DSA

Saya percaya setiap pertemuan di antara manusia, sudah ada ketetapannya dari Allah SWT. Baik itu keluarga, jodoh, teman, relasi kerja, atau bahkan dokter spesialis anak! =D

Ketika baru saja melahirkan thifa, perawat di rs tempat saya bersalin menanyakan "DSAnya mau siapa bu?" Karena selain ibunya, pasca lahiran memang sang orok kan perlu diperiksa jg yaa. Saat hamil sebenernya saya uda mengeceng salah seorang DSA di rs bersangkutan, beliau konselor laktasi. Saya pikir pasti bisa membantu saya yg belum punya pengalaman apa2 dalam dunia breastfeeding. Tapi ketika itu, sang suster mengarahkan saya utk memilih DSA yg piket pada hari saya melahirkan saja biar bisa lgsg diperiksa katanya dan kebetulan sang DSA adalah kerabat dekat DSOG yg membantu saya melahirkan.. Euuu euuu demi menjaga hubungan baik dgn sang dsog, yang siapa tau di masa depan masih kita perlukan pertolongannya, akhirnya saya pun setuju memilih DSA tsb.

Tapi hati emang ga bisa boong, sejak awal udah kurang sreg, ditambah di pertemuan perdana, beliau uda bilang kaya gini "kita usahakan asi eksklusif ya bu, tapi kita tunggu kalo uda lewat sehari, besok, asinya belom keluar, terpaksa kita kasih sufor dulu, takut bayinya ga ada asupan".. Euuu euuu, lambung bayi kan masi segede kelereng dok, kuat bahkan sampai 72jam tanpa asupan (itu yang saya baca di masa kehamilan untuk mempersiapkan diri menyusui bayi). Tapi saya ga ngomong gitu juga sih, karna alhamdulillah pasca lahiran langsung keluar asinya. Well, saya ga anti sufor, tapi bagaimana pun, saya punya cita2 untuk ngasih anak2 saya kelak asi eksklusif. Lagian kalo emang asi nya ada, ngapain juga kan ngasih yang lain?

Nah berita buruknya, saat hari ke 3 d rumah sakit, menjelang kepulangan, dan thifa dites bilirubin ternyata kadarnya cukup tinggi : 11,9 di atas standar normal yang 10. Dokter menyarankan difototerapi. Ketika itu saya dan suami berdiskusi, memang sih bilirubin thifa di atas normal, tapi ga terlalu jauh, udah lah kita treatment di rumah aja, banyakin asi + jemur pagi. Ditambah saya merasa kurang pede untuk bisa nyusuin thifa selama dia disinar. Kami kan jadi beda ruangan yah? Ga bisa sebebasnya untuk nyusuin langsung, karna dia juga kan kudu ditreatment penyinaran. Saya juga ga pede bisa nyetok asi dengan mompa *da belom punya pengalaman tea*. Dan ini anak pertama gitu loooh, udah dipisahkan aja, ga bisa dipelukpeluk sepanjang waktu, meni asa sararedih. Akhirnya kami bawa thifa pulang paksa hehe xp *pake tanda tangan surat pulang atas kemauan pribadi tea gening, meni horor*. Tapi dokter pun mensyaratkan 2 hari lagi harus dites lab lagi untuk cek bilirubin ulang. Baiklaaah

2 hari di rumah dengan mendung yang selalu menggelayut di pagi hari, huhuhu anakku jadi ga bisa jemur deh. Ditambah anak dan ibu masih sama2 belajar menyusu dan menyusui. Jadilah tampaknya treatment di rumah pun gagal =(

Kelihatan dari fisiknya, sang orok memang tampak masih kuning. 2 hari kemudian kami bawa thifa lagi ke rs untuk cek darah. Ketika itu saya uda pasrah, ya sudahlah, gapapa kalo harus disinar juga. Semoga tahan mental dan dimudahkan Allah buat tetep ngasih thifa, ASI. Nah disini lah rencana Allah begitu sempurna, ketidaksregan saya akan sang DSA dihilangkannya, dengan cara apa??

Tentu saja dipertemukan dengan DSA yang lain hihi =D jadi, ketika hari periksa itu ternyata sang DSA1 sedang sakit *maaf ya dok, saya malah bersyukur dokter sakit, maaaaf*. Awalnya saya menganggap ini sebuah kebetulan, tapi sekarang sih ngga, saya percaya memang ini udah jalan yang Allah rencanakan.

Ketika hasil lab thifa keluar, kami lihat, dan hasilnya belum banyak berubah, kami yakin hampir 88,8% ini pasti harus fototerapi. Begitu dpt kabar sang DSA sakit dan ga praktek hari itu, saya langsung minta ganti dokter. Isi formulir pergantian dokter, pas ditanya jadi mau sama siapa dokternya, saya bingung hehe. DSA kecengan tea lagi ga praktek, ahirnya lillahi ta'ala,
“siapa aja deh mas yang lagi praktek sekarang.”
“Ada dr yulia bu”
“Ya udah, boleh.”
saya babacaan dalam hati ketika itu, bismillah bismillah semoga dokter yang kali ini lebih cocok.

Kesan pertama melihatnya : dokter yang smart =D *nya heu euh atuh, mun teu smart mah moal jadi dokter nyaa? Hehehe*
Tinggi, putih, berkacamata. Cara meriksanya sangat teliti. Asik diajak berdiskusi, kalo nerangin sesuatu sangat jentre. Dan terakhir dia mau ngasih nomer hapenya untuk konsultasi (dan di hari2 kemudian ini sangat membantu sekali, kalo kita sms utk konsultasi dibalas dgn sangat cepat dan jelas)

Thifa disinar 5 hari, ditangani oleh beliau, memang agak lama sih, karena didiagnosis kuningnya thifa karena perbedaan golongan darah dengan ibunya. Saya O, dia B, ngikut bapanya. Jika ibu bergolongan darah O, dan sang anak berbeda, memang kemungkinan akan kuningnya sangat tinggi.
Pas hari ke-3, saat saya mulai ngdrop, cape, sedikit stres dengan nyusuin dan nyetok asip, sang dokter langsung nyemangatin. Beliau bahkan ngeresepin saya suplemen asi, nyuruh saya bawa air mineral 1L kemanamana *buat diminum tentu saja, bukan buat angkat beban*. Dan nyaranin ngAsinya disendokin aja biar bayi ga banyak diangkat, fototerapinya optimal. Alhamdulillah stok asi saya sangat mencukupi untuk thifa dan hari ke5 thifa uda bole pulang =)

Hari-hari selanjutnya, kami tetap konsultasi kesehatan thifa + imunisasi ke beliau. Saya suka dengan style beliau menjelaskan dengan sejentre-jentrenya itu. Tiap pertanyaan dari saya selalu dijawab dengan jelas. Dan dicatat loh sama beliau. Pernah pas usia thifa 1,5 bulan saya mengeluhkan tentang gumohnya yang sangat sering, waktu itu beliau menjelaskan ttg pencernaan bayi yg belum sempurna jadi wajar kalo sering gumoh. Dan sampai usia thifa 4 bulan, masalah gumoh ini masih suka ditanyakan beliau loh, catatannya tentang thifa kumplitplit.

Pernah satu kali saat thifa 4bulanan, sakit batuk cukup parah, uda 2minggu home treatment ga sembuh2. Malah tiap abis nen, batuk, dia muntahin lagi yang diminumnya, saya khawatir dia dehidrasi. Ahirnya kami bawa ke dokter, waktu itu thifa dinebu untuk dicairkan dahaknya. Setelahnya memang beliau meresepkan obat, salah satunya antibiotik (wew!), tapiiii dengan bijaknya beliau bilang gini,
"Bu ini saya resepin antibiotik tapi jangan ditebus dulu, dilihat dulu aja kondisi anaknya, kalo dalam 3-4 hari ini suda lebih baik, ga usah ditebus yaa. Berarti sakitnya karena virus. Kalo belum baikan, coba dikasikan, karena kalo dari bakteri, memang obatnya ya antibiotik".. Yayy cuco banget deh bu dok sama yg selama ini saya suka baca2 soal treatment anak sakit. Tapi Alhamdulillah, tanpa nebus antibiotik, thifa juga suda sembuh =)

Dan ahirnya masalah DSA ini jadi salah satu kegalauan saya waktu kami harus pindah ke semarang. Aah semoga dapet yang cocok juga kaya dr. Yulia.

Dan wiken kemarin sudah masuk jadwalnya thifa untuk imunisasi. Deg-degan dari seminggu sebelumnya. Memutuskan untuk tetap ke rs yg sama seperti di bandung saja tapi cabang semarang, biar data kesehatannya terekap rapih. Dan memutuskan juga akan milih dokter yang sedang praktek ketika datang, tapi kalo bisa dokternya cewe *soalnya perasaan asa lebih sering cocok ama dokter cewe*

Sudah banyak berdoa dari sebelum2nya, semoga langsung dipertemukan dengan dokter yang pas di hati. Aga lebay ya saya soal dsa ini? Hehe. Tapi saya nganggap ini penting banget sih, soalnya nyambungnya ama kesehatan anak.

Hari yg dinanti tiba, sampai di rs sekitar jam 11an. Langsung daftar, dan ternyata ada dua dsa yang sedang praktek. Satu cowo, satu cewe. Bismillah, saya pilih yang cewe, namanya dr endang.

Setelah ditimbang dan diukur panjang (thifa uda 7,2 kg 63 cm sekarang), kami nunggu dipanggil. Intip intip sedikit ke ruang dokter, hoo pake kerudung, putih, cantik, modis *hehe penting ya ini???*

Oh yaa, sebelumnya di rumah, saya uda ngobrol ama suami tar pas ke dokter mau nanya2 soal mpasi, pengen tau responnya kaya gimana. Semoga aja cocok ama yang uda kita diskusiin dan putusin akan dicoba dipakai buat thifa.

Begitu dipanggil dan masuk ruang dokter, kita disapa ramah. Suaranya lembut sekalih dan tampaknya bukan tipikal cerewet xp

Diskusi pertama soal jadwal imunisasi, selanjutnya thifa diperiksa, dicek juga tumbuh kembangnya, trus dibilang cantik *haha ieu mah teu penting nya*.

Beres suntik menyuntik, ternyata tanpa saya yang memulai, beliau suda mengajak berdiskusi soal mpasi karena melihat usia thifa yang 2minggu lagi sudah 6 bulan.. Yay! Beliau menyarankan memberi buah2an, boleh jg kalo mau serelia dan beliau mendukung homemade baby food juga skip gula garam.. Horeee. Meski secara halus beliau juga ga ngelarang makanan instan sih, kalo saya mau mah silakan aja.

Dan ketika pelan-pelan saya tanya soal BLW (baby led weaning), beliau juga ga ngelarang. Malah katanya bagus buat perkembangan motorik halusnya, kan bayi jadi belajar menggenggam dan memasukkan makanan ke mulut. Tapi beliau ga menyarankan itu jadi metode satu2nya, hanya selingan aja. Khawatir asupan untuk bayi tak tercukupi. Baiklaaah. Saya ga mau ngebantah dengan sok pintar bilang sejauh yang saya uda baca2 dari berbagai sumber, asupan bayi di bawah 1 taun yang utama itu masih dari asi. Toh beliau juga punya ilmu dan pengalaman. Saya baru sekedar baca2 doank. Soal nanti saya nurut apa ngga, itu kan urusan saya yaa? Hehehe. Toh saya juga mau liat dulu karakter thifa saat makan kaya gimana, liat lebih cocok pake metode apa dan baru menentukan langkah selanjutnya.

Ahh tapi sudah sangat legaaaa, cukup nyambung diskusinya. Belum mau memusingkan soal treatment beliau terhadap anak sakit seperti apa, apakah rum (rational use of medicine) atau ngga, yang penting sejauh ini sudah pas di hati. Alhamdulillah =)

Nuhun ya Allah, atas begitu banyak kemudahan yang sudah kau berikan kepada kami =) smoga kami bisa menjadi hambaMu yang semakin pandai bersyukur.. Aamiin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject