NgaBLOGburit

Ngabuburit itu istilah bahasa sunda yang sudah umum digunakan oleh masyarakat kita pada saat bulan Ramadhan. Asal katanya burit yang artinya sore. Yah kalau diartikan bebas, ngabuburit itu berarti berkegiatan di sore hari, sambil menunggu adzan magrib, waktunya berbuka puasa.

Pentingkah ngabuburit itu? Yah kalau menurut saya, daripada ngelamun dengan perut keroncongan berujung resah gelisah mendingan berkegiatan kan ya?

lalu apa kegiatannya? ya tentu saja akan lebih baik berkegiatan yang bermanfaat. Judulnya juga menunggu waktu berbuka puasa, kalau diisi dengan maksiat, sekalian aja buka dari subuh, tak berguna lah itu menahan lapar, dahaga, dan nafsu seharian.

Kegiatan yang paling baik tentu saja beribadah langsung kepada Allah dengan mengaji, berdzikir, atau menghafal qur'an. Tapi banyak juga kegiatan lain yang bisa dilakukan yang insyaAllah tetap baik dan bermanfaat.

Jaman saya kuliah dulu, sempat bareng beberapa teman mengumpulkan dana untuk dibelikan makanan buka puasa yang akan disebarkan ke orang-orang yang kurang mampu, biasanya para tukang becak, tukang sapu jalanan, tukang angkut sampah, tukang jualan pinggir jalan, atau pengemis. Jadi siang-siang kami menyiapkan makanannya, sore hari ngabuburit menyusuri jalanan bandung untuk berbagi makanan buka puasa. Seru, bermanfaat, dan insyaAllah berpahala.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa memberi makan berbuka orang yang berpuasa, maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa dan pahala orang yang berpuasa itu tidak berkurang sedikit pun.” (HR Tirmidzi)

Anak-anak di kompleks perumahan saya ngabuburitnya dengan mengikuti kegiatan di masjid : mengaji, mendengarkan cerita tentang nabi, atau kadang menggambar. Alhamdulillah DKM masjid komplek kami memfasilitasi kegiatan ini. Kegiatannya ditutup saat waktu magrib, berbuka bersama dengan takjil bergiliran dari warga kemudian solat berjamaah. Waktu saya kecil dulu juga sempat ikutan. Saya sampai hafal tetangga mana yang suka ngasih takjil enak dan menandai tanggal dimana beliau akan mengirim ke masjid hahaha. 

Buat ibu-ibu, seksi konsumsi rumah tangga, ngabuburitnya tentu saja dengan berkegiatan di dapur, menyiapkan menu berbuka untuk warga rumah. Nah ini ibu-ibu satu ko malah ngeblog bukan ke dapur? hehe .. mumpung makanannya tadi sudah sempat beli, dua bocah cilik lagi pada bobo sore, jadilah mencari kegiatan ngabuburit yang lain. 

Mari ngablogburit, mumpung sempat =D Semoga tulisan yang sedikit ngecapruk ini tetap memberikan manfaat.  Semoga jadi jalan rezeki juga dapat 500 ribu buat nambah-nambah ongkos mudik hihihi.. aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject