25.4.12

mari makan!

Sebulan terakhir ini aktivitas gigit-menggigit, jilat-menjilat, ambil benda masukin mulutnya si nengnong makin ruar biasa. Ga cuma jari, yang kadang malah sebogem2nya dia masukin, teether juga dia amat sangat doyan (aman lah yaa ini mah? da memang peruntukkannya). Selain dua itu, doi juga hobi jilatin boneka, botol minyak telon, handuk, plastik tisu, kerudung, guling, jagung rebus juga pernah dia jilatjilat waktu abi'e lagi makan, dan yang trakhir-trakhir ini doi hobi jilatin lantai dooonk, oalaaah nak, untung ibumu rajin ngepel *pencitraan xp*


Aktivitas jilat-menjilat ini kami anggap sebagai salah satu tahapan menuju kesiapan sang nengnong untuk makan. Huee jadi deg-degan. Dan dalam rangka menyambut permpasian ini, kami pun mulai melist barang-barang yang dibutuhkan. Dan di posisi teratas list, kami tulis high chair (yang bisa jadi low chair hihihi xp karna ibuabi'e thifa belon punya meja makan, kaga sopan bener kan kalo tar anaknya makan di korsi tinggi, emak bapak di bawah lesehan, manaaaaa kebersamaaannyaaaaa ?????!!!!)

Sebelumnya karena ketidaktahuan kami akan posisi toko-toko peralatan bayi di semarang, jadi cuma bisa hunting-hunting di informa dengan stok yang terbatas dan harga yang awis bener. Setelah cari-cari info, akhirnya kami tau ada satu daerah yang disana ada berjajar beberapa baby shop, kami pun ke sana. Yaay emaknya seneng bener pas ke sono, banyak barang lucuuuuuu, banyak barang onlenshop juga, ada yang uda pernah diciriin waktu pas browsing-browsing, eh taunya ada disana, persis-sis, untung belon beli, lumayan kan jadinya hemat ongkir hihihi (fokeuuus bu fokeuuus, apanan mau nyarinya highchair!!!) dan akhirnya setelah pilih-pilih dari sekian banyak pilihan,  kami pun beli sang korsi merah ini. Pliko 3in1.


Sesuai kepengen, high chair yang bisa jadi low chair, dan bisa jadi kursi goyang juga loooh hehehe xp Si anak seneng bener pas nyobain tu kursi. Dan udahnya senyum senyum terus sambil baceo, bahkan pas uda di rumah dia lagi nangis eh begitu liat kursi, langsung ketawa aja dooonk, ajegile, pake pelet apa sih kau, kur??

Mendekati hari H, makin degdegan sang ibu =D. Memanfaatkan waktu sebaikbaiknya buat nambahin lagi ilmu per-mpasi-annya. Thifa juga sering nemenin belajar. Suka ikut2an heboh kalo ibunya lagi baca buku, pingin ikutan, yang berujung bukunya dia jilatin juga, hadooooh ini buku pinjeman, nak! (maap ya tanteu ovie, uda ibu lap ko bukunya xp). Kadang-kadang juga doi sok-sokan serius liat layar henpun kalo ibunya lagi baca-baca dokumen di grup2 mpasi di FB. Dan minggu kemarin, dia juga anteng benerrr diliatin video bayi lagi maem hihihi. Teori dulu ya nak, biar tar prakteknya mantep?


Dan akhirnya after a long winding road (emak lebay), hari minggu kemarin, 22 April 2012, thifa had her first BLW experience, yaaayyyy dia maem sodara-sodara!!! *nyengir lebar, ibunya bukan thifanya* =D

