dear athifa

assalamualaikum teteh .. :)

alhamdulillah ketemu lagi ama tanggal 29 oktober, uda 3 taun teteh hari ini.

3 tahun juga ibu jadi ibu .. dan setiap tahunnya kalo kilas balik selalu merasa bersyukur sekali diberi kesempatan ini.
kesempatan untuk menjadi ibunya teteh :)

teteh..
makasih yaah.. sudah menempatkan diri dengan sangat luar biasa dengan sebutan ini. Bahkan kata pertama yang ade bisa ucapin aja "ceceh".. she adores you :') 

Makasih udah mau berbagi dengan ade ya teh.. ibu tau sulit sekali, tapi melihat teteh yang mau belajar .. ibu bersyukur sekali..Alhamdulillah.. Alloh memudahkan.

ibu sempat sedikit galau waktu tau hamil lagi di saat teteh bahkan belum satu tahun. Merasa bersalah sekali sama teteh. Khawatir teteh nanti merasa disingkirkan, takut teteh nanti merasa cemburu dan perasaan perasaan aneh lainnya. Sampai akhirnya waktu liat teteh pertama kali ketemu ade, dan semuanya berlangsung manis.. ibu pun mulai merasa optimis. kita pasti bisa melalui ini semua dengan baik.

alhamdulillah begitulah adanya. kalau ada yang nanya "thifa cemburu ga sama adiknya?" ibu spontan jawab "ga.. baik banget malah" .. ibu jujur, nak. Bahkan ibu ngerasa ada porsi cemburu itu baru sekarang, saat ade sudah hampir 1,5 taun dan sedang banyak kepintaran baru yang mencuri perhatian, suka bikin ibu abi ketawatawa. Tanpa sadar kayanya teteh jadi sedikit terabaikan saat itu. Maaf ya nak. Tapi cemburu ini pun hanya tersirat saja. Kami menyadarinya saat teteh sering berusaha melakukan hal yang sama dengan ade. Dan saat teteh bertanya tanya ketika kami gendong atau pangku.. "ko ipa digendong sih, kan uda gede" tapi sambil nyengir senang.. aah nak, kamu memang seorang kakak, tapi tetaplah batita. Maafin ibu abi sering lupa akan hal ini ya.

Makasih ya teh.. untuk semuanya.. untuk pengertiannya .. untuk kelapangan dadanya.. :)

Makasih .. uda mau sabar nunggu giliran dibikinin susu waktu ade lagi nen ke ibu

Makasih untuk setiap "assalamualaikum" dan ajakan baca doa setiap teteh melihat ade kebangun dari tidur dan ibu lagi sibuk di dapur :)

Makasih .. cepat belajar bahwa kalo mau ambil barang yang ade pegang itu harus dituker bukan direbut, meski kadang barang tukerannya kurang menarik, jadilah adenya geleng geleng kepala dan teteh merengek putus asa .. ibu turun tangan juga hahaha.

Makasih ya sayang.. atas nasihat - nasihat manisnya untuk ade .. "sabar ya de, ibu lagi solat" .. "ade ko nangis gitu sih.. jelek, itu jelek!" .. "ade nontonnya jangan deket-deket.. matanya nanti rusak" .. "ade makan nih.. dikit aja.. aa..aa!" "ade nennya bentar aja yaa.. ibunya mau main ama teteh" hahaha

sering kali teteh lah yang memberi ibu kekuatan, saat lelah mengurus dua anak hampir menemui batasnya.

Teteh ..

