Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Memilih makanan terfavorit adalah salah satu kegalauan terbesar dalam hidup saya. Karena oh karena... buat saya, makanan itu hanya ada yang enak dan enak banget. 

Itulah yang membuat saya bingung dalam menjawab tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini tentang makanan favorit. Mau nulis satu, ga tau yang mana. Mau nulis semua, kebanyakan. 😂

Akhirnya mengingat background sebagai mamah gajah,  saya pun memutuskan akan menuliskan tentang makanan favorit selama berkuliah di kampus gajah saja alias ITB (yang mana tetep banyak juga makanannya 😂). 

Yuk ah,  kita nostalgia setetes!

Sudah siap? 

1. Mun Tahu Ayam - Asmad Seafood Gelap Nyawang

Sebagai mahasiswi berjurusan LSS dan berunit Matematika,  saya lebih sering nongkrong di daerah depan kampus dibandingkan di gedung matematika yang terletak di belakang. Tentunya karena sekre LSS saat itu berada di aula timur. Jadilah pilihan makan siang saya malah lebih banyak di area depan. 

Gelap Nyawang adalah satu kawasan kuliner favorit. Walau beneran agak gelap seperti namanya dan ga higienis2 amat tempatnya, alhamdulillah selama makan di sana ga pernah ampe tipes, hehehe. Satu yang paling penting, harganya murah. 

Salah satu menu yang paling sering dipesan adalah mun tahu ayam dari Asmad Seafood. Awalnya saya ga tau jenis makanan apa ini. Pas nyoba perdana, eh ternyata doyan.

Tahu sutra dipadukan ayam cincang dan kuah kental hangat beraroma bawang putih, sungguh comfort food sekaliiii. Saya pun sampai me-recook-nya di rumah. 

Alhamdulillah sampai sekarang jadi menu andalan, apalagi saat ada anak yang sedang sakit. 

2. Ayam Keju - Gelap Nyawang

Masih dari Gelap Nyawang, ayam keju ini sebenarnya masih kalah pamor dari ayam cola. Keduanya dari penjual yang sama. Si ayam cola itu hits karena unik yaa, masak ayam kok pake coca cola. Namun buat saya, ayam keju ini lebih terkenang. Mungkin karena ada nilai nostalgianya. 

Dulu ketika menjabat sebagai manager pementasan di LSS, menu ayam keju ini jadi andalan konsumsi untuk sarapan para peserta pentas. Soalnya lebih gampang dibungkus karena kering, tidak berkuah.
 
Itu ayam tepung ditaburin keju doank ga sih? Ternyata tidak gais, jadi si ayamnya ditumis dulu pake mentega (kalo saya masak di rumah sih tambahin juga bawang putih cincang). Baru terakhir ditaburin keju parut. 

3. Bola-Bola Daging - Kantin Salman

Kantin salman ini juga kesayangan para mahasiswa. Bisa ambil nasi sendiri satambru, ga pake dimarahin, kenyaaang. Harga lauknya pun murah meriah.

Lauk favorit saya adalah bola-bola daging (yang jadinya bikin ga murah murah amat yaa ini mah hahaha). 

Sampai sekarang, saya dan keluarga masih sering ke sini loh. Apalagi kalo lagi irit mode on. Alhamdulillah kantinnya hadir lagi setelah sempat vakum selama pandemi. Cuss sana anak-anak pilih sendiri mau makan pake lauk apa. Ibu tenang bayarnya 😂

4. Lumpia Basah Depan Salman

Ini mah legendaris yaa. Kayanya kalau ada alumni lagi mampir ke kampus, jajan lumpia basah ini jadi salah satu agenda yang jangan sampai terlewat. 

Lumpia basah ini memang kalau lagi dimasak wanginya ga nahan, bikin yang lewat jadi kepaksa melipir dulu buat jajan. 

Wanginya sampai ke sana ga? 

Jangan lupa minumnya susu murni rasa mocca favoritku dari gerobak mamang susu di sebelahnya.

5. Mie Instan ala Abuy

Kalau yang ini menu andalan saat lagi bokek atau males kemana mana. Dulu Mang Abuy ini sempet jualan di gedung bengkok, saat sekre LSS masih di sana. Kemudian sekre pindah ke aula timur, beliau pun ikut pindah bersama kami ke altim. 

Sampai ada penertiban, akhirnya pindah lagi yang saya ga tau ke mana, kalau ga salah ke jurusan di belakang kampus. 

Mie sedaap rasa soto pake cengek dimakan siang-siang pas abis pusing UTS Kalkulus Peubah Banyak. Duh nikmatnya masih kebayang. 

Mie instan paling enak itu emang yang dibikinin sama orang lain ya. 

6. Kebab Biologi

Nah kalau yang satu ini, jajanan rekreasi favorit kalau lagi dapat bayaran hasil ngawas UTS. Dapat uang dari TU jurusan matematika langsung melipir ke labtek biru buat jajan kebab. 

Ga nemu foto kebabnya,  kantinya aja ya. Dari nicilicil.wordpress.com

Yah yang saya inget harganya memang agak lumayan sih, walau lupa berapa, dan sejujurnya ga terlalu kenyang juga meski isian dagingnya cukup melimpah, hahaha. Cemilan agak berat saja.

Ada juga yoghurt biologi yang enaaaak. Makan kebab, minumnya yoghurt. Berkelas sekali yaa jajanannya 😂

7. Pecel Telur SBM

Kalau lagi nongkrong cukup lama di jurusan, Pecel Telur SBM ini jadi menu makan siang favorit. Pecel di sini bukan yang berbumbu kacang ya, tapi ala pecel lele. 

Cara membelinya memorable. Di belakang gedung SBM itu kan dinding tinggi ya, tenda mamang pecel ada di baliknya. Alhamdulillah, ada undakannya di bagian dinding dalam kampus. Jadi kita bisa pesan lewat lubang di atas tenda, Sang Mamang akan naik kursi saat memberi makanan yang kita pesan. Sungguh transaksi yang unik. 

Sambelnya mantap deh, telur dadarnya juga kriuk dan gurih hasil menggoreng di minyak (jelantah😂) yang banyak. Tak lupa dipadukan dengan kol goreng. Jadilah menu sederhana yang istimewa (walau ga sehat 🤣 dulu sih ga kepikiran kaya gini, yang penting enaaak hahaha).

Duh bikin kangen kampus ga sih? 

8. Terakhir ah, Nasi Hainan kantin GKU Lama

Rasanya ini jadi nasi hainan pertama saya deh dalam hidup. Walau porsinya ga terlalu besar, tapi enaaak. Wangi bawang putih dan jahenya terasa. Sepertinya tiap makan di kantin GKU lama, menu ini yang selalu saya pilih. 

Pernah saya singgung juga nasi hainan dan kantin ini dalam cerita fiksi berlatar kampus ITB. Satu hal yang paling diinget dari kantin GKU lama selain nasi hainannya,  memang ibu kantinnya yang galak, hihihi. Apalagi kalau kita nyimpan uang pembayaran bukan di baki yang sudah beliau sediakan. Siap-siap saja dibentak 😆

***


Yah itulah kira-kira beberapa makanan favorit saya selama kuliah di Kampus Gajah (periode 2003-2007) walau sebetulnya banyak yang belum kesebut juga, seperti mangga iris di Kantin SR, baso warsito di himpunan TI, soto betawi belakang kampus, nasi saus bolognese kantin borju, pempek KBL, dan masih banyak lagi. Duh kelihatan banget ya tukang jajannya.

Jadi, apa makanan favoritmu selama kuliah di ITB? Ada yang kesebut di sini juga ga?

Komentar

  1. Nasi goreng kantin labtek V, andalan anak IF kl ga sempat sarapan di rumah dan buru2 ada kuliah lagi 😁😋😋

    BalasHapus
  2. Juara ini teh Anggun ... ya ampun asli kangen banget mau Pulang Kampus. Di jurusan AR jadul ada juga indomie rebus yang enak banget ... ternyata pancinya gak dicuci seharian bolak balik buat merebus mie. Udah gitu airnya kan gak dibuang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduwaduwaduuuh... resep enaknya si kie tuh panci yang bolak-balik dipake tanpa dicuci dulu? Perlu dicoba di rumah, gitu? Hahaa...

      Hapus
  3. Saya sih Kantin Salman udah paling juara. Sebagai anak SR yang kampusnya di area depan, ke Salman kan tinggal nyeberang aja. Kalau sudah di kantin Salman, saya sih jadi pengen borong segala cemilannya. Jadi maksinya sedikit, cemilannya yang banyak. 😁

    BalasHapus
  4. Ya Allah teeh, mang Abuy ini yg jualan di kimia bukan teehh? Aku masih ngerasain nihh indomienyaa.. yg jadi inspirasiku bikin cerpen indomie kampus teaaa.. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pecel telur sbm itu kalo kami nyebutnya ayam tiren.. soalnya kok murah banget harganya haha jadi suka dibecandain pake ayam tiren (mati kemaren) 😁😁

      Hapus
    2. Nah iniii, baca tulisan Teh Anggun tentang mi mang Abuy, langsung teringat Mamah Aiti ahahaha. :)

      Hapus
  5. Haduuuh jadi kangen makanan kampus. Pecel SBM juaraa, terus aku juga suka soto jempolnya. Kalau beli, jempol mamangnya yang muncul dari balik tenda.hihi

    BalasHapus
  6. Teehh,, beneran lihat gambar lumpia basah aja wanginya sampai ke sini loohh. Hahaha..
    Tapi kayanya aku kurang jajan deh, karna kok gak semua yang teteh sebutin aku hapal yaa.. Mainnya di depan mulu nih, jarang ke kantin area belakang. Hehe..

    BalasHapus
  7. Lengkap pisan ini list-nya Mamah Anggun. Brati dulu saya kuper berat ya, banyak yang tidak saya tahu ternyata wkwkwk.
    Ah lumpia basah ini sepanjang masa favoritnya bagi para alumni kampus gajah. :)

    BalasHapus
  8. Sebagai anak kos di Cisitu, koleksi tempat makanku nggak sebanyak Anggun. Paling tahunya Kantin Salman dan GKU Lama. Sisanya makan warteg dengan kos.

    BalasHapus
  9. lotek di gedung arsitek yang lama udah ga tau pindah ke mana ya? Kalau dalam kampus sih kalau udah mode malas emang makan di kantin borju aja walau menunya itu lagi itu lagi, tapi lumpia basah mah sering dibeli juga buat nyemil pulang dari kampus sambil nunggu angkot pulang. Hebat juga ya masih ada aja yg jualan lumpia basah sampai skarang di depan kampus.

    BalasHapus
  10. lumpia basahhhhhh, itu kesukaanku..penasaran ini mamang yang jual masih sama dari jaman dulu ya ? sempat beli pas terakhir mudik kemarin, masih enak

    makasih dah ikutan ya Echa..aku jadi penasaran sama bola bola daging Salman hehe, banyak banget yang bilang enak

    BalasHapus
  11. Sangat menghibur teeh hahaha, aku ketawa sampai nangis 😂 Meskipun ga semuanya relate (karena aku anak Bandung yang kupu-kupu, jadi jarang jajan di sekitar kampus), ada beberapa yg bikin nostalgia kayak kantin Salman. Emang murah dan enak pol 😁

    BalasHapus
  12. Toss lah soal lumpia basah dan kantin salman. Kalau kebab biologi malah sering belinya pas S2, sekalian lewat pas balik kantor ke Batan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject