihihi. Tapi segitu juga ibu uda merasa teteh sangat berusaha.

Tapi rupanya ade lah jalan untuk menyembuhkan trauma ini teh. Teteh kayanya termotivasi melihat ade yang jalannya aja baru lancar tapi uda berani naik tangga perosotan lalu meluncur dengan manisnya (tanpa mau dipegang x_x) ..

akhirnya naik tangga mulai nambah sampai tangga keempat ..

sampai suatu hari belum lama ini, akhirnya anak tangga terakhir dinaiki.. duduk manis teteh siap meluncur, tapi harus dipegangin sama ibu. here we go.. sruuut.. teteh ketawa, ibu pun bahagia :D alhamdulillah .. setelah setahun.. akhirnya :')

setelah itu beberapa kali dipegangin.. lalu ibu bilang ibu jagain aja ya ga usah dipegang.. dan teteh bisaa!!  akhirnya sahabatan lagi deh teteh ama perosotan.. lalu semakin susah diajak pulang hahahaha..

kalo uda kesel, ko susah amat, ibu suka inget-inget sedihnya waktu teteh ga mau naik perosotan.. akhirnya disabar2in lagi dan cari akal hehe.. alhamdulillah teteh mah penurut, sekali aja ngeyelnya dan pulang sambil nangis (karna masi mau main tapi bentar lagi magrib jadi ibu keukeuh pulang), sampai akhirnya saat teteh belum bisa move on juga, abi ajak teteh malem malem ke tk, merosot sekali udah gitu minta pulang, teteh pun akhirnya ngerti maen perosotan gelapgelapan ga enak ya nak? alhamdulillah setelah itu kita bikin perjanjian boleh main di tk, tapi nurut kalo hari uda semakin sore sebentar lagi gelap, uda waktunya pulang.. harus mau pulang. Teteh baik.. teteh solehah.. alhamdulillah ga pernah susah lagi kalo diajak pulang. kadang ada penawaran aja.. "sekali lagi ibu.. boleh?" ditanya manis gitu mana bisa ibu nolak nak :D

teteh..

alhamdulillah teteh dikasih memori yang kuat oleh Alloh. Banyak sekali kejadian kejadian yang sudah lama terlewati tapi teteh masih ingat dengan jelas. seperti waktu teteh lagi main masak2an dan nawarin ibu kopi, ibu heran ko tumben2an menunya kopi. "emang teteh pernah minum kopi?" .. "pernah ibu.. waktu di pantai. masi panas jadi tunggu dulu".. ibu pun mengerutkan kening, baru lah keingetan momen di pinggir pantai di lombok sana waktu ada yang salah denger, pesen mie dikasih kopi (jauh amat hahaha). jadilah kita minum kopi dan teteh icip sedikit. iiih kamuuu.. inget aja deh nak :D

Alhamdulillah karena ini juga teteh diberi kemudahan untuk menghafal. Sudah banyak doa dan surat pendek yang teteh bisa yaa.. alhamdulillah. semoga kita semua tetep semangat nak .. sungguh ibu pun jadi termotivasi buat rajin ngafalin.. apalagi pas keduluan teteh hafal doa buka puasa.. dzahabzh zoma'u wabtalatil uruuqu wa tsabatal ajru insyaa alloh.. hihi seneng denger logat teteh melafalkan doanya.. mirip sama yg di aplikasi kids dua :D tapi bener deh ibu malu tiap mau buka puasa masi noong contekan (entah kenapa susah amat ga hafal2.. iya teh ibu baru tau doa buka puasa yg shahih yg ini) .. sedangkan teteh denger beberapa kali aja langsung lancar jaya. Alhamdulillah sekarang mah udah hafal.. maenya teuing ramadhanna udah kemana teu hafal hafal mah hehe. ayo sekarang kita ngafalin yang lain yaa.. :)

ibu semangat nak.. karena tiap kali denger teteh yang tiba tiba melantunkan ayat suci atau doa saat lagi main beneran menyejukkan hati.

teteh yang pandai meniru.. terima kasih sudah mengingatkan abi dan ibu untuk selalu menjaga tingkah laku. untuk membiasakan diri dengan sunnah rasul.

Sungguh melihat teteh yang sebelum memulai mewarnai mengucap bismillah terlebih dahulu adalah hal yang sangat membuat hati terharu.

Apalagi mendengar teteh mengucap insyaAlloh saat berjanji tentang hal yang akan kita lakukan nanti.. mengucap allohuakbar saat di perjalanan menemui jalan menanjak dan subhanallah saat turunnya, selalu berusaha duduk saat makan dan minum, bilang "alhamdulillah..makasih Alloh" kalo dapet makanan enak, dan tiap mau masuk kamar mandi bertanya "ini kaki kiri bu?".

Tak ada yang lebih membuat ibu dan abi bangga selain itu semua.. saat teteh menjalankan sunnahnya dalam kehidupan sehari hari. Kelak saat sudah semakin mengerti, cintai Rasul nak.. dia lah suri tauladan terbaik.

Ibu dan abi jauh dari sempurna teh.. sering lasutnya. maaf kadang suka kebingungan mencari jawaban untuk setiap pertanyaan "kenapa" beruntunnya teteh, sering hilang sabar saat lelah sedang menghampiri diri, suka rungsing sendiri kalau teteh yang lagi toilet training telat bilang "mau pipis" dan sudah bikin kolam ompol di lantai, beberapa kali pula tak bisa menahan diri untuk tidak membentak saat teteh sedang kebingungan menata emosi dan keinginan.

Maaf atas segala khilaf ya nak.. maaf atas segala keterbatasan..

terima kasih 3 taun ini sudah membuat ibu dan abi banyak belajar, banyak bersyukur.. dan kadangkala banyak istigfar hehehe xp

semoga teteh selalu menjadi anak solehah, baik hatinya, cerdas akalnya .. semoga usia teteh penuh berkah .. semoga teteh selalu dijauhkan dari kezaliman , dikelilingi orang orang baik, semoga sehat terus , dimudahkan dalam segala hal.. dan semoga kelak bersuamikan seorang yang soleh ya nak.. :)

Ibu abi sayang sekali sama teteh .. meski mungkin nanti ada waktunya tak selalu di samping teteh, ingatlah ada Alloh sebaik baik penjaga :)

alhamdulillah kita berjodoh di dunia, semoga pun kelak di akhirat sana :)

we love you, athifa muttaqiya :*

8.10.14

say it with flowers

hampir 11 tahun kenal ama suami, dikasih bunga bisa dihitung sama jari.. jari tangan lagi, ga pake kaki, itu pun cuma sebelah hehehe.

doi bukan orang yang romantis, saya pun ga terlalu doyan diromantisin (ngakunya.. padahal tiap adegan dia ngasih bunga saya cukup inget detilnya, berarti suka kan yaa hehe ... kumaha siiih ongkoh ga doyan.. dasar wanitah!!)

