16.9.15

menyapih sabia

Sudah 3 bulan resmi lepas dari profesi ibu menyusui. Bagaimana rasanya? i feel freeeee.. hihihi xp terutama bagian tidur malam lebih panjang dan ga mesti melulu pake baju bukaan depan :p

Tepat 2 tahun 5 hari Ade Sabia minum asi. 15 Juni 2015 jadi hari terakhirnya. Alhamdulillah, selama menyusui tak ada kendala yang berarti. Ketika seminggu setelah lahir harus disinar pun ibu bisa lebih tenang dan santai karena sudah ada pengalaman bersama teteh sebelumnya. Dan kali ini ga ngalamin lagi nursing while pregnant :p

Dan akhirnya perjuangan 3 tahun 8 bulan menyusui 2 anak dengan libur 1 bulan sebelum lahiran si anak kedua, berakhir sudah. Alhamdulillah.

Jujur di akhir mulai terasa jenuh. Dan suka berujung malu sendiri, mendulang pahala ko ya bosen. Luruskan niat ibuuuu.

Tapi ya tentu saja ga berniat untuk jadi memperpanjang juga dari yang seharusnya hehehe. Disebutkan 2 tahun. Ya udah cukup segitu aja ya. Kalo ternyata berhenti kurang dari itu ga masalah. Pas, Alhamdulillah. Lebih dikit, ya boleh lah.

Dan kemudian sounding iseng pun mulai didengungkan sejak ade berusia... 18 bulan! hahaha rajin amat bu.

Bahan soundingnya standar.. "ade uda gede, uda banyak giginya, uda bisa jalan sendiri, loncat loncat, makannya banyak.. bukan bayi lagi .. jadi ga usah nen lagi, kalo yang nen mah ade bayi"

yang berujung anaknya sering acting jadi ade bayi .. "eyaa.. eyaaa.. bayi nangis ibu" -_-"

Dan anaknya pun makin nemploook xp hahaha.. piye.

Tapi yaa terus aja ga bosen bosen disounding. Kalo ga minta, ga ditawarin. Kalo minta, coba dialihkan dulu. Kalo ga bisa, ya sudah dikasih. Semua keluarga ikutan berpartisipasi. Teteh juga rajin ikutan sounding.

Hasilnya kalo di luar rumah uda jarang minta. Di rumah? tetep nemplok xp

Sampai akhirnya mendekati 2 tahun. Pengalihan minta nen mulai diseriusin. Ajak main, makan, kasih cemilan, pokonya berusaha dibikin sibuk.

Dan bahan sounding mulai ditambah "nennya kalo mau bobo aja yaa" yang berujung anaknya rajin bilang ngantuk mau bobo hahahaha.. pinter amat xp

tapi alhamdulillah ga terlalu lama, dan ga banyak drama, berhasil juga. akhirnya nen hanya kalo mau bobo siang dan sepanjang bobo malam.

Oh dan bia ini biasa banget ama susu selain asi. Kalo dikasih mau. Jajan ke mini market pun biasanya milih susu. Tapi ya ga dicariin tiap hari. Hobinya minum air putih. Jadi yaa "pengganti" asi nya air putih sajo.

Lalu ibu pun mulai galau kapan waktu nyapih totalnya yaa. Waktu itu abi lagi rajin banget dines luar kota. Siap ga yaa nyapih malem tanpa partner???

Sampai suatu malam, ada yang maeeen terus. Diajak tidur ogah. Dinenin, balik maen lagi. Bzzzt..  kzl (karna ibunya uda tunduh heuheuheu). Akhirnya disuruh milih "dede mau main apa tidur?" dijawab "main" .. "ya udah boleh main, tapi kalo mau bobo ga usah nen yaa, diusap aja".. anaknya mikir tapi lalu ngangguk. "bener yaa?".. "iyaa!"

Pas akhirnya doi ngantuk, noel ibunya minta nen. "kan tadi uda janji, bobonya ga pake nen " .. merengek donk tentu saja. Tapi demi komitmen, dibiarin aja heuu. Alhamdulillah ga lama, karena mungkin uda ngantuk bgt dan dia merasa ini pilihannya, tidur juga doi diusapin.

Eh bisa gening yaaa... tapi tentu saja tengah malem mah masi buka warung.

Dan malem berikutnya terulang lagi kejadian serupa. Akhirnya meski sendirian tanpa partner, diterusin aja deh. Nanggung. Tapi tak seindah di awal. Dramanya mulai ga nahan kakaaaa. Nangis nangis. Marah marah.

Dan karena soundingnya "nanti mah bobonya diusap aja yaa, ga usah nen lagi" jadinya si anak yg gengsinya gede ini ogah diusapin. Mungkin dia mikirnya kalo diusap berarti aku kalah, bobonya ga nen. ga maoooo. Pokonya kena jari ibu dikit aja, dia marah marah. fyuuuuh. Akhirnya cuma ditemenin aja di sebelahnya dalam diam.

Kalau anaknya bilang "gatel" itu kode hehe.. baru ibu bantuin garuk-garuk manja :D. Dan pernah udah dipijet kakinya, minta dengerin tilawah, diusap punggungnya, perutnya, dimainin rambutnya.. anaknya masih ga bisa tidur juga. Baru lelap setelah digarukin pantatnya , "gatel" katanya.. haduuh plis atuh de.. bujur gituuuh. Untung cuma semalem aja yg begini hahaha.