Alhamdulillah sekarang teteh yang pemalu, yang biasanya ngumpet di belakang badan ibu kalo ketemu orang baru, perlahan berubah. Sekarang sudah mau membalas sapaan para tetangga. Sudah berani menjawab kalo ada orang yang bertanya. Dan di tk dekat rumah, tempat kita main kalo sore hari, sudah berani main bareng bareng teman yang lain tanpa narik-narik baju ibu minta ditemenin :D

Perlahan tapi pasti ya teh insyaAlloh :)

Oh soal TK ini.. ibu pernah merasa bersalaaah sekali sama teteh. sempet membuat teteh trauma untuk main perosotan. Awalnya sekitar setaun yang lalu waktu kita masih jadi warga baru dan mulai mengagendakan main di tk sebagai kegiatan sore hari, teteh pernah mau naik perosotan tapi ketika itu perosotannya lagi rusak. Ibu spontan bilang "naik yang lain aja teh, perosotannya rusak.. tuh ada bolongnya" .. teteh kayanya kaget. Dan semenjak itu.. "ga mauuu" tiap ditanya mau main perosotan atau ga :(. Ga cuma di tk dekat rumah, di tempat lain pun sama. Ibu sedih sekali. Terlebih seminggu setelah kejadian itu, perosotannya dibenerin dan jadi mainan favorit anak anak yang lain. Seringkali teteh sendirian, menatap saat yang lain tertawa riang antri meluncur di perosotan. Beberapa kali ibu ajak, ibu bilang perosotannya uda ga rusak lagi, ibu temenin dan pegangin tapi teteh menolak. Kadang saat di tk sepi ibu pergunakan buat ngajak teteh main, mungkin kalau rame udah mah teteh takut, teteh juga malu. Sukses.. teteh bisa naek dua anak tangga.. lalu turun lagi hihihi. Tapi segitu juga ibu uda merasa teteh sangat berusaha.

Tapi rupanya ade lah jalan untuk menyembuhkan trauma ini teh. Teteh kayanya termotivasi melihat ade yang jalannya aja baru lancar tapi uda berani naik tangga perosotan lalu meluncur dengan manisnya (tanpa mau dipegang x_x) ..

akhirnya naik tangga mulai nambah sampai tangga keempat ..

sampai suatu hari belum lama ini, akhirnya anak tangga terakhir dinaiki.. duduk manis teteh siap meluncur, tapi harus dipegangin sama ibu. here we go.. sruuut.. teteh ketawa, ibu pun bahagia :D alhamdulillah .. setelah setahun.. akhirnya :')

setelah itu beberapa kali dipegangin.. lalu ibu bilang ibu jagain aja ya ga usah dipegang.. dan teteh bisaa!!  akhirnya sahabatan lagi deh teteh ama perosotan.. lalu semakin susah diajak pulang hahahaha..

kalo uda kesel, ko susah amat, ibu suka inget-inget sedihnya waktu teteh ga mau naik perosotan.. akhirnya disabar2in lagi dan cari akal hehe.. alhamdulillah teteh mah penurut, sekali aja ngeyelnya dan pulang sambil nangis (karna masi mau main tapi bentar lagi magrib jadi ibu keukeuh pulang), sampai akhirnya saat teteh belum bisa move on juga, abi ajak teteh malem malem ke tk, merosot sekali udah gitu minta pulang, teteh pun akhirnya ngerti maen perosotan gelapgelapan ga enak ya nak? alhamdulillah setelah itu kita bikin perjanjian boleh main di tk, tapi nurut kalo hari uda semakin sore sebentar lagi gelap, uda waktunya pulang.. harus mau pulang. Teteh baik.. teteh solehah.. alhamdulillah ga pernah susah lagi kalo diajak pulang. kadang ada penawaran aja.. "sekali lagi ibu.. boleh?" ditanya manis gitu mana bisa ibu nolak nak :D

teteh..

alhamdulillah teteh dikasih memori yang kuat oleh Alloh. Banyak sekali kejadian kejadian yang sudah lama terlewati tapi teteh masih ingat dengan jelas. seperti waktu teteh lagi main masak2an dan nawarin ibu kopi, ibu heran ko tumben2an menunya kopi. "emang teteh pernah minum kopi?" .. "pernah ibu.. waktu di pantai. masi panas jadi tunggu dulu".. ibu pun mengerutkan kening, baru lah keingetan momen di pinggir pantai di lombok sana waktu ada yang salah denger, pesen mie dikasih kopi (jauh amat hahaha). jadilah kita minum kopi dan teteh icip sedikit. iiih kamuuu.. inget aja deh nak :D

