13.4.14

Otang is in the house!

Alhamdulillah .. mari kita coret lagi salah satu wishlist 2014!!

Libur pemilu kemarin dibeliin oven tangkring ama abi.. hihihi hepi!! Hatur nuhun ya bi.. menyenangkan hati istri itu ibadah, insyaalloh dibales dengan yang lebih baik ama Alloh yaa, seperti dapet rejeki buat beli sepeda idaman misalnya (aamiin).

Tapi plis, jangan lagi dinamain intan yaa. Move on donk ah! Sang nuraini uda punya anak satu gitu looooh. Tapi dinamain anggun juga ga usah, enak aja gue disamain ama sapedah! Yah soal nama mari kita pikirkan kemudian, ngadoa + ikhtiar heula ayeuna mah sing aya cicisna hehehe.

Hari minggu ini akhirnya diagendakan buat bikin karya perdana pake otang. Kami milih bikin kukis seledriiii!! (Kami?? Iya iyaa ibu yg milih). Kenapa kukis? Yah kan itu salah satu alasan utama beli otang. Bosan akeu niat hati bikin kukis renyah, dibakar di double pan, yang ada kukis mirip pukis. Chewy. Dan kalo ga diwaspadai gampil gosong.

Googlinglah lalu si resep kukis seledri. Eh banyak ternyata, dipilah pilih, dikombinasi, jadilah resep sebagai berikut

Bahan :
- 200 gr tepung terigu
- 150 gr mentega
- 50 gr gula halus (kalo buat bayi dskip aja)
- 100 gr keju parut
- 2 kuning telur (1 untuk adonan, 1 untuk olesan)
- 2 sdm seledri (sisain dikit buat topping kue)

Cara pembuatan :
- aduk mentega, gula, dan kuning telur
- masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diayak. Uleni adonan sampai kalis
- tambahkan keju dan seledri. Uleni kembali.
- gilas adonan. Cetak. Taruh di loyang yang sudah diolesi mentega. Oles permukaan atas dgn kuning telur, beri seledri cincang sedikit.
- panggang di oven dengan api kecil sekitar 30 menit.

Rencananya siiih bikin kukis ini mau keroyokan berempat. Ehh pagi menjelang siang juragan ketiduran, bocah nagih mulu bikin kue karna uda dijanjiin sebelumnya. Bayi ga tidur tidur. Yo wis kita nglapak bertiga. Dan hasilnya... rempong to de mak!!! Hahaha... riweuh kuadrat. Dapur pabalatak. Akhirnya abinya kebangun juga gara-gara kegaduhan yang trio cantik buat xp. Tapi situasi lebih aman terkendali setelahnya :D

Neng tipong kebagean tugas masukin bahan bahan yg uda ditimbang (eh iya ini bikin kukisnya seriusan, pake ditimbang segala. Kan pas dibeliin otang, sekalian dibeliin juga timbangannya. Suamiku baik yaaa? Kalo yg ini didoain sing aya rejeki oge kanggo meser boncengan sepeda buat bocahnya xD).. aamiin

Kembali ke tugas thifa.. doi juga kebagean jatah ngulenin (bentar), neken cetakan kue, ama ngoles kuning telur buat finishing, jadi yah kalo bentuk kukis aga plutat pletot, warna kuning krg merata, harap makleum hehehe.

Abi ngapain? Abi kebagean tugas beli telor haha. Membuat ade sibuk. mengawasi kue uda mateng apa belom pas dipanggang. Dan matiin kompor :D

Ade mah tim hore hore aja lahhh hihi.
Ibu sih seksi (sok) sibuk xp mengerjakan yg belom dikerjain yg lain :D

Pas kukisnya uda mateng. Mau icip ko ya degdegan yaaa hahahaa.. lebaaaay. Dan ternyataaaa.. kriuk pemirsa, kukisnya renyah dan enak!!! Aaaakkk aku bahagia. Alhamdulillah

Tadi cuma sempet bikin seloyang doank. Suasana sudah tidak kondusif untuk nambah loyang. Ada yang uda garuk garuk kepala sambil merengek minta nyusu hehe. Akhirnya sisa adonan di ke kulkasin deh (entah bagaimana nanti nasibnya). Tapi eh ternyata seloyang doank mah ludes dalam sekejap aja doonk kakaaa. Pas sisa satu didaulat punya non kecil. Dimakan bareng nasi + soto layaknya kurupuk -_-" hadoooh

Tapi ga papa denk.. berarti suka ya thifa yaa? Nanti kita bikin kukis yang lain lagi okeey? :) *lalu googling mencari inspirasi*

Agenda bikin kukis ini bikin sedikit nostalgia juga jadinya. Terutama pas tadi liat thifa ngoles kue pake kuning telur. Dulu itu tugas eyke kalau mamah lagi bikin kue buat lebaran. Time flies. Sekarang anak akuuu kebagian juga begitubegituan :')

Terus sekarang lagi kepikiran.. tar buat lebaran bikin kue kering sendiri aja apa yaaa? Ga kalah ama jn* ko ahh rasanya yg barusan dibikin (belagu) hahaha xp

Yah we'll see.. semoga ada waktu dan kaga malas hehhee xp

1 comments:

riana mengatakan...

ibuuuuu.. otangnya cantik bgt sih.. eh yg di belakang gambar kukisnya kan?

Posting Komentar