25.7.16

Muttaqiya, orang yang bertakwa.

Sudah hampir sebulan thifa sekolah. Sekolahnya curi start 2 minggu di bulan ramadhan, karena masih angkatan pertama tea. Jadi #haripertamasekolah nya ngeduluin orang orang.

Sejauh ini, anaknya selalu penuh semangat. Banyak ketawa. Pulang sekolah dengan membawa banyak cerita. Bahkan ketika libur lebaran kemarin, doi kecewa berat karena tau liburnya 3 minggu yg mana artinya 21 hari.. ko lamaaa amaaat katanya. Tapi ujung2nya mah tetep seneng libur karna ke rumah nenek dan banyak sodara.

Dan hari ini, setelah seminggu sekolah kembali .. 25 juli 2016 jadi hari pertamanya menangis di sekolah :(

Siang itu ibu jemput pulang lebih cepat, kelas belum bubaran. Akhirnya duduk duduk di teras sekolah bersama ibu ibu yg lain. Lalu pintu membuka dan yg pertama keluar adalah bocah dengan baju kebesaran. Kirain bukan anak gue.. eh taunya tiba tiba dia meluk. Kaget kaaan.

Eeeh teteeeh. Diikuti gurunya di belakang. Abis muntah katanya. Dia pun nangis di pelukan.

Sesi drama bentar. Peluk peluk.. cup cup cup. Lalu anaknya pun ambil tas ke dalam. Dan saya tanya gurunya, kenapa ya bu? .. katanya "kayanya kekenyangan deh bu... Seperti biasa bekelnya abis semua".

Antara bodor, bangga bekelna habis wae, dan merasa bersalah apa ngebekelinnya kebanyakan yaa. Ah sudahlah.. kami pun pulang.

Di jalan pulang.. saya korek korek ke bocahnya.. ada apa sbenernya.

"Teteh kenapa bajunya diganti, karna muntah?"

"Ngga .. tadi main pasir. Aku lupa bajunya ga diiket ke atas jadi kotor. Ama ustadzah diganti"

"Ooh kirain ibu gara gara muntah"

"Kena muntahnya sedikit. Nanti di rumah aku mau ganti bajunya yaa"

"Ini bajunya pinjem siapa?"

"Teteh khansa"

"Oh iya.. nanti dicuci dikembaliin lagi ya. Ibunya lupa ga bawain baju ganti."

"Iya nanti lagi ga boleh lupa ibu"

"Iyaa maaf, kan dari kemaren ga kotor2an. Ibu kira ga usah bawa lagi"

"Nanti mau ganti" keukeuh.. sambil mata berair.

Sempet heran kenapa minta ganti padahal baju pinjemannya gambar frozen loh, gambar princess elsa dan anna sagede gaban, salah satu kartun favoritnya.

"Terus tadi teteh muntah kenapa? Kekenyangan?"

"Iyaa.. terus aku teh nangis jadi mau muntah"

Oooh muntah teh kedorong nangis juga kayanya.. ini bocah emg dari bayi gampang olab sih. Batuk, nangis, suka bikin dia jadi muntah. Apalagi ini baru beres makan.

"Kenapa atuh teteh nangis?"

"Aku teh bosen.. mau sama ibu aja"

"................. teteh ga seneng sekolah?"

"Seneng.. tapi aku tadi mau ke ibu"

Dan.. perbincangan udahan sebentar.

Setiba di rumah..

Doi langsung buka bajunya

"Ga dipake aja teh, biar sekalian kotor. Tar ibu cuciin" (padahal ibuna pangedulan.. hoream loba seuseuheun hahaha)

"Ga mauuuu.. aku mau ganti baju"

Baiklaaah.. abis ganti baju dia pun senyum senyum.

Ga lama sambil main, tiba tiba dia ngomong..

"Aku teh ga suka ibu pake baju yg tadi.. soalnya gambarnya makhluk hidup.. kan ga boleh"

Masya Alloh... athifaaaaaa :') ..  ternyata gara gara ini toh.. ibu speechless dibuatnya.

Bocah ini kalo ada yang ga sreg di hatinya emang suka dipendem dulu. Sampai mata berair biasanya.. lalu mewek hehehe. Tar abis itu baru ketauan deh sebnernya apa yg dirasa.

Dan Akhir akhir ini emang dia mulai istiqomah menghindari menggambar makhluk hidup. Kalaupun menggambar, tidak disempurnakan dengan mata dkk. Kalaupun ga sengaja tergambar, dia akan bilang "aduh ibu.. aku lupaaa kenapa pake mata"

Awalnya dicontohin sih (meski sungguh ibunya masih ga konsisten). Pernah bertanya lalu dibilangin bahwa Alloh melarang. Karna yang bisa menciptakan makhluk hidup itu hanya Dia. Alhamdulillah kami pun menemukan buku2 anak yg menghindari gambar makhluk hidup, jadi anaknya pun makin terbiasa.

Dan memang ibu (di bawah supervisi ketat abi) ga pernah beliin barang dengan gambar2 makhluk hidup.. meski kartun mah masi suka kadang2.

Rupanya alhamdulillah tertanam pada hatinya. Dia resah ketika tau bahwa yang dilakukannya Alloh larang.

"Teteh.. tadi mah darurat. Baju yg ada cuma itu. Kalo ga pake baju, nanti teteh keliatan donk auratnya, malu."

"Oh darurat bu?"

"Iya, ga apa apa. nanti lagi mah insyaalloh ibu bawain baju ganti ya buat jaga jaga"

"Iya.. ga boleh lupa lagi!"

Dan benar adanya nama adalah doa.. athifa muttaqiya, semoga selalu istiqomah di jalan takwa ya nak. Barokalloh. Terima kasih.. sekali lagi sudah jadi pengingat ibu dan abi

***

"Orang yang menggambar gambar-gambar ini (gambar makhluk bernyawa), akan diadzab di hari kiamat, dan akan dikatakan kepada mereka: ‘hidupkanlah apa yang kalian buat ini’” (HR. Bukhari dan Muslim).

0 comments:

Posting Komentar