Iyaa, iyaa Thifa belom 6 bulan, masi kurang 7 hari lagi. Ibunya ga sabar?? Well, euu euuuu, terserahlah mau dibilang apaa.. ay don ker hehehe.. Jadiiii, kemarin itu adalaaaah.. kemauan abinya *hahaha lempar hichair, sembunyi tangan* heuuu.. ngga denk,  insyaAllah kemauan kami berdua, karena apa?? Karena sang nengnong semalaman rungsing, begitu pun paginya, dan segala aja dia lamotan dengan begitu harotnya, glek! mulai dari kertas, guling, sprei, baju, jari, yang mana sulit dialihkan, kalo diambil dia mewek, hueee bingung dweeh. Abinya pun bilang, "udah lah kita kasi makan aja, daripada ngejilatin nu teu puguh"

heeee?? yakiiiiin??
Yah tapi kalo kata Gill Rapley di bukunya,
"...jika dia dapat duduk dengan sedikit atau tanpa bantuan, menggapai atau meraih benda-benda dan memasukkannya ke dalam mulut secara tepat dan akurat, serta jika dia menggerogoti mainannya dan membuat gerakan mengunyah, maka kemungkinan dia siap untuk mulai mengeksplorasi makanan padat.

Tetapi tanda yang paling tepat bahwa seorang bayi siap adalah ketika dia mulai memasukkan sendiri makanan ke dalam mulutnya -- yang hanya akan bisa dilakukan jika dia diberi kesempatan" (Baby led weaning : hal 13)

yang mana berarti makanannya disediakan. Baiklaaaah, kita cobaaaa. Bismillah

eh tapi saya malah bingung donk pas giliran disuruh kasi makan kek gini *katanya ga sabar hahahha omdo yaa ternyata*. Abis bingung juga kasi makan apaan, pan tadinya baru akan mulai minggu depan tea. Buah-buahan yang ada di rumah hari itu hanya jeruk dan pisang. Padahal dari dua bulan lalu (iyes dua bulan lalu) ibunya sudah punya rencana, pingin kasi dia pepaya as her first food. Tapi ya sudahlaaah, akhirnya dipilih pisang, jeruknya aga asem soalnya *kalo ibunya sih doyan yang asem*menatap abi*hihihi xp

Nah karena thifa belom bisa duduk tegak sendiri, kami ga berani biarkan dia berlama-lama duduk di highchairnya *yang awal kan cuma nyobain doank setetes buat dipoto dan pamer di group bbm keluarga hehehe xp* emak sombong* dan bumboo seat pun kami ga punya, niat rental kaga jadi jadi ajah, akhirnya dipangkon sajah sodara-sodara biar dia duduk tegak saat makan (syarat utama blw).

Pertamanya pake piring, dia cuma menatap doank pada sang pisang. Lama-lama dipegang, diremes-remes, daaan dia kaga bisa ngambilnya, licin bo, hihi kesyiaaan. Tapi emang bayi tuh pinter yaa, dia geser donk itu pisangnya ke ujung piring terus pake bertumpu ke sana, dia jilat jilat deh itu pisang. Huwaaaaa, thifa makaaaan!!! Anakku makan, subhanallah, terharuuuuuu :') *apalagi ntar kalo dia kiwin yaaak hihihi*

Doi doyan tampaknya pisang *smoga doyan semua..aamiin* cuman kayanya kesel karna licinnya itu jadi susah ngambilnya, jatoh2an mulu, dan ibuabi'e baru kepikiran di tengah acara makan, kenapa ga pake traynya si HC aja yaa, kan badig tuh, luas permukaan alas jadi lebih besar jadi kemungkinan jatuh bisa diminimalisir hehe.. maap ya nak, telat.

Ga begitu banyak sih yang dia makan, tapi da emang seharusnya pun porsi awal mpasi hanya sedikit saja, namanya juga pengenalan. Tapi seruu liat dia ngeremes-remes, ngejilatin, ngelepehin sedikit sang pisang *hihi berarti ada yang masuk mulut yak*.. senaaaang. Dan anaknya pun tampak senang, abis itu dia nyengir-nyengir soalnya, lanjut nen (soalnya khawatir katanya kalo pisang bisa bikin sembelit kalo setelahnya ga dibarengi banyak cairan..Alhamdulillah ngga, nengnong aman dari sembelit). Abis nen, dimandiin, nen lagi bentar, bobo deeeeh dia, tibraaaa! alhamdulillah =)

Dan karena heboh dengan percobaan perdana ini, jadinya pas bagian dia jilat-jilat pisang malah ga kefoto. Kerekam sih di video, itupun cuma bentaaaar banget, hehe dasar nih amatiran. At least terdokumentasikan lah yaa buat kenang kenangan.


Hari senin kemarin, pagi-pagi sebelum abinya kerja, kita coba lagi kasi wortel kukus. Nah tapi sang anak yg uda bangun dari subuh keknya uda ngantuk lagi deh, jadi ajah wortelnya cuma diremes-remes uda gitu dia uha ehe. Diangkatlah akhirnya, nen, dan lalu bobo. Baiklah. Selasanya dicobain dikasih buncis kukus, sama dipegang-pegang juga, lamaaa, diremes-remes, enjoy banget kayanya maininnya, tapi teuteup belon ada yang masuk ke mulut, malah ada yang kaluar dari bawah hahaha, iyess si nengnongnya puppy xp. acara makan dihentikan deh sementara. Heuu, emang bener ekspektasinya harus aga dikurangin soal makan inih. dari dulu keburu heboh ibunya, eh pas giliran praktek kan, ada banyak faktor yang ternyata ga bikin semulus yang diharapkan. hihi tapi kita jadi punya waktu tambahan seminggu buat latihan ya fa *pembenaran xp*  Tapi hari ini, tadi siang pas ortunya lagi makan, dia diikutsertakan, disodorin wortel+waluh kukus, dipegang2, diremes-remes, dan sekian lamaaa ahirnya masuk mulut.. horeeeee.. dimaem deh =D *setelah ibunya nganalisis kayanya si nengnong lebih suka yang potongannya aga gede gituh, jadi gampang kali yaa megang+masukin mulutnya* Dan hari ini abi pun belanja buah2an.. hihihihi.. mari nak kita makan! =D

Oh iya, saya beberapa kali nyebut BLW tapi belon pernah cerita ya? jadi, BLW ini adalah salah satu metode pemberian mpasi. Dengan memberikan solid food sejak dini dan membiarkan bayi mengeksplor makanan dengan mengambilnya sendiri. Mottonya 'food for fun' =D Kalo diceritain lengkap gimana metodenya dan kenapa kami kepingin nyobain hal ini ke thifa bisa jadi satu postingan panjaaaaaaang *yang ini aja uda kepanjangan* xp. Boleh dibuka blog ini aja yaa buat yang penasaran atau googling aja pake keywords : baby led weaning, bakal banyak keluar artikel, video, atau postingan blog.

Aiiihh panjang bener ini ngomongin makan doank. Doakan ya kawan-kawan, om, tanteu, uwa, ake, nene semua, semoga thifa enjoy dengan acara makannya =)

Yang pinter makannya ya nak, mari mari kita jadikan acara makan menyenangkan yak! Semoga kamu senang, lahap maemnya, dan sehat selalu. Semoga ibu juga dijauhkan dari kebingungan kasi makanan apaan buat kamu, dijauhkan dari kemalasan berkreasi dengan masakan, dijauhkan dari stres saat kau lagi ga doyan makan (semoga ngga kejadian Ya Allah.. semoga lahap selalu). Nennya tetep kenceng juga ya, faaaa!! Asiku masih padamu kooo..cup muah =* We lop yuuu ..(we = ibu dan asi..eehhhh ibu dan abi =D)

3 comments:

Anonim mengatakan...

mantaaaaapp thifaaa!! have a great experience and be a happy eater yah.. enjoy your food! :D

anggun - heri mengatakan...

Makasih ibunya rayaa.. =)

estikarini mengatakan...

hebat bunda Thifa! :) thanks for sharing..
btw, my baby Dipo juga punya high chair yang sama dengan punya Thifa :) beda warna aja :D

Posting Komentar