27.8.15

agenda (hampir setiap) sore

Thifa baru berusia 22 bulan dan Bia 2 bulan waktu kami pindah ke Surabaya. Ketika itu saya masih banyak menyesuaikan diri dengan kerempongan ibu beranak dua. Alhamdulillah sehari tinggal di surabaya langsung nemu art setengah harian (yang masi kerja ampe sekarang). Sangat membantu sekali. Saya bisa fokus ngurusin anak anak tanpa terlalu pusing dengan urusan kerumahtanggaan. Good bye, setrikaan!

Kegiatan sehari hari kami di rumah pun alhamdulillah jadinya terkendali.
Lalu bagaimana dengan agenda keluar rumah? masa anaknya diem di rumah mulu sepanjang hari? gauull dooonk gauuullll!!!

heuuu... jujur saja waktu itu keluar rumah bertigaan doank masi horor buat saya xp. Sang teteh masih hobi minta gendong dan tentu saja belum semandiri sekarang.

Agenda keluar rumah (kalo weekday ga ada abi) akhirnya baru sampai pada tahap 2 hari sekali jalan-jalan pagi ke pasar bareng teteh. Ade ditinggal di rumah setelah mbak datang. Kasian ya ade ga diajak huhuhu.

Sampai pada suatu hari, setelah disemangatin ratih, akhirnya memberanikan diri buat bikin agenda jalan jalan sore.

Gak jauh dari rumah kami ada sekolahan tk yang mainannya dibuka untuk umum. Kalo sore banyak anak anak kecil main di sana. Banyak juga yang memanfaatkan arena bermain tersebut buat tempat nyuapin anak. Saya sih ga pernah.. bukaaan, bukan karena biar anaknya disiplin, makan tuh duduk di rumah ga sambil main, tapi karena hoream mamawa bekelna hihihi.. pangedulan xp

Karena cuma punya stroller satu, jadi senjata satu lagi ya gendongan. Kalau pergi dari rumah, teteh selalu mau duduk di stroller. Akhirnya adek tidur manis di gendongan. Nanti ketika nyampe tk, teteh turun, ade ditidurin di stroller biar saya leluasa nemenin teteh main.




Nah pas pulang yang bingung.. seringnya bocah gede ga mau naek stroller lagi. Dan tentu saja ga mau jalan juga. maunyaaaa... digendong. fuuh fuuuh.. akhirnya beberapa kali, ibu gendong si batita yg sudah semakin besar sambil dorong stroller isi bayi (yang kadangkala sudah merengek karena lapar atau ngantuk).

Udah mana gendongannya bukan yang tipe baby carrier, masih gendongan biasa yang menyamping itu loh karna si bayi kan lehernya belom tegak ya. jadi yaaa gitu deh .. lumayan cangkeul, pemirsa!

Beberapa kali sukses diajak jalan aja dengan diimingimingi beli susu di warung. Tapi ko aku langsung merasa cupu. Masa diakalinnya pake jajan sih.. lama lama rugi di dompet doooonk xp dan ga mau jadi kebiasaan juga.

Lalu akhirnya ide cemerlang dari abi datang. Sore sore sepulang kerja ada yang bawa hadiah buat thifa.. yaituuuuu.... stroller mainan!!! horeee!!

Langsung dibawa si boneka bunga kesayangan ditaro di stroller diajak keliling keliling rumah dengan muka girang.

"nanti dibawa yaa kalo main ke tk. Ibu dorong ade, teteh dorong boneka"

"iyaaa!!"  ... ada yang semangat :D

Sejak itu, kami dengan bayi masing masing rajin jalan jalan sore dengan agenda utama.. tetap ke tk. Si stroller ga pernah ketinggalan. Selalu dibawa dan jadi kesayangan. Ini berlangsung cukup lama.




Sampai suatu hari.. di tk itu kan banyak anak anak lain yaa.. yang namanya anak anak, kalau ada yang satu bawa mainan, yang lain penasaran pengen nyoba. Meski mukanya keberatan, tapi thifa cukup sabar kalo ada temennya yg mau pinjem. Paling cuma bilang "itu punya ipa".. dan ibu berusaha bantu menenangkan dengan "kakanya pinjem sebentar yaa, nanti dikembaliin lagi".

tapi ga semua anak bisa menghargai barang kepunyaan orang lain :( Akhirnya sang stroller pun rusak di tangan salah seorang temannya thifa. Patah hati sekali liat muka sedih thifa kala itu. Sekaligus bangga dia mau nyodorin tangan nerima maaf temennya. Kemudian dengan muka penuh pengharapan bilang ke saya "nanti di rumah dibetulin abi ya?".

Sempat dibenerin, tapi yah tentu saja tak kokoh lagi. Sang stroller pun akhirnya tutup usia. Tapi alhamdulillah sejak itu thifa mulai mau jalan sendiri. Ade duduk manis di stroller. Jalan jalan sore terasa lebih menyenangkan.



Dan lebih seru lagi ketika akhirnya ade bisa jalan. Tiap sore kami gandengan bertiga ke tk. Kadang yang gede udah lari lari duluan. Yang kecil pengen ngejar, ibu pun kewalahan hahaha.





Lalu sampai pada masa neng thifa kepengen punya sepeda. Kami ajak dia nabung untuk beli keinginannya. Sampai akhirnya celengan penuh, kami ajak ke toko sepeda. Karena anaknya dua, ya beli sepedanya juga dua. Duh itu muka hepi keduanya pas dapet sepeda baru, ga akan terlupa. Ada yg semaleman girang maju mundur di ruang tengah pake sepeda.

Akhirnya agenda sore pun berubah dari jalan-jalan jadi sepedahan. Teteh gowes sendiri, ibu bantu dorong ade. Masih ke tk, sesekali ke toko kecil mirip mini market di perumahan, atau ke pasar kaget di lapangan yg jual aneka rupa makanan kalo lagi bulan ramadhan.





Selalu menyenangkan, alhamdulillah. Meski kadang ada sedikit drama.. entah anak kebelet pipis, jatuh, atau pundung ga mau pulang XD

Dan sekarang ini beberapa kali ketemu dengan ibu yang persis macem saya jaman dulu. Bawa dua anak jalan jalan sore dengan bersenjatakan stroller dan gendongan. Bedanya anak pertamanya adalah bocah cowok lincah yang baru bisa jalan. Lebih menantang yes? hehe. Beberapa kali juga ngobrol berusaha menyemangati dan bilang this too shall pass.. akan ada masanya tak ada lagi riweuh dorong stroller sambil gendong, nanti mah cukup jalan santai liat dua bocah kesana kemari sendiri :D


Lalu kemudian jadi mikir.. emang kalo mau meraih sesuatu yang lebih baik, kadang kala harus mendobrak diri keluar dari zona nyaman ya. Akan ada banyak tantangan di hadapan. Tapi ya harus dihadapi. Sampai nanti akan ada masanya, tak terasa, yang dulu menantang akan menjadi zona nyaman yang baru.


***

thifa bia.. akan ada masanya juga agenda sore kita akan berubah.. entah pindah rumah atau mungkin ada jadwal sekolah.. semoga apa pun itu tetap selalu menyenangkan yaa :)

23.8.15

a perfect weekend

Minggu lalu itu (15, 16, 17 agustus 2015) adalah wiken yang harusnya long tapi ga jadi karena juragan mesti upacara. Tapi yaaa tetep harus di nikmati donk.. setidaknya jam 10an uda bisa balik kan yaa.

Minggu lalu juga hari sabtunya begitu padat agenda. Ibu diminta ngisi acara #bikinbikinditaman kumpulan ibu-ibu instagram (heu) dan malemnya tumben tumbenan dapet ondangan nikahan di surabaya. (Dua agenda doank sok sok padet hahaha)

Karena tiga acara di atas juga akhirnya ide impulsif "maen luar kota yuuu wiken ini" jadi dihilangkan dari pikiran.

Tapi paksu bilang lagi pengen liburan (aah tumbeeen.. biasanya aku terus yang minta xp) . Akhirnya mutusin biar tetep ada suasana ulin badag, kita inep hotel aja di tengah kota.

Si ibu pecinta sarapan di hotel karena banyak menunya tentu saja langsung setuju. Neng thifa yang doyan banget renang di hotel langsung girang begitu dikasi tau. Dan buat saya browsing2 mau inep di hotel mana tuh jadi hiburan tersendiri.. hihihi.

Setelah nyesuain ama budget dipilihlah beberapa hotel (yang pokonya ada kolam renangnya tapi ga mahal mahal amat xp tetep irit mode on). Bingung nentuin yang mana.. akhirnya nanti aja deh. Kita liat hari H.

Terus yaa si ibu saking semangatnya sampai menambahkan doa dalam setiap sehabis solat "semoga semua agenda wiken ini berjalan lancar dan menyenangkan".. alhamdulillah dikabulkan :) :)

Sabtu pagi diawali dengan mencari yang jualan bendera dan tiangnya.. karena eh karena udah ditelepon pa rt "ini dari sekampung cuma dua yang ga pasang bendera.. salah satunya ya pa heri" hahahaa.. maaf pa, belom punya. Akhirnya momotoran keliling keliling.. alhamdulillah dapet juga.

Setelah itu sih agenda santai di rumah. Nonton, maen, makan, dan merancang pokonya abis dzuhur anak anakan mesti bobo siang. Wajib bobo.. karna kan malemnya mau kondangan, biar ga cranky karena ngantuk di sana. Berharap tar jam 2 pada bangun, terus kita meluncur ke taman prestasi buat ikutan acara #bikinbikinditaman jam 3 sore. Eh semua harapan ibu kesampean. Anak anak digiring ke kamar, matiin lampunya, usap usap langsung pada bobo. Jam 2 kurang uda pada bangun. Alhamdulillah bisa datang tepat waktu.

#bikinbikinditaman ini diinisiasi oleh @iburakarayi . Ibu ibu muda yang doyan ig-an pasti hafal deh ama iput ini. Ibu kreatif yang satu ini baru sekitar 4 bulan pindah ke sby. Saya juga awalnya kenal via ig aja sih. Dan dia inisiatif ngadain acara kumpul2 ibu-ibu sby di taman yang cukup banyak bertebaran di kotanya bu risma ini. Agendanya tentu saja bikin mainan anak. Kemarin itu uda ketiga kalinya diadain. Alhamdulillah bisa selalu ikutan. Dan pas yang ketiga ini didaulat jadi pemateri. Alhamdulillah acaranya seru, lancar, dan semuanya sukses bikin straw puppet yang artinya saya cukup jelas ngajarinnya hahaha xp.


Beres acara di taman, langsung siap siap kondangan. Karena kalo pulang dulu ke rumah ga akan sempet. Numpang ganti baju di mesjid sekalian magrib. Lalu meluncur ke hotel singgasana, di daerah gunung sari, tempat acara nikahannya.

Dan begitu sampai sana neng thifa terpukau. Hotelnya asik, banyak tamannya gitu dan rindang. Ada kolam ikannya yang mana ada angsanya.. angsa hidup pemirsa. Kolam renangnya pun guedeeee. Ada playground juga yang ada perosotan dan ayunannya. Thifa langsung rikues nginepnya mau di hotel yang ini aja. Padahal si ibu dan abi uda condong ke hotel lain (yang tentu saja lebih murah hahaha).

Eh dan pestanya pun menyenangkan deh. Outdoor party dengan cuaca yang mendukung (kaga hujan). Dekornya manis. Banyak kursi. Makanan melimpah. Dan ada photo booth jadi kita bisa punya foto keluarga .. horeee!!


Pas pulang.. nyampe rumah.. langsung teparrr!! hahaa.. tibra semuanya.

Besok paginya, agendanya tentu saja packing lah yaa. Dan karena stok persediaan rumah tangga menipis, ibu rikues belanja bulanan dulu. Abi pun bilang "ya udah yu ke lotte mart pake becak" 

kadang kadang saya suka terpukau deh ama ide ide nyelenehnya beliau. Meski pada akhirnya sih seneng juga haha.. karena seru. Termasuk pas ada ide beli becak ini. Dan sekarang pake dibawa belanja bulanan ke lotte mart pula xD. Yang ternyata menyenangkan.. udah mah ga bayar parkir.. katebak angin deuih hahaha. Seru juga menata belanjaan biar muat semua kebawa. Tetep rajin punya ide seru dan bikin kita seneng ya abiii!


Akhirnya agenda utama tiba.. neng thifa keukeuh mau hotel yang semalem meski uda diliatin foto mandi bola dan kolam renang di hotel lainnya yang padahal bagus juga. Hotelnya masih masuk list yg masuk budget sih. Jadi ya sudahlah kami mengalah.. asal anak senang. Pesen ke traveloka karena pas diliat harganya lebih murah dibanding pas semalem kami nanya ke resepsionisnya (teuteuup yaa cari yg lebih murah dulu xp). Lalu meluncurlah kami ke hotel idaman teteh.

Dan kemudiaaan.. nyampe di sana, kami dikasih kejutan sama Alloh. Kamarnya diupgrade aja dooonk ke executive suite room .. yang harganya dua kali lipetnya!!! Rejeki anak solehah. Alhamdulillah. Nyengir terus deh bawaannya hahahaha. Nuhun teteh thifa uda keukeuh sumeukeuh mau nginep di singgasana :D




Di sini sih pokonya acaranya maen, makan, nonton, renang, bersantaaaaaiii. Sampai besok paginya, abi upacara, tiga dara? renang lagi doooonk :D 

Kolam renangnya enakeuuun.. udah mah gedeeee, tingginya pas untuk anak anak, bagean kolam bocah ditambah bola warna warni, airnya anget pula.

Dan si anak anakan begitu baik..

"ibu boleh ko berenang ke yg dalem, aku ama ade tunggu di sini aja di pinggir"

"iya dede ama teteh tunggu"

Setelah memastikan mereka di tempat yg aman dan tetep keliatan ama ibu pas lagi berenang, alhamdulillah bisa dapet 4 balikan ngojay beneran :D. Ga berani lebih lama ninggalin anak anaknya (waeee.. padahal segitu juga udah ngos ngosan xp)


Alhamdulillah acara nginepnya menyenangkan. Anak anak pas ditanya "sukaan di rumah apa di hotel?" kompak jawab "hoteeel" hahaha.. doain atuh yaaa sing enggal gaduh bumi nu siga hotel :D

Siangan check out.. mampir cito buat makan dan beli timbangan di hypermart. Dan nemuin harta karun.. edupuzzle yg didiskon sampe harganya cuma 18000 aja dan bukunya richard scarry yg ilustrasinya lucu nian. Ibu senaaang :D

Weekend pun lalu ditutup dengan acara cuci sepeda :) .. dan semangkok bakso kuah bernardi buat ibu abi pas anak anakan udah bobo :D 



Alhamdulillah.
Thank You, Alloh.. for a perfect weekend :)