pertama kali dikasi bunga jaman dia pedekate. waktu itu kami kuliah tingkat 1. Di suatu malam minggu, saya sama temen temen ng-danus buat acara wisudaan himpunan. Ceritanya jualan bunga di seputaran dago. awalnya males sih buat ikutan, udah mah malem, rumah di ujung dunia belok kanan pula, alhamdulillah ada temen yg berbaik hati mau nganterin pulang katanya.. jadi ikutlah si saya jualan. Si doi yg tau saya mau berkegiatan malem itu lgsg nawarin ama dia aja dianterin pulangnya .. ya eyke lebih milih sama dia laaah hahaha (mulai bogoh ceritanya) xp katanya dia nunggu d rmh temennya tar kabari  aja posisi kalo uda selesai. Tapi di tgh2 jualan, tiba tiba dia sms nanya saya dimana. saya bilang di tambud, eh disusulin kesana.. pake motor, jaket himpunan (asana mah), sambil nyengir dia ngasi setangkai mawar merah.... hihi geliii xp .. tapi dodol ga siiiih, wong saya lagi jualan bunga malah dikasih bunga, kalo mau lebih getek tapi so sweet mah padahal beli aja ke saya yaaah.. jadi kan jualanna cepet abis hahaha x))))

bunga selanjutnya dikasih pas kami monthversary-an.. entah yg keberapa. iih ajegile kita abg banget ga siiih?? ngasi kado di tanggal jadian hihihi

waktu itu dia dateng ke rumah dan nyodorin mawar sepohonpohonnya hahaha.. iyes pake pot, mawarnya uda ada yg mekar sebiji. manis ya? hihi.. aku suka. Tapi dasar ga telaten, pohonnya tak terawat dan berujung kering kerontang. untung cinta kami mah tetep tumbuh subur ..bZzzzt xp

setelah itu lamaaa ga ada bungabungaan, sampai akhirnya nikah.. masih teuteuup ga ada bunga.. eh ada ketang bunga bank xp

sampai suatu hari ketika hamil kedua, saya lagi tertarik ama gentlebirth2an.. dan waktu itu galenia ngadain seminarnya , pas saya ada rencana ke bandung pula. Jadilah daftar buat ikutan. waktu itu dalam rangka hari ibu juga. Di tengah tengah seminar tiba tiba ada anak kicik rungsing, ahirnya kami sepakat mau udahan aja keluar. Eh lalu ada panitia yg ngajakin para bapak buat ambil konsumsi katanya.. karna kayanya si anak inih laper juga, saya blg ya udah bi ambil dulu aja. Tapi kok yaa yg ambil konsumsi lama amaaaaaat. Ampe si seminarnya mau udahan aja lah. Si anak uda dibebenjokeun dengan segala cara.. nen, mainan, liat ikan.. doi belom dateng juga.

lalu Tiba tiba semua peserta ibuibu diajak ke taman belakang, dan di lantai atas nangkring lah para bapak pake kaos bertuliskan "cinta kami untukmu bunda" (kalo ga salah :p) sambil bawa balon dan setangkai bunga... aiiiih lucu amat. Mereka pun turun dan ngasih bawaannya ke istri masing masing (ya masa istri orang). Di balonnya ada kartu ucapannya gitu, oonnya ga sempet saya foto buat kenangkenangan, lupa juga dia nulis apa, pokonya ada kata2.. banyak anak nya aja, bo waktu itu anak keduanya aja belon lahir.. visioner amat heuheu. Terus saya tanya

"kamu pasti getek ya disuruh beginian?"

dia ketawa "hahaha.. iyaa.. tadi bingung mau nulis apa"

lalu sang balon pun diterbangkan. jadi asa upacara penerimaan siswa baru :p

abis adegan itu.. ga ada bunga bungaan lagi sampai akhirnya beberapa bulan lalu, setelah ada sedikit badai... ada yang berusaha menjadi manis hihi.

pulang kerja doi bawa bunga dan chocolate cheesecake masing-masing tiga biji!! tentu saja untuk tiga cewek di rumah ...

kami dikasih hiji ewang .. dan semuanya... lebih tertarik ama cheesecakenyaa!! hahahaha.. eh si bocah yang kecil suka denk ama bunganya ampe dijilatin :p

saya bilang "ko tumben?" .. dia nyengir "tadi lewat rumah coklat ya udah beli.. terus asa kagok sekalian aja ama bunga" katanya

bunganya ditaro di ember (ga punya vas hehehe) dan dikasi air. Besoknya ditinggal mudik ke bandung.. lupa ga diamankan dulu. Lalu berujung dibuang ama mbak -__-"

maaf ya abii.. tapi insyaalloh kenangannya membekas di hati kami. Kalaupun nanti ternyata anak anak ga inget, semoga kelak mereka baca tulisan ini dan jadi tau.. bahwa lelaki manis pertama yang ngasi mereka coklat dan bunga adalah abinya. u must be their first love :)

2.10.14

mendadak lombok


dulu pernah nulis kan yaa.. ga tau seruan mana antara jalan jalan di batu atau maen pasir di lombok.. sekarang uda bisa jawab! sama serunyaaa... hahaha

Jadi ceritanya baru pulang mudik kan. Hari senin, tanggal 5 agustus. Siang-siang abi bilang, "ada dines ke lombok bu". Saya mau solat zuhur waktu itu, tiba tiba kepikiran.. semoga dinesnya kamis jumat kan bisa ngintil, terus wikenan di sana.

eeeeh beres solat, doi bilang, "rapatnya kamis jumat".. aaakkk. Terus tiba-tiba uda liat-liat harga tiket aja.. iih murce (dibanding biasanya.. ketauan uda beberapa kali browsing, tapi teu indit indit haha) .. terus eyke kan ge-er mau diajak gitu yaa jadinya.

Tapi karena satu dan lain hal, perginya ga bisa bareng. Ditawarin, "nyusul aja gimana?" .. euu euu.. demi lombok, aku relaaaa.. hahaha.

ini yang namanya kalo rejeki itu ga kemana yaa. Tiba tiba dines, intip tabungan masih ada, harga tiket terjangkau. alhamdulillah.. mantaiii kitaaaa.

pas hari H degdegan ajegile. Dulu terbang berdua aja ama bocahnya kan ga jadi ya. Eeeh sekarang malah bawa bocah dua biji xD

Dari beberapa hari sebelumnya uda sounding kita mau ke pantai, ampe googling gambar segala nih pantai tuh kaya gini nih.. mereka asik asik aja. H-1 pas ke pasar, ibu beliin masing masing 1 balon pesawat. ceritanya pengondisian, besok kita mau naek pesawat loooh, bertiga aja, yang anteng yaa. Eh taunya blunder.. pas liat balon, mbak ngomong gini "lah beli balon teh, ditinggal ke pantai, kempes itu" .. kirain anaknya ga nyimak, eh taunya pagi pagi hari H bangun tidur ngdadak bilang "ipa ga mau ke pantai ibuuu.. balonnya nanti kempes".. wekdooor! gimana ini mak!

akhirnya segala bujuk rayu dikeluarkan.. mulai dari mau ketemu abi, nanti maen pasir di pantai sampe nanti insyaalloh di lombok cari balon. hamdallah luluh juga.. meski ada sedikit tangisan hihihi.

Kami pergi jumat sore, pesawat jam 4. Naksi bertiga dari rumah, yang bikin degdegan juga karena bocah gede mulai nguap nguap. kekmana nanti eyke bawanya kalo doi bobo. Teruuus aja diajak ngobrol, biar melek. Alhamdulillah aman :D
oh iya koper uda dibawa duluan ama abi ke lombok. Jadi saya cuma bawa alat tempur, tas selempang isi barangbarang keperluan bocils selama perjalanan. Ini ngebantu banget nih, eyke ga pusing ama bagasi jadinya.

beberapa tips buat terbang bawa 2 toddler tanpa helper :
- jangan rempong dengan bawaan. Tiket, ktp, hp taruh di tempat yang mudah dijangkau. Kalo ternyata emang kondisinya ada bagasi, jangan sungkan untuk minta bantuan yaa.
- alat tempur anak2 di tas saya : baju ganti, minyak telon, tisu kering, tisu basah, diaper, hand sanitizer, kantong keresek, sabun, air minum, sisanya cemilaaaan (senjata anteng anakanak saya) :D oh iya hindari cemilan berkrim , riweuh makannya dan biasanya jadi rempong bersihin nodanya. Ga bawa mainan, sejam doaaank gitu terbangnya hehehe
- pastikan anak anak memakai baju yg nyaman ya
- jangan biarkan anak anak tidur selama di perjalanan ke bandara, kalo tidur sareupna gitu dibangunin pas nyampe kan suka cranky jadinya. ini untuk anak yang gede sih, kalo yg kecil kan tinggal gendong
- biarkan mereka main di terminal sambil nunggu boarding, biar cape, energi tersalurkan. Di pesawat bisa istirahat.
- sounding sounding sounding! ini mah wajib yaa dari sebelum pergi.. kemaren neng tipong jadinya beberapa kali ngomong sendiri di perjalanan ke bandara"ipa anteng tar di pesawat, kalo sakit telinganya, minum"

mmmm apalagi yaa.. sisanya sih banyak berdoa aja.. semoga dimudahkan.. anak anak anteng dan ga puppy, biar ga harus repot ke kamar mandi hihihi. lebih lengkapnya baca blognya bu riana dehhh yang pengalaman 36 jam terbang bersama dua bocah, uwow pokonya :D

Alhamdulillah perjalanan kemaren dua bocil anteng dari mulai naksi ampe mau boarding. Pas di pesawat, alhamdulillah duduk di sebelah ibu berkerudung berwajah ramah jadi ga kagok kalo mau nyusuin. Dan pas ada yg sedikit rungsing mengantuk pun ibunya mengerti.

setelah ngemil banyak, sok sokan baca majalah, ngobrol kaditukadieu, ga puguh dikit karena ngantuk, tengah perjalanan sampe mendarat, duaduanya tidur. Pas bingung pas mau turun, kekmana ini bawa dua bocah merem. kepaksa yang gede dibangunin biar jalan. alhamdulillah bageur, meski sempet merem melek, anaknya mau jalan sendiri. :D

karena liburannya sedikit dadakan, jadi persiapannya saayaaya. Karena waktunya terbatas juga akhirnya ga berencana ke banyak tempat. Bermodalkan hasil googling dan nanya ke temen yang tinggal di sana, kami pun berencana sabtu pagi maen di daerah lombok selatan.. kuta dan sekitarnya. Siang nyebrang ke gili trawangan. ampe minggu siang di sana. sore pulang. udah! :D .. kuliner, seketemunya aja.

urusan penginepan, abi yang nyari pas nyampe sana. Karena lagi peak season, agak susah nyarinya, di internet hampir semua full booked. Dan budget terbatas juga yaaa hehee.. jadi agak pulah pilih. Akhirnya setelah sedikit keliling, untuk malem sabtu kami dapet kamar di matahari inn. Hotelnya bagus sebetulnya, kolam renangnya asik, viewnya bagus, kamar luas. Sayangnya kurang terawat. Harganya murah, 350rebu aja semalem. Tapi pelayanan cukup oke. Kami dapet pinjeman motor juga, 60 ribu sehari.

Sabtu pagi, karena anakanak kan jam tidurnya masi wib, jadi bangun agak siang.. dadah deh ama sunrise. Begitu pada on, langsung ajak sarapan, lalu momotoran liat pantai.

Pemberhentian pertama di tanjung aan. Sepiii.. asik main pasir deh di sana. Ga banyak anjing juga (iya di lombok anjingnya pabalatak). tapi jalan ke sana agak jelek.. pake motor lumayan gigijlekan tapi masih asik asik aja sih. konon kata detiktravel, sunset di tj.aan bagus.. kami sih ga liat, maenya teuing sapoe jeput di dinya xp.

Ini pengalaman pertama duo gadis ke pantai. Masih agak takut main air. Tapi mereka seneng bangeeet main pasir. Dan karena ga punya peralatan maen pasir, ibu bekelnya mainan papasakan, panci dkk .. masak masakan deh kita (pake pasir xp).
Udah bosen.. lanjut jalan jalan mampir ke pantai seger, di sini sih cuma nongkrong makan pop mie hehe. lalu pulang ke hotel dan maen aer di kolam renang.

Liburan kali ini tuh yaa.. alhamdulillah dimudahkan sekaliii.. tadinya kan kami berencana mau rental mobil aja. eh tapi ada temen seangkatan pln abi yang mana adalah suami anak tetangga dekat kami di cimahi yg tinggal di lombok. terus didaulat buat pake mobilnya plus dikasi supir pula. alhamdulillah.. :)

Jadilah perjalanan ke pelabuhan bangsal buat nyebrang ke gili trawangan aman sentosa. bonusnya bisa kuliner.. tinggal minta arahan ke pak supir. akhirnya bisa icip sate rembiga yang disaranin yanda.. enyaaaaak, maranggi kalah ah kalo kata saya :D diajak nyicip sate tanjung (sate ikan tenggiri gitu) ama nasi balap puyung juga... hoho hepiii *pukpuk perut*

buat nyebrang k gili ada dua transportasi umum yg disediain. Yg pertama disebutnya publik, macem kapal nelayan gitu, dengan tempat duduk kaya angkot hehe.. bisa ngangkut sekitar 30 orang. Tiketnya 13ribu aja per orang. Anak kicik gratis. Lama perjalanan 30-45 menit. Naek ini rasanya aduhai.. emak mabok dah hahaha. 
Ombaknya kerasa sekalee sodara pemirsa. Anak anak sih tawa tiwi aja nyengir sambil bilang "naek perahuuu" xD fyuuh fyuuuh..

Dengan konsep bersakit sakit dahulu, bersenang senang kemudian, pas balik kami milih pake fast boat ajaaah xp 15 menit nyampe, tapi 75 rebu seorang hahaha.. memang ada harga ada rupa. Tapi kan jadi nyobain duaduanya yaa, ga penasaran :D

Oh iya dari 3 Gili kami milih ke trawangan, karena... yang kata orang paling bagus. hehe.. manut aja kami. Di Gili trawangan ini ada sedikit blunder heuuu.. kan pas pergi belom punya tempat nginep yaa. Nelpon sih ke beberapa tempat di sana, pinuh kabeh fyuuuh.. eh ada yang kosong tapi kriteria kamar ga sesuai yg kami pengenin. Nekat tar nyari dadakan aja. Budget agak digedein jadinya, toh di kuta dapet yang murah.

 Nyampe sono.. nongkrong manis makan es krim dulu hehe lalu nyewa cidomo (kaya delman gitu, salah dua alat transportasi di gili trawangan, satunya sepeda) buat nyari hotel. Alhamdulillah ketemu pak kusir yang mau bantu. Itu berapa kali naek turun deh nanya ada yg kosong apa ngga (abi, cewe2 sih nongkrong manis bersama kuda hehe).. dan hampir semuaaa.. penuuuh.. kemping aja gitu ini teeeeh. Kami sengaja ambil ke arah selatan gili, nyari yang sepi, akhirnya hampir di ujung .. ih nemu bungalow yang manis banget. langsung madep laut pula.. dan pantainya sepiii. Sayangnya penuh lagi -_-". Jalan ke sebelahnya.. adaaa!! alhamdulillah :) .. dapet juga dan sukaaaa ama tempatnya. 

Namanya casa bonita. pelayanan okeee bgt.. bungalownya nyaman, madep pantai, peralatan snorkling dan sepeda gratis (tapi ga ada boncengan anaknya, akhirnya dibantuin nyari rentalan yang ada.. tinggal duduk manis, tau di depan mata hehe), eh kami mah dpt bonus dikasih extra bed gratis pula. recommended deh pokonya.

Di gili trawangan acaranya bobo manis ajah xp. subuh-subuh bobogohan liat sunrise sambil ngadoa anakanak jangan bangun dulu xp, paginya keliling sepedaan (ampe gempor.. karena ada yang ga mau udahan hahaha), maen aer bentar.. terus pulang.  ih ko pulang?? ga ada snorkling, diving atau apaan gituuu??? ya mana bisyaaa, namanya juga liburan bawa bocah cilik hehe. nanti gedean dikit insya Alloh snorkling bareng yaaa anak anaaak (aamiinnn)

yah meski waktunya sebentar banget dan sebenernya ga banyak yang dikunjungin.. tapi seneeeng akhirnya bisa mampir lombok. Kan gaya kalo ditanya uda pernah liburan ke lombok belom? udah doooonk.. ga penting di sananya ngapain aja mah hahaha.

okee.. jadi pantai udah niiih, selanjutnya maen salju ya (insya Alloh)!! ... ga di eropa, korea boleh deh hihihi .. xD . semoga ada rejekinya Ya Alloh (aamiin).. tapi sebelumnya .. terima kasih, alhamdulillah .. untuk liburan dadakan nan menyenangkan ini. waktunya pas banget .. ya U always know the right time :') semoga bisa menjadi hamba yang semakin pandai bersyukur.









23.7.14

jangan terlalu kepo dengan urusanNya

setiap yang terjadi itu pasti ketetapanNya. Mau itu yang kejadian karena pilihan kita ataupun yang suratan takdir, uda ga bisa digimanamanain lagi. Mau ngumpet, jungkir balik, tiger sprong, lari keliling dunia tetep bakal kejadian, seperti mati misalnya.

Dan setiap yang terjadi itu pasti ada hikmahnya. everything happens for a reason tea ning. tapi kadang kita ga langsung tau ada apa sih di balik ini semua. dan pada akhirnya paling susaaaaah kan ya nunggu kapan kita tau si "reason"nya itu.. fyuuuuuh


tapi kalo temen saya pernah bilang
"jangan terlalu kepo dengan urusanNya.. karena kadang kadang alasan yang dimilikiNya sok teu kaotakan"

benar.. seperti rejeki yang kadang suka di luar perhitungan manusia. pas butuh, pas adaaa weh yg dateng. begitu pun dengan ketetapanNya yang kadang kala sulit diterima akal (dan hati).

tapi tetep satu yang pasti.. God always knows the best.. Dia ga pernah salah.

bersabarlah, berbaiksangkalah.. karena Alloh tau kamu kuat.. atau setidaknya akan kuat setelah melewati ini semua.

*pukpuk marshanda dan pak bowo*

9.7.14

juli 2004 - juli 2014

10 tahun bareng..
hampir 4 tahun menikah..

10 tahun.. kalo anak sd udah kelas lima
tapi sdnya swasta kalo negeri mah kan harus uda 7 taun pas masuknya (dibahaasss ..xp)

Ga selalu bahagia. Kadang ada perang bubat, badai tsunami pun pernah lewat.
but after so much joys and a lot of tears.. i'm glad we're still together..

makasih hari itu uda nganterin pulang
makasih hari itu nyengajain pake baju koko, biar rapih katanya
makasih hari itu uda ngajak jadian

from that time .. until now..
u know, i'll always love u

-ibu-

30.6.14

kurupuk ojay, pahala dan doa.

Siapa yang hafal makanan yang satu ini? Iya ini kerupuk yang dibanjur kuah gitu.. jadi kerupuknya macem berenang.. kalau kata orang sunda ngojay, maka dari itu disebutnya kurupuk ojay.

Biasanya kerupuknya adalah kerupuk mie yang kuning itu atau kerupuk melarat yang digoreng ga pake minyak tea. Dan kuahnya berbahan dasar oncom. Kriuk, asin, lada, iih kebayang kan enaknya.

Pas jaman hamil thifa, ada yang ngidam si kurupuk ini. Bukaaan.. bukan sayanya, tapi pak suami. Idih siapa yang hamil, siapa yang ngidam ini teh. Tapi karena ketika itu tinggal di semarang, kaga nemu nemu lah si kurupuk ojay. Mau bikin, belom seniat sekarang papasakan di dapurnya hihi xp

Waktu itu pas bulan puasa.. beberapa kali deh pokonya kasebut wae si kurupuk ojay. Bahkan sempat jadi tema status bbm.. ajegile mambo. Dasar orang lapar yaa, makanan enak serba kebayang.

Begitu kami mudik deket lebaran.. kurupuk ojay termasuk salah satu makanan yang dicari. Di daerah cimahi ga nemu. Alhamdulillah, di kopo ada.. iiih itu pas makan yaa rasanya.. bahagiaaa hahahaha. Tapi bener deh, doi hepi berat.. saya sih ikut hepi aja liat dia hepi.. tapi kalau ada makanan enak, kapan sih saya ga hepi?? hahahaha xp

Nah.. menyambut ramadhan taun ini.. nama kurupuk ojay kasebut deui. Enak banget kamu jay selalu diingatnya! heu..

katanya, kayanya enak yaa buka pake kurupuk ojay. ini kode apa kode niiih? padahal puasanya aja belom waktu itu teh xp.

Sebagai istri yang kepengen jadi istri solehah.. yaah mari googling resep kuah kurupuk ojay. ya googling dulu aja bikinnya mah kapan kapan xp .. ga tau juga nyari kerupuk mie di sidoarjo di mana.

Dapetlah resepnya, bookmark.. dan lalu liat semesta mendukung kah untuk mengeksekusi si resep hehehe.

rupanya mestakung pemirsa! kemarin kami ngabuburit jalan jalan ke daerah yang banyak tukang dagang makanan.. jualan tajil tea ning. Ada ibu ibu yang jualan kerupuk.. guess what? ada kerupuk warna kuning.. ihh kerupuk mie.. pas kami deketin ibu penjualnya.. ternyata bukan, cuma kerupuk yang mirip kerupuk mie hihihi. Tapi pas diicip, eh enak juga.. cocok kayanya kalo dikuahin oncom.

baiklah.. mari kita beli sang kurupuk. Permasalahan selanjutnya ada diiii... oncom! suseeeh nyari oncom di sini.. tapi kan jangan sampai keterbatasan mematikan kreativitas yaa? tak ada oncom, tempe pun jadi.

misi kurupuk ojay pun dijalankan.. dan sempat terancam gagal. Karena eh karena ibu yang sok sok an multi tasking. Nyuapin anak sambil bakar tempe pake jeng hepi. Terlalu asik nyuapin ampe lupa matiin kompor. Pas bau hangus mulai kecium, baru deh tepok jidat.

Hamdallah yang gosong baru sebagian, masih ada yang bisa diselamatkan hehe.. dan masih rejeki ada stok tempe bacem siap goreng di kulkas.. ambil sebiji buat nambah nambah rasa tempe.

tapi lalu whatsappan ada yang curhat mulai ga enak tenggorokan, mau ngurangin es-es an katanya. terus saya bilang "oh ya udah deh ga jadi bikin es timun".. iya kapan kapan lagi aja cenah. Tapi pas saya tanya


luar biasa kurupuk ojay ini hehehe.. misi pun dilanjutkan.

dan demi suksesnya sang misi, saya sampai mengeluarkan senjata rahasia.. yaituuuu... jeng jeng jeng.. mas*ko rasa ayam! hahaha.. karena dapat dipastikan anak-anak ga akan icip, mari kita bersenang-senang dengan msg :D

Alhamdulillah... misi berhasil! kuah kurupuk ojay bikinan sendiri ini termasuk yang bikin saya terharu pas makannya.. enaaaaak.

Dan ada yang semangat sekali pas tadi buka. judulnya mau disisain buat besok, eh boro boro .. ludes tak bersisa.. hihi alhamdulillah.

dan kemudian ada yang ganti status bbm .. "kurupuk ojay, pahala dan doa" heuu... ga tau sih apa maksudnya.

Tapi semoga artinya kamu seneng ya biii, biar jadi pahala buat ibu.. aamiin.

yang mau resep kuah kurupuk ojay .. ini diaaa..
bahan :
- 1 papan tempe/ oncom
- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 cm kencur
- 1 cabe merah
- 5 cabe rawit
- gula merah secukupnya
- sedikit terasi
- mas*ko rasa ayam
- air secukupnya (kalau punya air kaldu lebih oke, skip mas*ko.. tambah gula garem)

cara membuat :
- bakar tempe/oncom sampai wangi
- haluskan semua bahan, masukkan tempe/oncom, haluskan kembali
- tumis semua yang dihaluskan tadi sampai wangi
- tambahkan air dan masako
- masak sampai air mendidih. angkat.

siap disiramkan ke atas kerupuk.. atau kerupuknya dicelup macem ore* juga boleeeh. bebas.. asal sopan dan makannya pake tangan kanan :D

salam kurupuk ojay!

29.6.14

batu, we heart u (3)



dan inilah tulisan terakhir dari rangkaian cerita tentang liburan kami di batu. Tulisan sebelumnya di sini dan sini yaa :)

***

Jatim park 2 selesai kami kelilingi selama kurang lebih 3 jam saja. Jam 1 siang kami keluar dari museum satwa, maksud hati mau nyari makan siang.. meski belum laper laper amat. Di pelataran jatim park 2 cukup banyak kios kecil penjual makanan, resto fast food pun ada.. tapi tiba tiba perhatian kami teralih dari melihat kios penjual makanan ke kereta yang terparkir manis di hadapan.

eh ternyata buat yang punya tiket terusan ada fasilitas antar jemput pake kereta dari jatim park 2 ke eco green park loh. keretanya macem si choo choo train kek di mall gitu. Liat kereta, si anak pun semangat mau naik. Nanya ke petugas ada tempat makan apa ngga di eco green park, katanya ada food court.. hoo baiklah. makan di sana aja deh. Anak anakan juga sarapan paginya lumayan banyak tadi.. masih aman kayanya :p

Jadilah kami naek kereta ke eco green park. Ada apa aja di sana? ada taman... hahaha ya iyaa laaah. Seperti judulnya taman ini mengusung tema cinta bumi, cinta lingkungan. Go green, pemirsa! Terus dia konsep nya menggabungkan tema lingkungan, pendidikan dan kebudayaan gitu.

Banyak karya hasil daur ulang sampah dipamerkan, ada toilet ramah lingkungan (tapi kami ga nyobain), ada miniatur candi prambanan, ada danau kecil, ada kandang sapi bisa meras susu sendiri.. eh bisa ga yaa, ga nyobain sih tapi kayanya bisa hehe, terus ada semacam insectarium juga. Ada wahana 3 dimensi dan ada rumah terbalik.

Favoritnya thifa adalah plaza musik. jadi ada beberapa kincir dari logam gitu di dalem kolam, mereka berputar pake kekuatan air dan menggerakkan panakol buat nakolan bilah bonang dan goong.. yang sudah diatur sedemikian rupa buat mainin lagu ilir-ilir. Jadi ceritanya air juga bisa main musik :D

terus eco green park ini juga banyak banget koleksi burungnya. Bagus bagus deh.. ada burung kaka tua warna piiiiink dan burung burung aneh lainnya yang baru pertama kali saya liat. Terus di setiap kandang ada papan berisi kata kata mutiara yang menggambarkan karakteristik sang burung. lucu lucu cenderung garing kata katanya hihihi.

mirip batu secret zoo, rute jalan di eco green park juga sudah diatur sedemikian rupa sehingga insyaalloh ga akan ada yang kelewat dari pandangan kita.

Di tengah tengah perjalanan, lagi asik liat burung, tiba tiba ada bocah cilik ngomong ..  "ibu ibu.. ipa belum makan yaa?" ... huaaaa sudah lapar rupanya dia pemirsa. Liat peta.. isssh food courtnya ada di deket pintu keluar, masi jauh, mari kita ngebut kalo begitu.

Dan doi beneran lapar.. nyampe food court, dipesenin menu paporitos, seporsi sate + lontong.. abiiis.. sendiri! hihi maaf ya nak.. makannya telat.

beres makan, solat, kami putusin balik hotel. Udah jalan dari pagi khawatir anak-anak kecapean, istirahat dulu aja.

dan tampaknya emang pada cape deh. Bada magrib, si bayi langsung tidur pulas. Si anak kicik satunya seger sih, maen di kamar, tapi diajakin pergi lagi ogah.. "ga ibuu, di sini aja, uda gelap". Baiklah non kecil.

Rencana mau mampir ke batu night spectaculer yang katanya pasar malemnya batu pun batal. Icip ketan yang katanya pinuh wae ku nu meser di alun alun kapan kapan lagi aja. Malem itu makan nasi bungkus bertiga ajah di kamar hotel. Tetep nikmat, alhamdulillah :)

Besok paginya sebelum pulang diniatin main ke alun-alun. Kalau kata temen saya, alun-alun batu itu maksimal. Booo ada bianglalanya aja donk. 3000 sekali naek. Banyak air mancurnya. Bersiiih. Terus ada playground gratisan. Ruang terbuka publik yang nyaman sekali.

Pas kami mampir, pas lagi car free day. Di sekitar alun-alun banyak yang jualan makanan. Tentu saja si tukang jajan hepi berat xp. Tapi karena car free day ini jadinya si alun alun ramai nian, playground pinuh, thifa ga mau main. Diajak naik bianglala, ogah. Iih ngapain atuh yaaa. Akhirnya biar ada kerjaan (ga jajan doank.. itu mah yg seneng emaknya aja xp) kami pun beli pistol bubble. Sukses! Anaknya ketawa-tiwi hepi. Si bungsu yang lagi hobi jalan ikut seneng juga, ngejarin bubble. 25 rebu buat beli pistol tak terbuang sia sia (iih itungan.. dasar emak emak xp).

Blundernya.. pas si ramuan bubble habis.. anaknya nangis... hadoooh puk puk si anak. Tapi repeh juga pas dikasih roti maryam, akhirnya mau balik ke hotel, lalu mandi. iiihh kamuuu seperti akuuuu deh nak. asal ada makanan enak, aman dunia persilatan hahaha.

Bada zuhur.. kami pun pulang. Ternyata kalo lancar dan ga banyak berhenti 2,5 jam aja loh perjalanan batu-waru. Ga terlalu jauh yaa.. boleh atuh kapan-kapan kesana lagi .. hahaha #kode xp

well.. i must say.. this is the best vacation ever (so far). Ga tau yaa kalo dibandingin maen pasir pantai di lombok atau main salju di eropa seruan mana.. soalnya belum pernah sih.. #lagilagikode hahaha xp

tapi bener deh.. batuuu, we heart youuu.. makasih yaa sudah begitu menyenangkan dan memberi kenangan manis buat kami. Semoga selalu terawat dan makin banyak tempat serunya. Semoga ada jodoh dan rejeki bisa ketemu lagi yaa.. mudah2an nanti mah bareng bareng ama oos united, tampak akan seru sekali. aamiin

di kereta.. mau ke eco green park



gajah dari tv
ba!
tak putih, tapi insyaAlloh hatiku bersih xD
burung kaka tua pink!
ngebuuut.. anaknya lapar.
segut :9
cakep yaa food court nya?
alun alun batu
bubble
dancing with the bubbles
come on ibu.. lets go!

 
sampe ketemu lagi batuuu :)

27.6.14

nostalgia sayur asem

Kemarin pa suami ditanya mau dimasakin apa, dijawab pengen yang berkuah. Jadilah hari ini masak sayur asem. Jarang-jarang saya masak sayur ini padahal jaman bareto pas masi (ehm) bobogohan, si mantan yang tadi malem ditanya itu mengklaim sayur asem adalah makanan favoritnya.

kenapa jarang yaaa.. keknya sih karena khawatir nengnong ga doyan.. soalnya doi lebih suka masakan kering-an atau sayur yang direbus doank.

Tapi ternyata tadi pas disodorin anaknya mau loh hihihi.. secara jagung dan labu siam adalah favoritnya. mana bisa nolaaaak :D alhamdulillah

terus jadi teringat pertama kali saya bikin sayur asem.. kalo ga salah taun 2005.. apa 2006 yaa.. lupa.. yang pasti bulan september tanggal 29 :D Dalam rangka ngasi hadiah ulang taun buat yang katanya tadi sang pecinta sayur asem.

Dari beberapa hari sebelumnya udah ngerecokin mamah minta diajarin. Mendadak rajin merhatiin mamah pak pik pek di dapur.. merhatiin doaaaank, prakteknya kaga hahaha.

Pas H - 1 titip ke mamah beliin bahan bahan buat papasakan. ceritanya menunya mau sayur asem plus ayam goreng.. issss canggih amat buat yang biasanya masak indomie doank xp

pas hari H, Subuh subuh uda masuk dapur mau mulai berjuang.. eh tapi emang mamahku juara.. bumbunya uda diracikin aja dooonk.. ini siapa yang mau ngasih kado, siapa yang repot sih hihi xp saya tinggal iris iris doank.. plang plung masukin panci.. terus goreng ayam bentar.. hias hias dikit di wadah, beres xp tapi teuteuuup donk masakannya diklaim bikinan sendiri khusus untuk kekasih hati.. hahahaha licik xp

tentu saja rasanya enak.. ampe ka garem garemnya aja dibantuin ditakarin ama mamah.. *ini bongkar kartu semua gini yak xp*

lalu pagi-pagi janjian ama sang ke di gerbang kampus. kebetulan doi nginep di sekre lss dan saya ada kuliah pagi. Sang paket nasi dan lauk pauk diberikan.. plus hadiah tempat minum berbentuk pinguin bawa bola yang kalo dipencet idungnya keluar sedotan. Untungnya si dia sama noraknya, kempisnya rajin dibawa kemamana, ga pake malu xp hehehe

terus katanya si nasi, sayur asem, dan ayam goreng jadi menu sarapan dimakan di lss .. ada yg ikut nyicip (alhamdulillah dibantuin mamah bikinnya .. nama baik ttp terjaga, udah so sweet pinter masak hahaha.. #pencitraan xp)

yah begitulah ceritanya.. jadi sekarang tiap liat sayur asem bawaannya inget momen ulang taun ini :D

untung momennya manis yaa ga asem kaya si sayur (apaaa seeeeh). sayang dulu belom jaman difoto trus diupload ke instagram.. kalo udah oh tentu saja sayur asem perdana akan eksis di dunia maya hahaha. xp

dan inilah tampilan sayur asem hari ini..

selamat makan, abi :)

24.6.14

batu, we heart u (2)

Batu itu terkenal dengan jatim parknya. Si jatim park ini ada dua biji. Jatim park 1 isinya (katanya) wahana permainan macem dufan, jadi cocoknya untuk anakanak sd lah yaa dan para abegeh. Jatim park 2 isinya batu secret zoo dan museum satwa. Naah yang ini nih cocok buat bocah bocah cilik. Jadilah jatim park 2 adalah tempat tujuan utama kami ketika liburan di batu.

Dari jam setengah 10 uda nongkrong di lokasi. Bukanya sih jam 10 tapi uda rame banget ama rombongan sekolahan. Kami pilih tiket terusan untuk jatim park 2 (batu secret zoo+museum satwa) plus eco green park. ketika beli tiket, petugas loket mewanti wanti buat atur waktu yang oke karena si eco green park itu tutup jam 4. Baiklah!! .. oh iya harga tiket terusannya 120.000 rupiah.. mahal? ga ko.. insyaAlloh sesuai dengan apa yang akan didapatkan :)

Jam 10 teng gerbang batu secret zoo dibuka.. itu anak anak sekolahan heboh bener masuknya, kami ngintil di belakang aja deh. Hewan hewan pertama yg nongkrong manis adalah permonyetan ama apa itu yg ada di madagaskar yg i want to move it move it.. lupa namanya hehe.

Kalo kata saya ter-oke dari batu secret zoo adalah petunjuk arahnya. Jadi pemirsa, rute jalan kita itu udah ditentuin.. insyaAlloh bakal kekelingin semua deh itu kebun binatang, ga akan ada yang kelewat. Itu yang ngatur tata letak binatangnya oketa bambang deh ah, dibikin alur, mulai dari monyet cilik, terus perunggasan, udah itu hewan-hewan yg suka maen air macem kura-kura dan berang-berang, ada kuda nil juga. lalu kanguru dan teman2nya, nah setelah itu pendinginan, ada snack corner dan di sebelahnya adalah aquarium.. abis jajan kami liat ikan deh, lanjut istana reptil (ibu merem aja bagian ini).

Nah setelah itu mulai binatang binatang yang agak gede.. zebra, rusa, bison. Saya sukaaaa banget kandang para binatang gurun ini. Dinamainnya savannah. Kandangnya dari kaca. Ada dua kandang dipisahkan sebuah lorong untuk jalan para pengunjung. jadi yaaa kita jalan sambil kanan kirinya para zebra dan rusa lagi makan. Suasananya dibikin perkampungan indian. Thifa tuh aga penakut sebenernya ama binatang tapi di sini dia jalan sendiri, liat binatang sendiri, joget joget sambil nyanyi nyanyi hihi..

abis savannah adalah kandang gajah dan  jerapah (kalo ga salah.. lupa juga hehe).. kalo ngikutin bener treknya dari awal dan dimulai pas teng buka, pas nyampe mushola itu pas mau adzan duhur.. ih pas banget sih. Di sebelah mushola banyak wahana permainan.. roller coaster mini dkk deh.. semuanya gratis, uda masuk harga tiket, tinggal antri doank. Dan yang seru water park nya.. ga heboh sih, perosotan dan air mancur buat splish splash gitu aja. tapi nengnong ga mau main air, soalnya pinuh pemirsa, anaknya tampak malas (ibu juga sih hehe) .. ya udah kita lanjut jalan jalan.. lewatin kandang beruang lalu ada danau besaaaar bisa naek perahu dan kasi makan burung pelikan. kami naik donk, secara neng athifa adalah pecinta perahu semenjak peperahuan di floating market lembang. 

Di sekitar danau ini pemandangannya bagus banget deh, gunung sekitar batu keliatan.. ijoo ijoo semua ijo.. bikin seger mata. Abis naek perahu perjalanan di kebun binatang pun ditutup dengan berkunjung ke rumah harimau dan singa. Ada yang geje sih di kandang harimau.. moso dia ditemenin mobil mobil bekas gitu, entah apa maksudnya.. terus di dindingnya ada tulisan "masih ada hari esok" hehee.. kekreatifan si yang punya ide ga nyampe ke saya xp.. oh ada fasilitas mancing harimau putih juga di sini. eh?? jadi kita dikasih alat pancing dengan umpan daging.. kita mancingnya dari atas kandang dengan lantainya kaca. jadi si harimau ada di bawah.. kebayang ga degdegannya pas harimaunya loncat mau nerkam daging? haha.. seruu.. ga saya sih ga mancing.. liat orang aja xp

lalu lalu lalu.. bolehkah saya bilang batu secret zoo ini keren bangeeet?? boleeeeh atuh (nanya sendiri, jawab sendiri haha)

saya belom pernah ke ragunan, baru ke kebun binatang bandung dan surabaya aja plus pertamansafarian. Tapi saya mau ngklaim batu secret zoo ini the greatest zoo ever deh di indonesia. Selain yang uda saya sebut di atas, batu secret zoo ini juga tergolong bersih (bau bau dikit mah wajar lah yaaa... bonbin gitu), binatang binatangnya ga keliatan lemes tipikal bonbin (semoga artinya mereka bahagia ya dan terawat baik) terus fasilitas edukatifnya banyaaak banget. Di sepanjang jalan ada papan papan tebak binatang, di tiap kandang juga dijelasin asal daerah dan karakteristik binatangnya. dan satu lagi, dia stroller friendly, jalanannya rata. kalo cape jalan, dia juga nyediain penyewaan macem scooter gitu.

ah i'm in love with this zoo.. kalo ada kesempatan lagi ke sana, mauuu! :D

abis dari secret zoo kita lanjut ke museum satwa yang ada di sebelahnya. Museum ini juga kereeeen (mulai kedengeran lebay ya? haha). Isinya fosil fosil dinosaurus, replika binatang, ama beberapa binatang yang diawetkan. Yang paling saya suka insectarium nya.. kupu kupunya berjajar rapih dan cantik. Berulang kali kami ber-uwoww uwow deh di sini (ibu abinya.. anak anak sih lempeng haha). lalu tiba tiba pa suami bergumam, "ini liat bikinan manusia begini.. kagum. tapi kalo uda liat versi asli ko suka lupa ama Yang Bikin ya" .. jleb!

iyaa ada Maha Pencipta yang tentunya lebih hebat dari siapapun yaa. Semoga kita ga termasuk yang lupa akan kebesaranNya .. aamiin

fyuuh fyuuh.. cape juga nyarita. udahan dulu yaa.. abis dari jatim park 2 ini kami lanjut ke eco green park.. nantikan cerita selanjutnya pemirsa :D

penampakan gerbang secret zoo. itu yg pohon raksasa hotel pondok inn yg saya ceritain di postingan pertama

kanguru

flamingo
savannah
nyanyi, joget, sepanjang jalan.. gimana ga seneng liatnya cobaa :D
liat zebra makan
cantik kaaan??.. iya iyaa pemandangannya
naek perahu
museum satwa
museum satwa

19.6.14

korban banjir


ga pernah nyangka bakal ngalamin momotoran menerjang banjir yang tingginya hampir sepaha orang dewasa sambil bawa koper, bawa anak. 

Pemandangan sekitar orang-orang yang mau ngungsi juga. Lalu ada anak anak kicik yang bersenang senang dalam bencana (ngojay saja sodara sodara.. hati hati diare, nak!) dan tampak pula ada perahu karet yg dijadikan alat transportasi. Ya Alloh.. kirain yang beginian bakal liat di tivi doank. ternyata oh ternyata...

iya, sedang jadi korban banjir. Uda tiga hari rumah dikepung air.

Hari pertama.. Malam malam hujan menyisakan banjir semata kaki di pagi hari. masih merasa aman, diem di rumah aja lah, ga usah kemana mana. tapi ko ampe malem ini aer ga surut surut yaa

Hari kedua.. hujan sepanjang malam, sampe besok paginya. Banjir depan rumah naik sampai sebetis orang dewasa. Sebagian rumah tetangga udah kemasukan air. Alhamdulillah rumah kami cukup tinggi, jadi air ga sampai masuk, tapi mulai ada rembesan keluar dari lantai ruang tengah (yg mana ruang tengah rumah kami ini turun pemirsa, maksudnya kalo mau ke ruangan lainnya tuh ada tangganya gitu.. jadi kalo di sana ngumplang cai, kami punya balong di tengah rumah hehehe)

Sebelum pergi ngantor, abi kerja bakti dulu. Mengangkut barang barang terutama elektronik ke tempat aman. Menyeting kamar supaya nyaman buat the nengnongs. Alhamdulillah malam sebelumnya mainan hadiah dari ake nenek di bandung datang. Duo gadis pun anteng punya mainan baru.

Tapi oh tapi.. mulai ada lipan di rumah. Di perjalanan ngantor, abi menemukan kawanan kecoa mulai berkeliaran... aaaakkk bagian paling tidak menyenangkan dari banjir, keluar binatang binatang kecil menyeramkan.

Abi kerja setengah hari aja biar bisa nemenin kami. Hari itu dilalui dengan main di kamar, nguras air di tengah rumah kalo uda kebanyakan, lalu papasakan di dapur.. kemanamana bersama.

Sampai akhirnya malam tiba.. listrik pun mati pemirsa! duuuh :( jackpot ya.. mencekam deh kalo liat keluar rumah.. banjir dan gelap.

Alhamdulillah malam itu ga hujan.. tapi esok paginya air belom juga surut.. malah kali ini sudah hampir selutut.

listrik pun masih belum menyala.

Melihat cuaca yang mendung... ahh sekali lagi hujan, air kotor ini akan masuk rumah. okeee.. ngungsi kita!! anak anak yg utama!

Ngungsinya dibagi dua kloter.. kloter pertama abi, ibu, thifa dan koper.. oh iya, pake motor, mobil tampak takkan sanggup melewati banjir yang akan kami lalui. Hamdallah sampai di halte bis jalan raya depan perumahan yg aman dari banjir dengan selamat. 

Abi balik lagi untuk jemput ade yang ketika itu ditemenin mba. Nantinya mba pulang ke rumahnya pake sepeda, kami lanjut perjalanan berempat. 

Menanti di halte berdua thifa tadi itu jadi penantian penuh rasa was was.. 15 menit.. 20 menit.. 30 menit ko lama amaaat.. harusnya ga selama ini. Banyak prasangka mulai datang, meski kecurigaan utama, motornya pasti ga kuat. Ya Alloh.. gadis kecilku gimanaaa di tengah banjir :'(

Dan gadis kecilku yang lain dengan baiknya menghibur hati ibu yg gundah dengan bernyanyi twinkle twinkle little star dan ngahafalin al kautsar dengan asyiknya. ah hatur nuhun anak shalihah..

lalu hadirlah pemandangan terindah siang tadi .. lelaki berhelm biru, berjaket hitam, bercelana basah, bersendal jepit, babawa keresek, ngegendong tas ransel di punggung, dengan anak kicik di pelukannya berjalan ke arah kami. 

alhamdulillah duaduanya ga kenapa napa. dan anak kiciknya boboooo pemirsa. Emak uda mau mewek khawatir, eh anaknya tibra... hahaha cium geura!

tapi perjuangan belum berakhir.. motor dibenerin dulu sebelum kita lanjut perjalanan, cari penginapan.

trio cewe menanti d halte, ga jauh dari sana abi mangkal di bengkel dadakan.. menanti motor yang sedang dalam perbaikan. kalau ada yang bilang malaikat juga ada yang ga bersayap, tadi saya lihat hadir di halte bis tempat saya menunggu bersama anak anak. Berupa tetangga yang lagi nunggu jemputan untuk mengungsi juga. 

Anak anakku ngantuk dua duanya :( yang satu minta dieyong, yang satu mau bobo di paha ibu. Sekali lagi berharap jadi amoeba bisa membelah diri.. tapi kan ga bisaaaa :(.. mau manggil abi, kejauhan. Ibu tetangga lah yang akhirnya mangku thifa yang uda terkantuk kantuk sampai akhirnya bobo tibra. Hatur nuhun ibuuuu. Dan benar adanya kemudahan dari Alloh itu bisa datang dari siapa saja. alhamdulillah.. nuhun Alloh :')

dan akhirnya inilah kami.. malam ini.. di kamar hotel, rumah sementara, entah sampai kapan.. semoga ga lama.. semoga bisa cepet pulang.

kabar terakhir, banjir belum surut, tapi listrik sudah menyala. alhamdulillah

tetua di perumahan sih bilangnya ga pernah banjir separah ini sejak tahun 1991. katanya lagi.. banjir ini karena ada tanggul yang bocor. yah apapun itu semoga airnya cepet surut deh yaa. dan meski jadi pengalaman seru, semoga ga pernah keulang lagi .. aamiin

banjir hari kedua.. hari dimana kami ngungsi ga sempet moto *ya kaleee*

thifa.. bia.. entah kalian nanti akan ingat hari ini atau ngga.. it was a hard day.. but thank u for being so cooperative yaa.. i love both of u soooo muuucccch :*

bobo yang tibra nak :')

13.6.14

random thought

Alloh itu bisa menguji manusia dari apa yang pernah dituliskannya yaa.. apa yang pernah dia nasehatkan kepada orang lain..

karena teori itu ga sesusah praktek..
karena ilmu itu harus diaplikasikan..
ngomong doank mah gampaaang

dan disebutkan  ...

Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (QS. As-Shaff: 2-3)

nah!!
nulis tentang mensyukuri setiap detil yang terjadi di kehidupan, lalu ketika yang datang adalah sebuah ujian kemudian memble, banyak ngeluh.. berarti apa?? *kepret bolak balik*

ga konsisten!!

ya Alloh ampuni hamba, jangan dibenci ya :'(

dikasih ujian tandanya Alloh sayang.  alhamdulillah :)

dan lalu menyadari ..

makanya pahala berjuang di jalan dakwah itu insyaAlloh besar yaa .. karena ternyata istiqomah itu sulit, amanah itu susah.
yah kalau gampang, ga akan berbuah surga.

menyadari juga..
kalau berdoa minta jadi orang yang sabar, yah dikasihnya ujian.. mau belajar sabar gimana, kalau hidupnya nyaman terus? hehehe

sekarang berdoanya.. minta diberi kemudahan menjadi orang yang sabar ah :)

di suatu tengah malam.. kebanyakan pikiran xp

12.6.14

batu, we heart you (1)

Pokonya tahun 2015 nanti mau nulis lagi wishlist di blog aahh. Alhamdulillah satu per satu tercapai. banyak yang ikut ngaminin yaa? ih hatur nuhun pisan :') 

akhir bulan lalu rinaldi bersatoe akhirnya ke batuuuu... iya, batu, malang.
Yaah meski sebelumnya ditampar bolak balik dulu dengan satu ujian, pada akhirnya dihibur sama Alloh dikasih rejeki bisa liburan ke batu. yeeiiy.. "Alhamdulillah..makasih Alloh" kalo kata ipa :D

Pergi jumat malem dari rumah, karena pengennya sabtu memulai harinya udah di tempat.. biar anak anak ga terlalu kecapean juga. 

Pergi dari rumah jam9an, ngindarin macet jam pulang kantor, diperkirakan nyampe tengah malem lah. taunya? bolay hehehe.. supirnya ngantuk, tidur dulu di pom bensin. Pas jalan lagi, si bungsu pupup, berhenti lagi buat bersih-bersih hihi.

karna 2 kali berhenti, baru nyampe batu jam2an. lalu.. bingung nginep dimana hahaha. sebenernya uda ngincer satu penginepan namanya dedaunan. Rekomendasi temen, harga terjangkau, review di trip advisor cukup oke. Tapi kita ga booking juga sih soalnya googling ternyata banyak juga penginapan di batu, seketemunya aja deh hehehe. eh nyampe malem begono, siwer juga yaa nyari penginepan hahaha.. akhirnya keliling kota, asli keliling. ga nemu si dedaunan, emang katanya dia agak di pinggiran sih, ga deket pusat kotanya, google map lagi kaga bisa dipake. ya sutralah. Tapi uda keliling gitu kami jadi mutusin milih hotel yang deket alun alun aja, biar pagi atau malem bisa jalan jalan ke sana. 

Akhirnya ketemu sama pesona ratimaya, posisinya di tengah2, antara alun-alun ama jatimpark2 (salah satu tempat tujuan utama). Yang pertama menarik hati dari si hotel ini adalah halamannya yang luas, pas diliat lagi eeeh ada ayunannya, terus bisa parkir mobil depan kamar juga, ada kolam renang juga di belakang. Ya boleh lah. Kamarnya sih biasa ajah.. sederhana tapi cukup lah. Dan yang paling penting ada aer anget.. secara di sana dingin banget ya booo, apa kabar mandiin anak anak kalo kaga ada pemanas aer. Dan yang super penting lagi.. murah! hahaha teuteuuup urusannya duit xp kan mau nginepnya dua malem, jadi harus perhitungan donk ah xD

Tapi kalo ada budget sih yaa, saya saranin coba nginep di pohon inn deh. itu hotel di kawasan jatim park 2, bentuknya kek pohon raksasa. Pemandangannya kebon binatang, suara suara binatangnya kedengeran. berasa tidur di hutan ga sih? hihi.. tapi entah bisa tidur atau ngga yaa jadinya xp makanya kami ga nginep di sana (hahahaha.. wae xp padahal kopet.. *keukeup dompet*). Soal harga monggo googling aja yaa.

anak-anak tidur hampir di sepanjang perjalanan. Dipindahin ke kamar, alhamdulillah tidurnya dilanjutin lagi. Besok paginya bangun, hamdallah pada seger, diajak keluar kamar langsung pada minta main ayunan :)

sebagai pemanasan jalan-jalan, kita naek delman keliling kota.. ga keliling kota juga ketang, dua perempatan ajah xp, liat alun-alun yang ada bianglalanya. 25 rebueun ongkosnya plus dapet bonus cerita dari bapak kusir tentang batu dulu yang ga serame sekarang.

beres naek delman, mandiii mandiii, siap-siap agenda utama dilaksanakan.. yaituuuu ke jatim park 2!!!

jadi setelah googling googling kami putuskan mau ke jatim park 2, eco green park, bns alias batu night spectaculer, dan lalu maen di alun alun, kepingin icip ketan yg katanya pinuh wae nu meserna. itu sih rencananyaaa.. tapi tar liat kondisi anak-anakan. bawa anak kicik jalan-jalan mah ga bisa egois pingin kaditu kadieu euy heuheu.

terus kelakonan semua ga agendanya??? nantikan cerita selanjutnyaa yaa.. hahaha sok sok an cerita berseri xp

kebanyakan sih yang pengen diceritain hihi.. sabar yah pemirsa.

jalan pagiii

si pecinta ayunan

my morning view <3

naik delman istimewa ku duduk di muka