nursing while pregnant

Sebelum hamil kali ini, tantangan terberat selama menyusui thifa menurut saya adalah pas dia kena jaundice dan harus disinar.

Udah mah si ibu masi newbie,masi dalam pemulihan pasca lahiran pula, jaitan kadang masi nyut-nyutan. Produksi asi pun masi pas-pasan, perlekatan belum betul, puting lecet ampe berdarah-darah, masi bolon dalam pompa memompa, kejar-kejaran stok asip. Aah seru nian lah pokonya. ampe langsung turun 12 kg aja donk sodara pemirsah =D

Tapi alhamdulillah bisa terlewati juga. Dan sesuai harapan, 5 hari disinar, thifa hanya mengonsumsi asi ibunya =)

Setelah tantangan satu itu, proses menyusui lancar jaya, selamat sentosa. Dan karena saya juga standby di rumah jadinya ga terlalu berkutat dengan pompa dan nyetok asip. Gentong selalu ada kalo nengnong mau nenon, produksi lancar, keluarga pun mendukung, banyak kemudahan.. lucky us, alhamdulillah =)

Sampai akhirnya saya hamil, tantangan lainnya datang..hohoho

Jaman hamil thifa, kan jadi rajin baca-baca tuh jadinya. Sempet baca tentang nursing while pregnant. Tapi ya gitu deeeh, bacanya selewat doank, hanya ingin sekedar tau. Ga kepikiran sama sekali ternyata bakal ngalamin hehehe =D

Setelah tau tentang hamil kedua kali ini, yang pertama terpikir oleh saya adalah kelanjutan proses menyusui neng thifa. Waktu itu dengan mantap masih mau nyusuin. Sungguh pun asa tak tega nyusuin dia cuma setaun doank. Berasa masih ada haknya yang belum tertunaikan.

Waktu itu belum ke dokter, berbekal tau *dari baca-baca tadi* kalo nwp ini dibolehkan, asal ..
1. Tidak kontraksi rahim saat menyusui (cek)
2. Ibu tidak ada riwayat keguguran dan melahirkan prematur (cek)
3. Sang janin tetap berkembang (yang ini belom tau sih, tapi bismillah aja.. insyaAllah berkembang)
pede jaya saya pun tetep nyusuin sang teteh.

2 minggu setelah itu baru akhirnya ketemu dsog..di semarang. Baru pertama kali ketemu bu dokter karena sebelumnya kan jaman hamil thifa selalu kontrol di bandung.

Ketika diperiksa, utun usia 6 minggu, beliau bilang
"Aga kecil bu dari seharusnya. diobservasi aja 2 minggu ini yaa, ga papa koo, mungkin pengaruh siklus haid ibunya aja yang belum teratur"

Tapi ketika ditanya " dok, masih boleh nyusuin ga? 2 minggu ini saya masih nyusuin dan alhamdulillah ga ada kontraksi sih"

" Ga masalah " fyuuuuuh.. aku lega, kirain dengan ukuran utun yang kecil, beliau bakal larang.

"Boleh gendong-gendong ga dok?"

"boleh".. fyuuuh.. lega lagi

cuma berpesan "makan aja yang banyak bu, minum susu, soalnya tugasnya banyak"

siap, bu dok!!

Dan saya pun melalui hari-hari menyusui ketika hamil dengan tenang setelah itu *sambil menahan linu*. Ehh kenapa linu?? Ya bo, bumil itu payudaranya jadi lebih sensitif kan yaa. Ini dipake nyusuin pula. Selamat nahan perih, jendral! xp Udah mana yang menyusunya toddler yang mulai bergigi banyak. Kaga hamil aja kadang horor. Si anak menggigit, menyerut, dan menarik (haha.. nyingsieunan kieu xp). Yah tapi terlalui juga, saya ga pake berdarah-darah, cuma berurai air mata aja beberapa kali hehehe. Lama-lama kebal juga ko =D

9 minggu usia utun, dicek lagi, alhamdulillah, dia berkembang, ibu pun makin tenang. Ketidaktenangan justru datang dari lingkungan sekitar.

Naaahh, tips pertama untuk bumil yang berniat merangkap jadi busui adalah : carilah dokter yang pro NWP.. kenapa?

Karena.. begitu ada komen semacam

"iih kalo lagi hamil jangan nyusuin, nanti anaknya mencret-mencret looh!!" ... "??!!##>>>"

"Udah atuh kalo hamil lagi mah. tetehnya disapih aja, asinya juga jadi ga bagus"

"ih atuh nanti adenya kasian, abis nutrisinya keambil asi"

Dan komenkomen lainnya bernada sama, anda tinggal keluarin jurus

"Ga papa ko, udah periksa, ama dokter juga dibolehin" sambil pasang senyum manis yaa.
Dan biasanya takkan ada lagi perdebatan. case closed! =)

Jurus ini ampuh terutama untuk meyakinkan orang tua, yang biasanya memang lebih banyak khawatirnya dan terbiasa dengan mitos-mitos seputar menyusui *yang seringnya, banyak ga benernya* Setelah tau dokter ga larang, nenek thifa malah kadang belain kalo ada yang ngomongin soal jangan nyusuin lagi sang teteh *aahh peluk nenek =')*

Oh iya soal nutrisi.. asi itu diproduksi dengan mengambil zat-zat terbaik dari tubuh sang ibu, begitupun asupan untuk janin. Tenang sajah, moal parebut ari soal nutrisi mah. Naaah ibunya aja yang dipastikan makan cukup (banyak =p) dan bergizi tentunya. Beruntung pa suami sangat perhatian soal hal ini. Selalu memastikan saya uda makan apa belom, rajin nyeduhin susu, beliin buah-buahan, bahkan kadang-kadang saya uda siap tidur atau uda ketiduran ngelonin nengnong dibangunin lagi aja donk buat disuapin madu atau sari kurma =') Alhamdulillah hamil kali ini juga dikasi  hobi papasakan, jadi selalu ada makanan di rumah, aman sentosa =)

Lalu.. apakah produksi asinya bakal tetep ada meski lagi hamil? Ada ko, meski memang tak semancer jaman si anak masi orok. Ini juga sempat jadi pikiran si sayah. ko berasa makin dikit aja asinya, padahal frekuensi si anak nyusu ga saya kurangin, semintanya aja. Doi pun cukup rajin nyusu, apalagi kalo sebelum bobo. Tapi pernah suatu hari, dia lama ga nyusu, dari bangun tidur ampe malem, hampir seharian, karena asik maen banyak temennya. Dan PD saya ga bengkak sama sekali dooonk.. hueeee.. asiku masi ada ga yaaaa

teringat cerita teman, yang asinya tiba-tiba abis di masa-masa nwp dan si kakanya jadi nangis-nangis karena ga disiapin untuk disapih. memang asinya tiba-tiba abis aja. Tapi masuk trimester ahir mulai ada lagi *persiapan untuk bayi baru juga kan yaa* .. dan si kaka kembali menyusu dengan bahagia karena asinya melimpah kembali.

Ingat itu terus didorong penasaran dan khawatir, nanya di twitter ke salah satu dokter anak (@drOei) *emakemak jaman sekarang banget yaa.. huehehe* perihal sistem supply & demand asi yang akan tetap berlakukah saat nwp, banyak disedot banyak diproduksi, atau memang ada hormon kehamilan yang menghambat produksi asi. Dan beliau jawab "tetap berlaku". Jadi ya sudah .. susuin aja terus pemirsah, insyaAllah ga akan abis yaa (aamiin). Meski emang kaya yang ga adaan, si anak tetep terlihat menelan ko saat menyusu. Sugesti positif juga kayanya perlu dalam hal ini dan jawaban bu dok membantu sekali menumbuhkan kepercayaan diri saya kembali. =D

Nah terus sempet kepikiran juga soal kolostrum buat utun2. Kan yang saya tau, asi untuk bayi yang akan lahir itu diproduksi di masamasa akhir kehamilan, yang mana kolostrum (Asi awal yang bening itu loh, yang katanya sangat baik untuk membentuk imunitas bayi) berarti uda ada sejak masa hamil kan yak. Nah sementara pas hamil ini kan, si teteh tetap menyusu, akankaaah si kolostrumnya keburu abis sebelum si dede brojol??? jawabannya : tidak! hehe dapet dari yanda.. @infohamil ga jawab soale huhu. makasih ya yan. 

Kolostrum tetap diproduksi sampai 3-4 hari setelah melahirkan. Jadi yah abis lahiran, susuin lah langsung sang dede, kan jadi tetep kebagian jatah =D Si teteh malah ketiban rejeki, dapet kolostrum lagi, baik untuk antibodinya.. alhamdulillah =)

Tapi yaaah, sesungguhnya emang masi banyak pro kontra sih di dunia kedokteran sendiri soal nwp ini. Beruntung *eh emang rejeki yang diatur Allah denk* saya pertama konsul dsog, langsung dapet yang ga melarang. Soalnya begitu kontrol ke dsog yang dulu nanganin thifa di bandung, beliau malah ga ngebolehin =(

Soalnya katanya, menyusui itu merangsang keluarnya hormon oksitosin yang mana bisa memacu kontraksi rahim dan berujung keguguran. Meski bu dok bilang sih "yah alhamdulillah ini janinnya kuat, masi bertahan sampai 14 minggu. Tapi lebih baik disapih aja yaa"

Jujur sempet kecewa, soalnya biasanya budok santai abis, ga banyak larangan. Baru kali ini digabolehin sesuatu ama beliau, jadi yaa gituuu deeeeh xD sedikit dilema, ga mau utun kenapanapa tapi merasa sang teteh masih butuh asi ibunya.

Ampe ahirnya nanya temen yang nwp juga, ternyata dokternya dia juga ngelarang. tapi dia tetep "baong" aja nyusuin ampe ahirnya malah tandem begitu lahiran adeknya. Alhamdulillah ga kenapanapa.

Tapi ada juga cerita teman, yang mana temennya si temen keguguran karna keukeuh mau nwp. Terus dia bilang : padahal kan bonding ibu dan anak ga selalu dari nyusuin, jangan egois lah ibunya, demi ngejar s3 asi.. hiks meni nyecleb kana hate :'(

terus ahirnya saya nanya juga ke salah satu dsog di twitter (haghag..keliatan jurig twitter nya yaaak???).. dan ternyata beliau juga termasuk yang tidak melarang nwp.

nah loh.. banyak pendapat malah bingungin yaaaa????

takol diri sendiri yang suka penasaranan. terus cari-cari info, terus pas dapetnya beda-beda, galau sendiri.. hahaha.. sometimes, too much informations will kill u.. xp

Pa suami mulai membaca keragu-raguan dan kebingungan saya, akhirnya berpetuah
"Buu.. kan sekarang udah tau kalo secara medis emang banyak pro dan kontranya. Masing-masing ada pertimbangannya. Yah kalo gitu kita putusin secara syar'i aja. Kalau ibu bingung, istikharahin. Ibu lebih cenderung ke mana, solatin.. kalau makin mantep terusin, ragu-ragu tinggalin. Sayang nyusuin kan ibadah, kalau ibunya ragu-ragu nanti ga jadi pahala"

that's my husband!! aaahh cintaaaaa =*

Setelah dilakoni.. insyaAllah mantap mau meneruskan nwp ini.. sampai.. entah kapan.. hehehe =D Yang ngasih asi, Allah, yang nyiptain utun juga Allah. Yang jagain anakanakku, juga Allah. Mari kembalikan kepadaNya.

Alhamdulillah sekarang sudah trimester dua, masih lancar nyusuin thifa. Utun sehat, ibu juga sehat =)

Masih belum tau akan tandem, menyusui berbarengan, kelak atau ngga. Karena pas adiknya lahir sang teteh belum genap 2 tahun *belom diistikharahin yang ini mah hehe =p*. mau dijalani dulu saja dan menikmati proses yang ada sekarang sambil melihat situasi. Sudah jelas ko kalau bingung memutuskan, apa yang harus dilakukan. Allah Maha Baik yaa, begitu mengerti manusia gampang bingungnya, jadi dikasih bantuan untuk menyudahi kebingungannya =)

Semoga ridho dengan apapun yang ditetapkanNya nanti dan semoga diberi kemudahan untuk menjalaninya =)

Curhatnya udahan dulu yaaa.. panjang kali pun hehehe. Buat para busui dimanapun berada, tetap semangaaat yak!! =D dan yang bernasib sama, berNWP ria, semoga dimudahkan =)

Salam menyusui (^.^)v

Komentar

  1. cemangadh Gunnn...

    Setidaknya kamu ada alasan kalau asi (berasa) abis. Nah, dirikyu.. Hamil kagak, tapi kok entek. hiks.. *numpang curhad*

    Sing penting jalanin dengan ikhlas dan semampunya. Niscaya, kamu akan kaget semampumu itu ternyata bisa sejauh apa. Hehehe...

    BalasHapus
  2. semangat, buguruu! *entah harus gimana lg nyemangatinnya :D

    BalasHapus
  3. kenapa sigue terharu ya buguru. jadi deg2an mun saya hamil ini gimanaaa sigana panik.

    belajar dari anggun ah, tawakal gt ya ;)

    BalasHapus
  4. yanda : cemangaaadh juga yanda!! makasih yaa dari awal hamil termasuk yg rajin nyemangatin hihi.. :)

    agni : berasa anteve ni hehe

    ulan : ibu kiaaa.. semangat juga yaaak!! ah kamu komen di sini ajah, sudah memompa semangatku koo.. tengkyu

    tiffa : hehe nulisnya sih gampang tif, prakteknya susaaah, sama ajah panikan saya juga hehe.. sama2 diajar yu :D

    BalasHapus
  5. Anggun..qt snasib,alhmdlh pas Shanum 7bln,sm Allah dkasih rezeki lg,utun jilid 3.skrg dh 16minggu n msh nwp jg.ayoo gun.. aq aj yg working mom bisa..kamu pun psti bs ;)

    BalasHapus
  6. waaaah intan uda mau yang ketiga lagi.. alhamdulillah, selamat yaaa =) iya tan insyaAllah masih tetap semangat, makasih yaa :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject