7.12.13

Laporan kegiatan pra-mpasi sabia

Nama kegiatan : pra-MPAsi sabia

Waktu dan tempat : waru, sabtu 7 desember 2013, pukul 09.25.

Menu mpasi : labu siam rebus. Kenapa? Karena labu siam rasanya manis cenderung hambar, ga terlalu mengagetkan gituuuh. Plusnya.. empuk jadi mudah digigit dan ga terlalu lembek juga jadi ga mudah hancur ketika dipegang.

Latar belakang :
Makanan pendamping asi a.k.a mpasi diberikan setelah bayi menginjak usia 6 bulan, setelah sebelumnya hanya minum asi saja. 

Kegiatan ini disebut pra-mpasi karena sang pelaku yang bernama sabia izzatunnisa belum genap 6 bulan. Masih 3 hari lagi menuju tanggal 10. Dipercepat karena sang abi ingin ikut menyaksikan momen pertama anaknya berkenalan dengan makanan (Kalo weekday kan kerja). Ibu yang baik hati pun akhirnya setuju :D

Metode mpasi yang dipilih adalah metode baby led weaning (blw). Karena kami sudah merasakan banyak manfaat dari metode ini setelah diterapkan pada sang teteh. Semua makanan dia suka dan usia 2 tahun sudah rapih makan sendiri.. alhamdulillah.

Meski kata iklan 'buat anak ko coba-coba' kalo kata kami 'kalo ga dicoba kan ga akan tau'. Jadi metode blw ini pun kami coba berikan pada sang adik. Kalau cocok, alhamdulillah..lanjutkan!! *bukan kampanye*. Kalo ngga, yaah kami tentukan kemudian. :D

Laporan kegiatan :
- pertama kali si labu disuguhkan hanya ditatap dengan cengo.. sampai sampai air liur pun ikut menetes.. baseuh deh.

- akhirnya si labu dicoba disodorkan ke tangannya.. cuma disentuh sedikit, pegang bentar, dilepas lagi.. euuuuu.

-karena si ibu ga sabaran (jangan dicontoh!!) Akhirnya si labu disodorin ke mulut bayi. Dilamotan daaan.. digigit!! Bayi terlihat hepi. Labu dijauhkan.. dia pun menangis. Euuu.. kegagalan no 1 (kalo blw biarkan anak yg ambil dan nyuap sendiri.. ini mengurangi resiko tersedak juga) maafkan ibu, nak!!

-karena labu siam ini termasuk salah satu sayur favorit si teteh, maka ibu pun merebus untuk dua porsi. Satu teteh, satu ade. Tapi eh tapi ko ya jatah teteh habis dalam sekejap saja. Liat punya adenya masi ada.. doi kabita. Minta de.. mintaaa -_-'

- akhirnya sebagian jatah ade diabisin teteh.. setelah abis mulai ikutan rempong ngajarin ade megang labu siam.

- akhirnya si ade mulai tertarik buat nyomot labu.. tapi masi kesulitan dan karena ga dapetdapet ahirnya doi bosen dan jamedud menuju mewek heuheu..

- kegiatan pun diakhiri dan labu sisa ade diabisin teteh (lagi!) Alhamdulillah ga mubazir hihihi
Sekian dan terimakasih. 

Smangat ade.. nanti kita latihan lagi!! :D

6 comments:

riana mengatakan...

itu pipiiiii.. pipiiiii :))
selamat makan yah sabia, sekarang mah udah ga pra mpasi lagi kan? ;)

Agni Giani mengatakan...

dede mirip ya.. tp jigana lebih ke anggun yang ini... ayo de semangaat! ;)

lomita mengatakan...

seruu kalo liat yang blw :D

jaman teteh thifa bb nya pas mpasi gimana teh?
naiknya masih bagus?

aku teh (dulu) pengeeeen banget blw-an, tapi kurang didukung dsa karena bb Kinan naiknya agak seret. kalo yang blw mah keliatannya gak ada masa-masa susah makan ya teh?

anggun - heri mengatakan...

Makasih ibunya bita+raya :) iya skarang mah uda mpasi beneran. Tar kapan kapan kita botram yaa hihi

anggun - heri mengatakan...

Iyaaa banyak yg bilang gitu.. nu ieu mah aya rada ibuna hihihi *akhirnyaaa* xp .. nuhun ya ateuu :D

anggun - heri mengatakan...

Thifa jg dulu naeknya iriiit hehe.. sempet dilema da saya jg, berujung campur spoonfeeding.. eh tapi keknya anaknya malah jd bingung, lalu gtm.. mau makannya lagi setelah si makanannya dibulet2in kaya bola terus dijumputin satu satu.. full blw-an lagi deh, disuapin kalo dia minta aja atau lagi mau :D

Posting Komentar