Matematika Kehidupan

Saya pernah bertanya-tanya, apa kesukaan kita pada sesuatu hal itu bisa bersifat genetik, ya?  

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, saya suka sekali pelajaran matematika. Konon, papah saya pun demikian. Beliau rajin bercerita tentang bagaimana nilai-nilainya dulu di pelajaran berhitung ini nyaris selalu sempurna. Beliau pun terjun langsung mengajari putra-putrinya ketika itu menyangkut pelajaran matematika.  Namun,  untuk pelajaran yang berkaitan dengan hafalan, beliau malah sedikit acuh. 

Eh ... atau sebenarnya kesukaan saya pada matematika ini adalah hasil doktrinisasi dari beliau juga, ya? Hahaha ... Bisa jadi. 

Alhamdulillah, nilai matematika saya di sekolah pun tidak mengecewakan, cenderung membanggakan. Ini berlanjut sampai ketika saya duduk di bangku SMA. Oleh karena itu, ketika tiba waktunya memilih jurusan di dunia perkuliahan, matematika menjadi yang pertama terlintas di pikiran.

Seorang teman sempat berkata, "kamu mah milih kuliah teknik juga bisa masuk atuh, insya Allah.",  kemudian saya bergidik sendiri mendengar kata 'teknik'. Rasanya kata itu dekat sekali dengan fisika,  pelajaran yang paling tidak saya suka. Namun, keinginan masuk Institut Teknologi Bandung begitu kuat, jadi ya sudah, pilih matematika saja.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) pun dimulai. Saya mengerjakan soal-soal matematika dasar dengan penuh semangat. Berharap menjadi ladang nilai yang membantu poin kelulusan saya nanti. Setelah ujian, saya mencocokkan jawabannya via radio yang bekerja sama dengan bimbingan belajar. Ah, sayang sekali, ternyata salah sedikit matematika dasarnya, malah jawaban fisika saya yang betul semua. Wah, kok bisa?  Katanya enggak suka? Yah, karena saya hanya menjawab tiga soal dan ketiganya benar semua, alhamdulillah ... hahaha.

Ada sebuah petuah bijak dari guru bimbingan belajar saya ketika itu, "kalau kamu kesulitan di pelajaran tertentu, kerjakan saja minimal tiga soal tapi yakin betul semuanya. Insya Allah tetap lulus spmb-nya."  
Alhamdulillah, ternyata petuahnya benar. Ketika pengumuman SPMB terbit, saya lulus, pemirsa! Akhirnya, jadi anak ITB juga. Di hari itu, saya pun pergi ke sekolah (SMA) dengan bangga. 

Di hari pengumuman SPMB, tradisi sekolah kami memang memajang spanduk berisi daftar nama lulusan beserta tempat kuliahnya di dinding sekolah. Karena termasuk sekolah favorit, hampir 70% siswanya lolos seleksi nasional. Sisanya tetap banyak yang lulus di perguruan tinggi swasta ternama.

Ada seorang teman yang bertanya hari itu, "masuk mana, gun?"
"matematika ITB."
"oh, pilihan dua yaa"
"eh, enggak ko, pilihan pertama ... " jawab saya sambil berlalu. Sang teman pun tersenyum kaku. Beginilah nasib diterima di jurusan yang kurang bergengsi ... hihihi. Namun, awkward moment tadi tetap tidak mengurangi kebahagiaan saya di hari bersejarah itu.

Hari - hari di kampus pun dimulai. Alhamdulillah, masa TPB dilalui dengan cukup lancar. Setelah itu,  saya pun bersiap masuk ke perkuliahan di jurusan.

Duh, apa-apaan ini! Matematika perkuliahan kok ternyata beda banget dengan matematika sekolah. Mari kita sebut nama-nama mata kuliahnya : Aljabar Linier,  Kalkulus Peubah Banyak, Pengantar Persamaan Diferensial, Matematika Diskrit,  Analisis Kompleks ...  Ooh, mengapa sesuatu yang sudah kompleks harus dianalisis segala?

Saya mulai merasa salah jurusan saat itu. Namun, mau bagaimana lagi kan? Saya hanya bisa meratapi dan mencukupkan diri dengan nilai-nilai yang berupa rantai karbon.

Sampai akhirnya di tingkat empat, saya menemukan satu mata kuliah pilihan yang pada akhirnya menjadi salah satu penentu jalan hidup setelah lulus kuliah nanti,  Pengajaran Matematika Sekolah. 

Ya, ini gue banget! Matematika sekolah! Kuliah yang seru. Membangkitkan kembali jiwa ke-matematika-an saya yang sempat meluruh diterjang badai kalkulus. Ujian akhir dari kuliah PMS ini adalah praktek langsung mengajar matematika di sekolah. Satu hari menjadi ibu guru. Wah, seru! 

Hari itu, saya mengajar di almamater tercinta, SMPN 1 Cimahi. Awalnya hanya akan mengajar di satu kelas, tapi akhirnya diberdayakan oleh guru saya dulu untuk mengajar di tiga kelas ... hahaha.  Sukses membuat suara serak. Sukses pula membuat hati mantap, setelah lulus nanti, mau jadi guru

wah, ternyata saya masih menyimpan foto tahun 2006.
Ketika ujian praktek mata kuliah Pengajaran Matematika Sekolah


Alhamdulillah, cita-citanya tercapai. Lulus dari ITB, tak lama kemudian saya pun mengajar di salah satu sekolah swasta islam di Cimahi. Saya menjadi guru matematika di sekolah tersebut selama 2,5 tahun sampai akhirnya resign karena menikah dan merantau bersama suami tercinta. 

Sampai saat ini, menjadi guru masih merupakan salah satu pengalaman yang paling menyenangkan dalam hidup. Sebagian memori bersama murid-murid, saya abadikan juga di blog, seperti ini, ini, ini dan ini. Membacanya masih sering membuat saya tertawa, sama seperti dulu ketika saya tertawa saat diheureuyan oleh salah seorang murid untuk tidak membeli siomay di Jakarta. 

"Emang kenapa, A, kok gak boleh beli siomay di Jakarta?" tanya saya yang kebetulan saat itu memang sedang jajan siomay di jam istirahat. 

"Jangan, Bu. Soalnya,  JAUH! " jawabnya.

Hahaha. KZL! 

Terkadang, kehidupan itu memang seperti matematika, ya. Perlu melalui banyak tahapan dulu sampai akhirnya menemukan jawaban yang paling tepat. Sempat terjebak dan merasa salah jurusan, pada akhirnya saya tetap bersyukur melewati semuanya karena akhirnya saya menjadi tahu apa yang saya mau.

 Alhamdulillah 'Ala Kulli Hal.

***

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog di bulan Maret 2021. Tantangannya adalah menuliskan tentang alasan mengapa memilih kuliah di jurusan masing-masing. Alhamdulillah, jadi sedikit bernostalgia dan membuat hati hangat, terimakasih MGN! 


Komentar

  1. Wah, menurun dari Bapak ya. Kadang kita ga neko-neko, lurus-lurus aja malah dapet jurusan impian.

    Dulu aku ngeri sama pelajaran matematika, tapi pas penghujung SMA udah ngandelin logika aja. Yaa lumayan aja sih nilainya, Alhamdulillah ;)

    Thanks mba udah sharing masa memilih jurusannya

    BalasHapus
  2. Halo Teh, saya Dewi, salam kenal yaa.
    Wah teh, kita satu almamater SMP ternyata, hihi. Fotonya legendaris sekalii, itu kelas atas ya teh? (jaman saya sih deretan kelas 3 g-h-i). soalnya kalo kelas bawah, pintunya di belakang kan ya? hehehe.

    BalasHapus
  3. Teeh saya juga alumnus SMP 1 Cimahi, tapi emang alumni SMP 1 banyak sih ya katanya di ITB. Keren teh udah tau minat bakat nya sejak SD dan konsisten sampe kerja.

    BalasHapus
  4. Coba guru matematika aku dulu bu Anggun, mungkin aku bakal...pinter matematika? bukan, mungkin aku bakal jail juga kaya muridnya,hihi..wilujeng, ibu. selalu seru baca postingan bagjasugema, sampe kadang maulagi maulagi,hahaha

    BalasHapus
  5. Bu guru Angguuun, tos tehh saya juga didoktrin suka matematika sama bapak, tapi tetep gamau kalau ngambil jurusan matematika mah wehehe. Apa ada rencana ngajar lagi teh? :)

    BalasHapus
  6. Hai teteh.. saya juga suka matematika. Makanya waktu keterima di arsitektur kala itu penasaran. Mengapa ga ketemu lagi sama matematika. Tapi akhirnya disadarkan bahwa arsitektur tidak perlu pelajaran eksak. Dan saya pun bersyukurrr. Hehe

    Oia teh apakah teteh anaknya pak Sony Sugema atau ada hubungan sodara atau hanya nama blog aja? Hihi kepoo

    BalasHapus
  7. Seru juga ya pengalaman jadi guru... Saya lahir dari keluarga guru, tapi rasanya horor membayangkan harus mengajar di depan kelas, hihihi...

    BalasHapus
  8. Matematika memang asik. Tapi, sejak bertemu kalkulus di tpb, saya merasa ngeri dengan matematika.
    Kalau diibaratkan perkembangan anak, matematika Itu, kecilnya unyu-unyu, nggemesin, setelah dewasa menyeramkan 😁😀

    BalasHapus
  9. Wah seru juga ya teh ada matkul pilihan pengajaran matematika sekolah..

    BalasHapus
  10. Nuhuun ceritanya ... sangat menghibur diriku yg sempat menyesal kenapa nggam masuk Matematika aja setelah ngerasain senengnya ngajar terutama Matematika jg. Jadi tyt pengajaran Matematika sekolah hanya secuil persen ya dari seluruh kurikulum S1-ya ... bener brati ga milihnya dulu 😆😆

    BalasHapus
  11. Sama nih, sering dianggap biologi pilihan kedua, padahal pilihan pertamaa, wkkw. seruu ih jadi guru, bisa denger garingan apdetnya anak muda, sama kayaknya passion kitaa yaa teh. Seru ceritanyaaa!

    BalasHapus
  12. Waah keren banget pilihan pertamanya matematika, buat saya sampe sekarang itu masih momok teh, hehe. Alhamdulillah bertemu passion mengajarnya Teh, semoga semakin berkah ilmunya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nostalgia Dua Guru Bahasa

Makanan Favorit Sekitar Kampus Gajah

Ada di Setiap Hati yang Bersyukur #HappinessProject