kurupuk ojay, pahala dan doa.

Siapa yang hafal makanan yang satu ini? Iya ini kerupuk yang dibanjur kuah gitu.. jadi kerupuknya macem berenang.. kalau kata orang sunda ngojay, maka dari itu disebutnya kurupuk ojay.

Biasanya kerupuknya adalah kerupuk mie yang kuning itu atau kerupuk melarat yang digoreng ga pake minyak tea. Dan kuahnya berbahan dasar oncom. Kriuk, asin, lada, iih kebayang kan enaknya.

Pas jaman hamil thifa, ada yang ngidam si kurupuk ini. Bukaaan.. bukan sayanya, tapi pak suami. Idih siapa yang hamil, siapa yang ngidam ini teh. Tapi karena ketika itu tinggal di semarang, kaga nemu nemu lah si kurupuk ojay. Mau bikin, belom seniat sekarang papasakan di dapurnya hihi xp

Waktu itu pas bulan puasa.. beberapa kali deh pokonya kasebut wae si kurupuk ojay. Bahkan sempat jadi tema status bbm.. ajegile mambo. Dasar orang lapar yaa, makanan enak serba kebayang.

Begitu kami mudik deket lebaran.. kurupuk ojay termasuk salah satu makanan yang dicari. Di daerah cimahi ga nemu. Alhamdulillah, di kopo ada.. iiih itu pas makan yaa rasanya.. bahagiaaa hahahaha. Tapi bener deh, doi hepi berat.. saya sih ikut hepi aja liat dia hepi.. tapi kalau ada makanan enak, kapan sih saya ga hepi?? hahahaha xp

Nah.. menyambut ramadhan taun ini.. nama kurupuk ojay kasebut deui. Enak banget kamu jay selalu diingatnya! heu..

katanya, kayanya enak yaa buka pake kurupuk ojay. ini kode apa kode niiih? padahal puasanya aja belom waktu itu teh xp.

Sebagai istri yang kepengen jadi istri solehah.. yaah mari googling resep kuah kurupuk ojay. ya googling dulu aja bikinnya mah kapan kapan xp .. ga tau juga nyari kerupuk mie di sidoarjo di mana.

Dapetlah resepnya, bookmark.. dan lalu liat semesta mendukung kah untuk mengeksekusi si resep hehehe.

rupanya mestakung pemirsa! kemarin kami ngabuburit jalan jalan ke daerah yang banyak tukang dagang makanan.. jualan tajil tea ning. Ada ibu ibu yang jualan kerupuk.. guess what? ada kerupuk warna kuning.. ihh kerupuk mie.. pas kami deketin ibu penjualnya.. ternyata bukan, cuma kerupuk yang mirip kerupuk mie hihihi. Tapi pas diicip, eh enak juga.. cocok kayanya kalo dikuahin oncom.

baiklah.. mari kita beli sang kurupuk. Permasalahan selanjutnya ada diiii... oncom! suseeeh nyari oncom di sini.. tapi kan jangan sampai keterbatasan mematikan kreativitas yaa? tak ada oncom, tempe pun jadi.

misi kurupuk ojay pun dijalankan.. dan sempat terancam gagal. Karena eh karena ibu yang sok sok an multi tasking. Nyuapin anak sambil bakar tempe pake jeng hepi. Terlalu asik nyuapin ampe lupa matiin kompor. Pas bau hangus mulai kecium, baru deh tepok jidat.

Hamdallah yang gosong baru sebagian, masih ada yang bisa diselamatkan hehe.. dan masih rejeki ada stok tempe bacem siap goreng di kulkas.. ambil sebiji buat nambah nambah rasa tempe.

tapi lalu whatsappan ada yang curhat mulai ga enak tenggorokan, mau ngurangin es-es an katanya. terus saya bilang "oh ya udah deh ga jadi bikin es timun".. iya kapan kapan lagi aja cenah. Tapi pas saya tanya


luar biasa kurupuk ojay ini hehehe.. misi pun dilanjutkan.

dan demi suksesnya sang misi, saya sampai mengeluarkan senjata rahasia.. yaituuuu... jeng jeng jeng.. mas*ko rasa ayam! hahaha.. karena dapat dipastikan anak-anak ga akan icip, mari kita bersenang-senang dengan msg :D

Alhamdulillah... misi berhasil! kuah kurupuk ojay bikinan sendiri ini termasuk yang bikin saya terharu pas makannya.. enaaaaak.

Dan ada yang semangat sekali pas tadi buka. judulnya mau disisain buat besok, eh boro boro .. ludes tak bersisa.. hihi alhamdulillah.

dan kemudian ada yang ganti status bbm .. "kurupuk ojay, pahala dan doa" heuu... ga tau sih apa maksudnya.

Tapi semoga artinya kamu seneng ya biii, biar jadi pahala buat ibu.. aamiin.

yang mau resep kuah kurupuk ojay .. ini diaaa..
bahan :
- 1 papan tempe/ oncom
- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 cm kencur
- 1 cabe merah
- 5 cabe rawit
- gula merah secukupnya
- sedikit terasi
- mas*ko rasa ayam
- air secukupnya (kalau punya air kaldu lebih oke, skip mas*ko.. tambah gula garem)

cara membuat :
- bakar tempe/oncom sampai wangi
- haluskan semua bahan, masukkan tempe/oncom, haluskan kembali
- tumis semua yang dihaluskan tadi sampai wangi
- tambahkan air dan masako
- masak sampai air mendidih. angkat.

siap disiramkan ke atas kerupuk.. atau kerupuknya dicelup macem ore* juga boleeeh. bebas.. asal sopan dan makannya pake tangan kanan :D

salam kurupuk ojay!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject