31.5.21

Lima Resep Olahan Nasi Sisa

Tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah menuliskan resep masakan andalan di hari spesial. Wow, menarik, ya! Meski tetap karena ke-sok-sibuk-an saya, ujungnya jadi tim deadliner juga. 😆



Sebenarnya saya cukup sering menulis resep masakan di Instagram dengan tagar #dapuribuanggun, tapi biasanya yang saya tulis adalah resep masakan sehari-hari. Ketika dihadapkan pada resep andalan di hari spesial, saya malah jadi bingung mau menulis apa. 

Kami tidak merayakan ulang tahun, jadi saya tidak pernah memasak khusus di hari tersebut. Kalau hari raya,  biasanya saya jadi tim dimasakin oleh Mamah. Baru lebaran tahun ini saya masak sendiri,  tapi itu pun menggunakan bumbu instan. Kan enggak lucu kalau saya hanya ngopi paste petunjuk pemakaian di balik kemasannya ke sini, hahaha.

Akhirnya, saya memutuskan mau berbagi resep mudah yang semoga bermanfaat saja deh karena setiap hari itu terasa spesial asalkan kita berkumpul bersama orang-orang tersayang bukan?  😁

Makanan Yang Hampir Setiap Hari Ada

Ada yang masuk tim kalau belum makan nasi,  belum kenyang? Katanya sih ini ciri khas orang Indonesia. Meski sudah makan roti, mie, atau kentang,  rasanya belum afdhol kalau belum makan nasi dan lauk pauknya. 

Alhasil, nasi itu seperti jadi makanan wajib yang hampir setiap hari ada di rumah. Namun, kadang-kadang jumlahnya melebihi prediksi porsi makan keluarga. Berujung adanya nasi sisa, sedangkan lauknya mah udah kemana. 

Sebagai anggota tim anti mubazir, tentu saja paling sedih kalau nasinya berujung dibuang.  Jadilah, seringkali nasi sisa tersebut saya olah kembali.

Berikut ini lima resep andalan saya dalam mengolah nasi sisa. 

1. Nasi Goreng

Wah,  kalau ini sih menu yang paling sering, paling mudah,  dan paling umum dimasak oleh semua orang dengan menggunakan nasi sisa kan, ya? 

Saya mau berbagi tips memasak nasi goreng yang nikmat ala tukang nasi goreng tek-tek keliling saja deh.

Tips :
1. Masukkan nasi sisa ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum dimasak. Nasi yang keras dan dingin akan membuat nasi gorengnya tidak lengket dan bumbu lebih meresap. 

2. Gunakan baceman bawang. Baceman bawang ini adalah bawang putih cincang yang direndam dalam minyak. Saat pembuatannya, pastikan bawang putih dan alas mencincangnya kering, ya! Tidak boleh ada air yang masuk.  

Kita bisa menstok baceman bawang ini di dalam kulkas dengan sebelumnya dibiarkan dulu dalam suhu ruang selama satu hari. Jika proses pembuatan dan pengambilannya bersih serta kering,  baceman bawang bisa kuat hingga tiga bulan.  Tumisan dan nasi/mie goreng akan lebih wangiiii jika dimasak menggunakan baceman bawang ini.

Nasi goreng putih. Salah satu favorit keluarga.

2. Arancini atau Bola-bola Nasi

Katanya,  arancini ini makanan yang berasal dari Italia.  Kalau bahasa gampangnya sih bola-bola nasi. Ini salah satu makanan favorit anak-anak saya.  Ibunya pun senang karena dalam satu makanan ini sudah komplet gizinya. Kita bisa memasukkan karbohidrat, protein, dan sayuran sekaligus. One dish meal. Isiannya pun bisa bermacam-macam, disesuaikan dengan yang ada di rumah.

Langsung diserbu begitu matang

Membuatnya pun mudah, hanya saja membutuhkan ketelatenan dalam membulat-bulatkan nasi dan melumurinya dengan tepung panir. Jadi, membuat bola-bola nasi ini disarankan kalau lagi luang saja, ya! Nasinya pun enggak usah banyak-banyak. Kalau kebanyakan, lelah ngebuletinnya, Pemirsa! 

Bahan :
- 1 mangkok nasi
- Nugget/sosis/baso/ayam matang,  potong kecil-kecil
- Sayuran : wortel parut,  buncis potong kecil,  atau apa pun sesuai selera
- Kecap asin secukupnya
- Keju parut secukupnya
- 1 buah telur
- Terigu secukupnya
- Tepung panir secukupnya

Cara membuat :
1. Campurkan nasi dengan protein hewani dan sayuran dalam mangkok.  Aduk rata. 
2. Bumbui dengan kecap asin
3. Tambahkan keju.  Aduk rata kembali. 
4. Ambil satu sendok campuran nasi.  Taburi dengan terigu. Wajib ditaburi terigu, ya!  Kalau tidak, akan sedikit sulit untuk membentuk bulatan. Bulatkan dengan menggunakan kepalan tangan.
5. Gulingkan bulatan nasi dalam telur kocok.
6. Baluri dengan tepung panir. 
7. Goreng sampai kecoklatan. 
8. Bola-bola nasi siap dinikmati

Pilihan pas juga untuk bekal sekolah


3. Bubur Hongkong

Bubur hongkong ini adalah salah satu comfort food saya. Buburnya saja tanpa topping pun rasanya sudah lezat. Namun,  tentu saja toppingnya pun akan semakin menambah kenikmatan.

Bahan : 
- 1 mangkok nasi
- 3 gelas air
- 3 potong ayam.  Pisahkan daging dan tulangnya. Tulang digunakan untuk merebus bubur. Daging dicincang untuk topping bubur. 
- 1 butir bawang bombay
- 3 butir bawang putih
- Minyak wijen secukupnya
- Kaldu bubuk secukupnya
- Gula, garam,  merica secukupnya

Topping :
- Telur. Bisa dibuat untuk telur dadar atau direbus. 
- Cakue. Tidak usah meribeti diri dengan membuat sendiri, ya! Eh,  kecuali Anda memang rajin. Saya sih seringnya beli di tukang cakue terdekat,  hahaha. 
- Pangsit goreng. Saya biasanya membeli kulit pangsit kemasan, mengguntingnya menjadi empat bagian, kemudian menggorengnya sampai kecoklatan. 
- Irisan bawang daun. 
- Chili oil. Di bawah ini nanti akan saya sertakan cara membuatnya yang super cepat. Rahasianya adalah b*ncabe!  Ya,  si cabe bubuk yang sudah berbumbu. 

Berikut ini tahapan cara membuat bubur hongkong ala saya :
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak yang agak banyak. Perkirakan minyak akan cukup untuk membuat chili oil, perasa bubur, dan tumisan ayam cincang untuk topping. 
2. Tambahkan minyak wijen. 
3. Setelah wangi, ambil sekitar 3 sendok makan minyak bawang tersebut. Campurkan dengan satu bungkus b*ncabe di dalam mangkok. Chili oil sudah siap. 
4. Masukkan tulang ayam ke dalam sisa tumisan bawang.  Masak sampai harum.  Masukkan tulang dan bawang ke dalam panci berisi air dan nasi (sisakan sedikit minyak bawangnya, ya. Nantinya akan digunakan untuk menumis ayam cincang). 
4. Rebus nasi sambil diaduk sampai menjadi bubur. Bisa dijuga dimasak dengan menggunakan panci presto.Tentu saja, dengan menggunakan panci presto akan sangat menghemat waktu dan tenaga. Jangan lupa tambahkan kaldu bubuk ke dalam bubur.
4. Sisa minyak bawang digunakan untuk menumis ayam cincang.  Bumbui dengan gula,  garam,  merica dan kaldu bubuk. 
5. Bubur bisa dihidangkan dengan topping yang sudah disiapkan. 



Chili oil sungguh menambah kenikmatan


4. Pizza Nasi

Nah,  kalau yang satu ini paling sering saya buat karena praktis untuk dijadikan menu sarapan. Nama kerennya saja pizza nasi,  padahal sebenarnya ia adalah dadar nasi,  hahaha.

Cara membuatnya sangat mudah.  Berikut ini tahapannya :
1. Pilih isian yang akan digunakan.  Biasanya saya menggunakan sosis,  baso,  nugget,  atau ayam matang. Semuanya diiris tipis. 
2. Campurkan isian tadi dengan nasi.
3. Tambahkan telur,  kemudian aduk rata. 
4. Bumbui dengan kaldu bubuk. 
5. Dadar di wajan datar sampai kecoklatan.  Hati-hati saat membaliknya. Kalau sampai sobek atau hancur, nanti gagal jadi pizza donk. Bisa juga dibalik dengan bantuan piring agar tetap bulat sempurna. 
6. Sesudah matang,  hidangkan dengan olesan saos dan taburan keju parut.

Pizza nasi tanpa taburan keju karena habis, hihihi.

5. Nasi Coklat

Masakan ini bukan berasal dari beras coklat, ya,  tapi literally nasi putih yang dicampur dengan coklat.  Mungkin banyak yang belum familiar dengan jenis makanan satu ini.  Nasi kok dibuat manis. Wah,  Anda harus coba karena rasanya enaaaak.

Menu ini salah satu andalan saya di masa MPASI ketika anak-anak sudah boleh mengonsumsi gula. Tentu saja mereka suka. Coklat gitu loh! 

Cara membuat :
1. Panaskan 1 kemasan susu UHT coklat. Jika ingin mengatur kadar gulanya bisa juga menggunakan susu UHT plain yang ditambahkan bubuk coklat dan gula secukupnya. 
2. Tambahkan nasi ke dalam rebusan susu,  aduk rata. 
3. Tambahkan kurma potong/ kismis dan irisan kecil apel.
4. Masak sampai susu menyusut. 
5. Siap dihidangkan dengan taburan keju. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas, kemudian disajikan dingin. 

Bisa dijadikan bekal juga

Cemilan berat padat kalori untuk anak


Itulah lima resep olahan nasi sisa yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat, ya! Terhindar dari kemubaziran terasa bagai salah satu prestasi untuk emak-emak, bukan?  

Happy cooking!

11 komentar:

  1. wah baru tau bisa masak nasi pakai coklat, pakai keju pula, aku langsung membayangkan rasanya pasti nikmat sekali hehehee

    BalasHapus
  2. komentar yang sama dengan Teh Risna.. Nasi coklat unik pisan, Neng Anggun. Mau coba ah.. #dapuribuanggun never fail

    BalasHapus
  3. Kreatif banget, nasi sisa bisa diolah lagi menjadi macam-macam menu yang menggoda...
    Saya juga pernah bikin nasi cokelat teh, pas zaman anak-anak masih mpasi, hihihi...

    BalasHapus
  4. Nyamm nyamm kreatif dan inspiratif Teh,,, ih pingin coba juga bikin nasi coklat wkwk berasa guilty pleasure tapi emang nasi tuh kan enak ya😅

    BalasHapus
  5. Resep olahan nasi sisanya betul-betul amazing. Secara saya mah gak pernah kepikiran buat ngolah nasi sisa selain jadi nasi goreng.

    BalasHapus
  6. Auto bookmark tehh. Saya ga kreatif pisan cuma sering dimasak nasi goreng aja wkwkwk

    BalasHapus
  7. Menginspirasi teh. Mau cobain. Yang bola2 nasi pernah coba, kurang telaten hahaha.

    BalasHapus
  8. Wow bgt utk nasi cokelatt .. mayan bgt ini nambah koleksi camilan, hihihi. Makasiih ya, Anggun

    BalasHapus
  9. langsung disimpeenn,, thank you teh atas *terlihat* kegampilan resepnya

    BalasHapus
  10. Wah menarik banget resep nasi coklatnya, mau coba juga ah. Btw Teh, untuk baceman bawang itu, bawang putihnya direndam di minyak apa? Minyak goreng dari kelapa sawit itu bisa kah?

    BalasHapus
  11. Di Prancis, riz au lait (litt. nasi dengan susu) itu dessert yang sangat populer. Ada variasi berbagai rasa, termasuk coklat. Saya belum bisa makan sampe saat ini. Aneh, nasi kok manis. Padahal kalau bubur sumsum ya doyan2 aja... 😋

    BalasHapus