Kayanya 5 harian deh drama malam ini berlangsung. Kebangun tengah malem pun udah ga dinenin lagi. Ditawarin minum air putih aja. Digendong sesekali. Ama segala bentuk usap, garuk, pijet. Atau kadang duduk dalam diam, nunggu bocahnya cape nangis karena ga mau diapa-apain. Pernah satu malam bikin terharu "mau bobo dipeluk ibu ajaaa" katanya .. dan kami pun akhirnya tidur duduk sambil berpelukan. Aaah adeee..

Seminggu sapih malem alhamdulillah tangisan pun mulai berkurang dan kalo kebangun uda bisa rikues mau diapain :D
Tapi mamak kemudian teparrrrrr. Menyapih sendirian tidak disarankan pemirsa hehehe.

Pe-ernya sekarang tinggal bobo siang. Karena tepar tea, siang siang ibu ga mau lewatin drama lagi. Udah mana kalo disapih, anaknya jadi sensian juga kan yaa. Jadi kalo dia bilang ngantuk mau bobo, ga bisa dialihin, ya sudah dikasih.

Tapi siang siang tanggal 16 Juni 2015 itu anaknya sendiri yang inisiatif bilang "uda gede yaa buu, ga nen lagi" sambil senyum dan meluk ibu. Kemudian ga lama bocahnya pun bobo di pelukan.

Huhuhuhuuu.. akhir yang manis sekali adeeee. :')

Setelah itu no nenen, no drama. Sensi masih ada ampe sekitar 2 mingguan tapi lalu kembali normal. Alhamdulillah.. terlewati juga.

Jadi intinya nyapih itu kuncinya hanya tiga : SABAR, KONSISTEN dan DOA. Sabar menghadapi anak yang sakaw. Konsisten ketika sudah memulai. Karena sekalinya ga konsisten, luluh dan akhirnya dikasih lagi, maka semuanya dimulai dari awal lagi. Lalu tentu saja doa, karena segala kemudahan itu hanya berasal dariNya.

Metode sih bisa gimana aja, yang pasti paling bagus kalo ga dibohongin kan yaa? Siapa siiih yang suka dibohongin. Orang gede aja ga suka. Anak anak juga sama tentunya. Biarlah diakhiri dengan kejujuran meski banyak tangisan dan berujung tepar xp Paling bahagia tentu saja yang bisa self weaning tanpa drama, aah aku iri (in positive way) ama yang bisa begini.

Oh ada manfaat yang saya rasakan dengan mengurangi sedikit demi sedikit frekuensi menyusui. Selain si anak ga terlalu kaget dengan "perpisahan", kondisi badan ibu pasca menyapih pun cukup nyaman. Alhamdulillah ga mengalami payudara bengkak atau pun demam. Asi perlahan hilang sendiri. Tinggal mengembalikan stamina aja yang tepar kurang tidur.

Alhamdulillah dua kali menyapih dan ga nyangka ternyata bisa juga hahaha. Emang nyapih ini berat kalo di pikirin doank, kalo udah dijalanin mah da *berat juga sih :p* tapi bukan mustahil untuk dilewati.

Semoga dimudahkan buat yang sedang atau akan menjalaninya yaa :)


****


Hai ade sabia...

Ini foto hari ketiga ade sukses tersapih. Bobo siang sendirian sambil duduk manis di bouncer. Persis kaya waktu bayi, sering ketiduran di bouncer ga pake merengek minta nen sampai banyak orang yang suka heran .."ih ko bisa, meni anteng" katanya. Terima kasih ya ade, udah jadi bayi baik yang begitu pengertian :)

Beranjak setaun, si bayi anteng pun berubah. Jadi bocah lincah hobi teterekelan hihihi.. alhamdulillah sehat ya de :) Jangan ditanya soal posisi nen. Posisi muter udah biasa. Kadang bisa sambil setengah kayang xp. Seringkali ibu nyusuin sambil istigfar. Bakat ku bingung teu daek cicing pisaaaan ieu budak hahaha.

Ade.. maaf yaa kalo terkadang ibu nyusuin sambil bete. Biasanya karena keselang pas lagi masak. Atuh da ade, baju ibu teh bau bawang dan sagala rupa bumbu dapur terus ade ngerengek minta nemplok nen. Hii suka jadi kesel sendiri. Padahal itu teh ade uda ngantuk yaa nungguin ibu masak meni lama. maaf yaa.

Ade.. maaf juga pernah sempet bosen nyusuin terus. hiks. Padahal apa yang harus dibosenin coba? Nyusuin ade sebenernya adalah waktu istirahat ibu karena bisa sambil  gogoleran. Pun kalo tengah malam, sambil merem juga bisa. Maaf ya ade. Semoga ibu saja yang merugi karna mungkin pahala tak teraih. Tapi semoga asi ibu tetep barokah buat ade.

Ade.. terima kasih :) 
meski ibu yakin dengan berat hati tapi ade sudah mengakhiri proses penyapihan ini sendiri dan dengan senyum manis. Ibu ga akan lupa senyuman ade siang itu.. sungguh.

Terima kasih juga yaa... setelah tersapih ade jadi lebih sering meluk ibu sambil bilang "sayaaaang ibu" .. kebangun malem malem pun selain minta minum pasti minta dipeluk. Ah bayi kecilku... :') Ibu juga sayaaaang sekali sama ade.

Terima kasih ya nak.. hangat sekali pelukannya. Semoga meski tambah gede, ade tetep rajin melukin ibu yaa. Yang ini mah ga perlu tersapih de... ibu mau dipelukin ade terus sampe jadi nenek nenek hehehe nyandu xp

Alhamdulillah.. Satu tahap sudah terlewati nak, masih banyak pr yang lainnya. Kita kerjain bareng bareng lagi yaa :) 

Salam kompak.. ces dulu atuh. 

i love u, kiddo. always :*