Alhamdulillah karena ini juga teteh diberi kemudahan untuk menghafal. Sudah banyak doa dan surat pendek yang teteh bisa yaa.. alhamdulillah. semoga kita semua tetep semangat nak .. sungguh ibu pun jadi termotivasi buat rajin ngafalin.. apalagi pas keduluan teteh hafal doa buka puasa.. dzahabzh zoma'u wabtalatil uruuqu wa tsabatal ajru insyaa alloh.. hihi seneng denger logat teteh melafalkan doanya.. mirip sama yg di aplikasi kids dua :D tapi bener deh ibu malu tiap mau buka puasa masi noong contekan (entah kenapa susah amat ga hafal2.. iya teh ibu baru tau doa buka puasa yg shahih yg ini) .. sedangkan teteh denger beberapa kali aja langsung lancar jaya. Alhamdulillah sekarang mah udah hafal.. maenya teuing ramadhanna udah kemana teu hafal hafal mah hehe. ayo sekarang kita ngafalin yang lain yaa.. :)

ibu semangat nak.. karena tiap kali denger teteh yang tiba tiba melantunkan ayat suci atau doa saat lagi main beneran menyejukkan hati.

teteh yang pandai meniru.. terima kasih sudah mengingatkan abi dan ibu untuk selalu menjaga tingkah laku. untuk membiasakan diri dengan sunnah rasul.

Sungguh melihat teteh yang sebelum memulai mewarnai mengucap bismillah terlebih dahulu adalah hal yang sangat membuat hati terharu.

Apalagi mendengar teteh mengucap insyaAlloh saat berjanji tentang hal yang akan kita lakukan nanti.. mengucap allohuakbar saat di perjalanan menemui jalan menanjak dan subhanallah saat turunnya, selalu berusaha duduk saat makan dan minum, bilang "alhamdulillah..makasih Alloh" kalo dapet makanan enak, dan tiap mau masuk kamar mandi bertanya "ini kaki kiri bu?".

Tak ada yang lebih membuat ibu dan abi bangga selain itu semua.. saat teteh menjalankan sunnahnya dalam kehidupan sehari hari. Kelak saat sudah semakin mengerti, cintai Rasul nak.. dia lah suri tauladan terbaik.

Ibu dan abi jauh dari sempurna teh.. sering lasutnya. maaf kadang suka kebingungan mencari jawaban untuk setiap pertanyaan "kenapa" beruntunnya teteh, sering hilang sabar saat lelah sedang menghampiri diri, suka rungsing sendiri kalau teteh yang lagi toilet training telat bilang "mau pipis" dan sudah bikin kolam ompol di lantai, beberapa kali pula tak bisa menahan diri untuk tidak membentak saat teteh sedang kebingungan menata emosi dan keinginan.

Maaf atas segala khilaf ya nak.. maaf atas segala keterbatasan..

terima kasih 3 taun ini sudah membuat ibu dan abi banyak belajar, banyak bersyukur.. dan kadangkala banyak istigfar hehehe xp

semoga teteh selalu menjadi anak solehah, baik hatinya, cerdas akalnya .. semoga usia teteh penuh berkah .. semoga teteh selalu dijauhkan dari kezaliman , dikelilingi orang orang baik, semoga sehat terus , dimudahkan dalam segala hal.. dan semoga kelak bersuamikan seorang yang soleh ya nak.. :)

Ibu abi sayang sekali sama teteh .. meski mungkin nanti ada waktunya tak selalu di samping teteh, ingatlah ada Alloh sebaik baik penjaga :)

alhamdulillah kita berjodoh di dunia, semoga pun kelak di akhirat sana :)

we love you, athifa muttaqiya :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject